Kelas Yoga Online Yang Bisa Diikuti Untuk Kesehatan Tubuhmu

Ketika kamu sudah terlalu lama diam di rumah, ada baiknya mulai rajin bergerak dan berolahraga agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga. Saat ini kamu tidak akan kesulitan lagi untuk berolahraga di rumah karena sudah banyak kelas online yang bisa kamu ikuti, salah satunya yoga. Yoga adalah pilihan yang menarik untuk dilakukan di rumah karena hanya membutuhkan peralatan yang sederhana dan bermanfaat untuk menjaga fungsi organ dalam tubuh. Cukup siapkan matras untuk alas dan kamu sudah bisa mulai berlatih, bahkan ada kelas tertentu yang tidak memerlukan matras.

Pilihan kelas online yang dibuka juga beragam sehingga kamu yang pemula tidak perlu khawatir. Kamu dapat memilih kelas basic yoga atau nidra yoga yang rileks dengan variasi gerakan yang ringan. Asyiknya kelas yoga ini adalah kamu dapat mengikuti gerakan sesuai dengan kemampuanmu dan kamu akan lebih bersemangat karena dipandu oleh instruktur yang berpengalaman. Berikut ini TripZilla memberikan beberapa alternatif akun kelas yoga online yang dapat diikuti agar tubuhmu lebih segar dan sehat.

1. Kelas yoga dengan banyak pilihan waktu dan tingkatan – Tio Rosaline Simanjuntak

Image credit: @tiorosalines

Tio yang adalah pendiri dari Blesyoga ini mengadakan kelas online saat studionya yang terletak di Lebak Bulus ditutup sementara. Ikuti akun Instagramnya dan kamu bisa memperoleh jadwal kelas online setiap hari yang ditayangkan di Instagram Live. Kelas yang tersedia dapat dimulai dari pagi pada pukul 07.00 hingga malam pukul 19.30. Dalam sehari diadakan empat kelas dengan jenis yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih ingin mengikuti basic yoga, power yoga, gentle yoga dan berbagai jenis yoga lainnya yang tersedia. Sesekali juga diadakan kelas tambahan seperti kelas untuk lansia atau kelas meditasi. Menunya lengkap nih, cocok untuk kamu yang pemula atau yang sudah terbiasa melakukan yoga!

2. Rasakan rileks bagi tubuh dan jiwamu di kelas ini – Ari Wibowo

Image credit: @ariwaw

Ari Wibowo adalah seorang instruktur yoga yang telah banyak mengajar berbagai kelas dan juga seminar seperti yoga untuk penderita skoliosis, yin yoga untuk sistem kekebalan tubuh dan juga hammock yin yang dilakukan di studio Soulbox, Jakarta. Ikuti akun Instagramnya dan kamu dapat melihat kelas onlinenya lewat Instagram Live. Bagi kamu yang masih pemula, kelas yin yoga cocok untukmu karena berfokus pada gerakan peregangan yang baik bagi otot, jantung dan sistem pencernaanmu. Instruksinya jelas, mudah diikuti dan tidak membosankan sehingga durasi sepanjang 45 menit pun tidak akan terasa!

3. Tenangkan pikiranmu dengan bermeditasi – Edwin Aldrin Tan

Image credit: @edwinaldrintan

Ikutilah berbagai kelas meditasi di Instagram Live dari Edwin Aldrin Tan. Pada pagi hari ikutilah kelas pranayama dan meditasi, sedangkan di malam hari kamu dapat mengikuti nidra yoga yang meliputi sesi meditasi sebelum tidur. Pranayama yoga dapat mengajarimu teknik pernapasan yang baik agar tubuhmu lebih sehat dan dapat mengendalikan pikiran sehingga terhindar dari kecemasan. Sedangkan nidra yoga dilakukan agar tubuhmu lebih santai melalui konsentrasi dan latihan pernapasan. Setelah mengikuti kelas nidra yoga, diharapkan tidur malammu lebih nyenyak dan otomatis tubuhmu menjadi lebih sehat juga!

4. Kelas gratis dan berbayar sesuai dengan seleramu – Mood Wellness Studio and Kitchen

Image credit: @moodjakarta

Saat tidak sedang pandemi, kamu bisa menikmati kelas yoga di rooftop sekaligus kafe di studio ini. Namun Mood juga hadir ketika kamu harus #dirumahaja lewat berbagai kelas online yang menarik. Bagi pehobi yoga yang sudah terbiasa, dapat mengikuti kelas Level Up lewat platform Zoom. Cobalah mendaftar dan membayar sebesar 50,000 IDR untuk kelas berdurasi 60 menit atau 80,000 IDR untuk durasi 90 menit. Kamu bisa mengikuti kelas ashtanga yoga atau vinyasa flow yoga. Sedangkan jika kamu baru mulai beryoga atau ingin mencoba kelas gratisnya, ikuti kelas Freeflow dari Instagram Live @moodjakarta. Selama 60 menit, kamu dapat mengikuti kelas vinyasa yoga, yin yoga dan beberapa pilihan yoga lainnya. Sesuaikan pilihan dengan kemampuanmu agar hasilnya lebih maksimal ya!

5. Variasi yoga untuk menjaga bentuk tubuhmu – Stelle Studio

Image credit: @stelle.studio

Studio yang terletak di Kemang ini membuka kelas online yang dapat kamu lihat lewat akun Instagram Live. Jadwal mingguannya dilengkapi dengan penjelasan sehingga kamu dapat mempersiapkan diri sebelum mengikuti kelas-kelas yang ada. Kebanyakan kelasnya sesuai untukmu yang ingin membentuk dan menjaga postur tubuh. Jika kamu penasaran, kamu dapat mendaftar lewat Instagram untuk dimasukkan sebagai peserta. Cocok nih kalau kamu tidak ingin tubuhmu membesar setelah berminggu-minggu work from home!

6. Kelas gratis di pusat kebugaran yang kondang – Celebrity Fitness

Image credit: @celebrityfitnessindonesia  

Bagi anggota yang merasa kehilangan karena saat ini Celebrity Fitness alias Celfit sedang ditutup atau bagi kamu yang baru ingin mencoba kelas dengan instruktur dari Celfit, ini saat yang tepat karena Celfit membuka kelas online bertema HomeSweatHome. Jangan lupa untuk selalu mengecek jadwal mingguan mereka dan mengikuti kelasnya di Instagram Live. Temukan kelas basic yoga atau dynamic flow yoga di dalamnya. Selain yoga, Celfit juga membuka kelas body balance, body combat dan beragam pilihan lainnya. Celebrity Fitness ini di bawah satu manajemen dengan Fitness First, dan kamu juga bisa mengikuti kelas online lewat kanal Youtube di celebrityfitnessindonesia dan fitnessfirstindonesia.

7. Bukan hanya yoga saja yang ada di sini – Body Fit

Image credit: @bodyfitjkt

Kelas online di Body Fit ini menarik untuk diikuti karena dengan membayar 50,000 IDR per kelas, 10 persennya didonasikan untuk orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Jadi tidak hanya mendapat tubuh sehat tapi sekaligus juga membantu sesama yang akan membuat hatimu juga gembira. Kelas onlinenya dilakukan lewat Zoom dan kamu dapat mencoba kelas upside down yoga atau power flow. Selain yoga, temukan juga kelas-kelas menarik lainnya seperti zumba, lit core dan boxsync. Semuanya seru dan bermanfaat sekali untuk tubuhmu.

8. Lebih banyak lagi varian yoga untuk kamu coba – Gudang Gudang Yoga Studio

Image credit: @gudanggudangyogastudio

Bagi kamu yang belum menjadi anggota, kelas online yang ditayangkan lewat Zoom selama 60 menit ini bertarif 50,000 IDR. Banyak pilihan kelas menarik seperti highheel yoga, hatha yoga, pose party, singing bowl dan lain-lain yang akan membuatmu penasaran. Kamu yang masih pemula pun dapat mengikuti kelas-kelas online ini, salah satu yang bisa dipilih adalah hatha yoga. Gerakan-gerakan dalam hatha yoga lambat dan berfokus pada pernapasan. Namun aliran gerakannya sangat baik karena berfungsi untuk peregangan tubuh, cocok bagi kamu yang merasa tubuhnya kaku akibat terlalu banyak duduk saat di rumah nih!

9. Ada kelas privat bagi kamu yang sedang hamil – Sana Studio

Image credit: @sanastudio

Kamu yang sedang hamil, jangan ketinggalan untuk mengikuti kelas privat di Sana Studio ya! Studio ini mempunyai program Sana Kith n Kin (dengan akun Instagram @sanakithnkin) yang menyediakan fasilitas latihan bagi ibu hamil dan baru melahirkan. Jadwal kelas mingguan yang lain dapat kamu lihat di Instagram dan kamu perlu mendaftar jika ingin mengikuti kelas-kelasnya. Tidak hanya yoga, Sana Studio juga mempunyai kelas-kelas lain seperti zumba atau pilates.

10. Menjelajahi lebih banyak lagi variasi yoga – Union Yoga

Image credit: @unionyoga

Union Yoga memiliki banyak sekali pilihan kelas yoga mulai dari prenatal yoga hingga hot yoga yang kelasnya dikhususkan untuk perempuan. Saat studionya tutup, Union Yoga memiliki jadwal mingguan yang berbeda-beda dan dapat diakses lewat Zoom.  Salah satu varian yang menarik adalah forrest yoga, di mana kamu dapat mencoba menahan satu pose dengan durasi tertentu dan mempraktekkan teknik pernapasan. Kelas ini bermanfaat untuk menguatkan core tubuh dan memperbaiki postur yang kurang baik.

Baca juga: Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Karantina #Dirumahaja Karena Covid-19

Sebagai olahraga yang sudah menjamur di Indonesia, masih banyak studio-studio yoga lain yang juga menawarkan kelas online. Cobalah dan  jika dilakukan dengan teratur dijamin kamu akan segera merasakan manfaatnya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru