Traveler Wajib Karantina 10 Hari Saat Ke Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan melalui Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (KDCA) menetapkan perubahan kebijakan karantina untuk semua traveler yang akan masuk ke wilayahnya.

Dalam kebijakan terbaru, KDCA menetapkan pada 1 Desember 2021 bahwa semua orang wajib menjalani karantina selama sepuluh hari, terlepas status vaksinasi yang sudah mereka lakukan. Kebijakan perubahan aturan karantina di Korea Selatan ini ditetapkan setelah munculnya varian Covid-19 Omicron, yang kabarnya sudah masuk dan terdeteksi pada lima orang di Korea pada saat ini.

Kebijakan itu sendiri mulai berlaku secara efektif pada 3 Desember 2021. Bagi traveler internasional yang memiliki rencana tinggal dalam periode yang panjang, akan diizinkan melakukan karantina di akomodasi yang dipilih. Sementara untuk traveler yang akan melakukan perjalanan dalam periode yang pendek akan menjalani karantina di fasilitas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Korea Selatan.

karantina korea selatan
Image credit: Daniel Bernand

Selain menjalani karantina selama sepuluh hari, semua traveler yang masuk ke Korea Selatan akan menjalani tes Covid-19 di hari ke tujuh masa karantina sebelum akhirnya diizinkan untuk menjalankan aktivitasnya di luar fasilitas karantina.

Selain Korea Selatan, sejumlah negara lain di Asia juga mengambil kebijakan memperpanjang masa karantina bagi traveler internasional yang masuk ke wilayahnya. Namun kebijakan tersebut tidak diambil Jepang, yang memutuskan untuk melarang masuknya traveler asing hingga waktu yang tidak ditentukan.

Varian Covid-19 Omicron ini sendiri masih menjadi subyek penelitian utama Badan Kesehatan Dunia atau WHO dan juga oleh tim peneliti ahli medis dari sejumlah lembaga kesehatan lainnya.

Penelitian awal dari WHO mengklaim bahwa mereka yang pernah terpapar Covid-19 menjadi jauh lebih rentan kembali terpapar oleh varian ini. Namun demikian, penelitian masih belum sepenuhnya selesai dan dalam proses terus berjalan.

Baca juga: 14 Cara Menikmati Korea Selatan Yang Tidak Diceritakan Di Panduan Perjalanan

Bagi yang berencana ke Korea Selatan, untuk sementara bisa mempertimbangkan kembali rencana perjalanan kalian, ya! Jika tidak keberatan dengan keharusan menjalani karantina selama sepuluh hari, maka kamu harus bersabar

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru