Kawasan Khao San Road Segera Diremajakan

Khao San Road bakal mengalami perubahan signifikan dalam waktu dekat. Pasalnya pemerintah Thailand berencana akan melakukan peremajaan dan revitalisasi kawasan yang terkenal di kalangan backpacker dan pelancong dari mancanegara ini.

Revitalisasi dan peremajaan yang dilakukan pemerintah Bangkok di antaranya adalah “mengangkat” permukaan Khao San Road menjadi sama dengan jalur trotoar yang ada di sana. Tidak hanya itu saja, batuan granit di sekitar jalan ini juga akan diganti dengan yang lebih baru.

Peremajaan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada, seperti memberikan kemudahan untuk para pelancong berjalan di sini, sekaligus membuat lebih banyak ruang bagi pedagang untuk berjualan. Sebelumnya, tidak sedikit yang komplain dengan para pedagang yang berjualan hingga di trotoar dan bahkan mengambil sebagian tempat di jalan raya.

Tidak hanya perbaikan jalan, pemerintah setempat juga berencana memasang tiang baja untuk membatasi jalur lalu lintas satu arah. Dengan demikian, jalan sepanjang 400 meter ini akan terbebas dari hilir mudik kendaraan bermotor, utamanya mobil.

Image credit: @popkon.pepe

Sedangkan untuk pedagang, sejumlah sistem baru diterapkan untuk menghindari monopoli bisnis dan menjalankan keteraturan. Salah satu ide yang diusung adalah penerapan zonasi terhadap 240 pedagang kaki lima yang membuka dagangannya di trotoar. Pemerintah juga akan melarang penjual makanan, minuman dan buah untuk masuk ke kawasan Khao San Road lagi. Pedagang yang menjual barang-barang bajakan juga tidak diizinkan lagi beroperasi di kawasan ini.

Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan aturan waktu operasional bagi pedagang kaki lima, mulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 waktu setempat. Pemerintah juga akan memberlakukan sistem kontrak dengan pedagang kaki lima dengan durasi dua tahun sekali. Biaya sewa kios juga akan langsung dibayar ke pemerintah setempat.

Pemerintah Bangkok menganggarkan 48 juta baht, atau sekitar Rp22 miliar untuk peremajaan dan revitalisasi kawasan Khao San Road ini. Rencananya proses revitalisasi akan dimulai pada Oktober dan akan berakhir pada Februari 2020.

Image credit: @backpacker_trishit

“Khao San Road yang baru tidak akan kehilangan popularitasnya. Kawasan ini akan jauh lebih bersih, lebih indah dan menjadi lebih sejalan dengan arsitektur dan lanskap area ini,” ungkap Wakil Gubernur Bangkok Sakoltee Phattiyakul seperti dikutip Bangkok Post.

Baca juga: 19 Aktivitas Wisata di Bangkok yang GRATIS dan Seru

Siapa di antara kamu yang tidak sabar menantikan wajah baru Khao San Road?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru