12 Kota Tua Di Indonesia, Destinasi Dengan Nuansa Retro Yang Instagenik

Selalu menjadi momen yang mengesankan untuk bisa berada di suatu tempat dengan atmosfer yang tidak biasa, termasuk di antaranya berada di daerah dengan nuansa oldies. Luar biasanya, Indonesia memiliki banyak lokasi dengan nuansa vintage, retro dan oldies semacam itu. Tidak sedikit yang kemudian menyebut wilayah tersebut sebagai kota tua.

Kerennya lagi, kota tua di Indonesia jumlahnya cukup banyak, tidak sedikit bangunan dengan arsitektur jadul, yang tidak hanya mempercantik kota, tapi juga memberikan warna tersendiri pada daerah tersebut. Tidak jarang juga wilayah ini kemudian dijadikan jujukan banyak orang untuk dijadikan lokasi syuting film, foto pre-wedding hingga sekadar bersantai sambil menikmati gedung retro dan nuansa masa lalu.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi kota tua di Indonesia, 12 daerah ini bisa menjadi jujukan kamu untuk sesi liburan berikutnya. Tidak perlu khawatir, lokasinya tersebar hampir di seluruh Indonesia. Cekidot, ya!

1. Kota Tua Medan

Image credit: @budisatriobuche

Wilayah Kesawan menjadi begitu terkenal karena kesan kota tua yang ditawarkan. Tidak sedikit bangunan dari era masa lalu yang masih bertahan, bahkan tetap difungsikan. Salah satu di antaranya adalah gedung London Sumatera dan rumah Chong A Fie, yang merupakan pengusaha Tionghoa di masa lampau.

Image credit: @sah_putrarudi

2. Kota Tua Salatiga

Image credit: @agus.em

Berada di Jalan Diponegoro, Salatiga, kamu akan merasa seperti berada di masa lampau. Bagaimana tidak, nuansa retro dan jadul begitu terasa karena banyaknya bangunan masa lampau yang masih bertahan hingga saat ini, bahkan diberdayakan sebagai kantor pemerintahan.

Salatiga sendiri termasuk salah satu kota tertua yang ada di Indonesia dan predikat tersebut terus dilestarikan, seperti halnya keberadaan gedung-gedung kuno yang ada di sana.

3. Padang Lama, Padang

Image credit: @padang_travel

Warga lokal menyebut salah satu kawasan kota tua di Indonesia ini sebagai Padang Lama. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan, mulai dari gedung-gedung lawas era kolonial hingga kafe dengan nuansa retro yang melegenda. Mengunjungi kawasan ini dijamin akan memberikan kesan mendalam mengenai zaman dulu.

Image credit: @yohandikristiawan

4. Ampenan, Mataram

Image credit: @wahyudwiswarna

Kawasan Ampenan begitu kental dengan corak Eropa masa lampau. Gedung-gedung kokoh dengan nuansa oldies bakal banyak kamu lihat menghiasi wilayah ini. Tidak sedikit warga yang menjadikan salah satu kawasan kota tua di Indonesia ini sebagai latar belakang berfoto pre-wedding. Memang keren, sih!

Image credit: @vandjimoods

5. Pasar Hongkong, Singkawang

Image credit: @heriesdigi

Salah satu kawasan kota tua di Indonesia yang menawarkan nuansa sedikit berbeda ada di Singkawang, tepatnya di wilayah Pasar Hongkong di pusat kota. Bangunan pertokoan yang ada begitu identik dengan nuansa Tionghoa di masa lampau.

Image credit: @ajunsevenfold

Beberapa spot yang ikonik adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang berada di pusat kota dan rumah tua keluarga Tjhia, yang menunjukkan nuansa vintage ala Tionghoa. Khas banget!

Image credit: @yuliana_can

6. Sekanak, Palembang

Image credit: @nuha_thoriq

Di mana lagi kamu bisa menemukan kawasan kota tua di Indonesia jika tidak langsung menuju ke kota tertua yang ada di Indonesia, Palembang. Kota yang sudah berdiri sejak 682 Masehi tersebut memiliki ratusan bangunan jadul, bersejarah dan begitu ikonik.

Ingin menikmati nuansa masa lalu yang asyik di Palembang? Kamu bisa langsung menuju ke kawasan Sekanak, atau menelusuri setiap bangunan di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jembatan Ampera.

Image credit: @deddyhuang

7. Kota Tua Kediri

Image credit: @richardvsw

Kamu bisa menelusuri Jalan Doho di Kediri untuk bisa langsung merasakan nuansa kawasan kota tua di Indonesia. Meski sudah banyak gedung yang dimodernisasi, atmosfer oldies masih bisa kamu rasakan. Kamu tidak boleh melewatkan pengalaman menyusuri kawasan ini jika mengunjungi Kediri, ya!

Image credit: @harsol

8. Jalan Asia Afrika Dan Braga, Bandung

Image credit: @eprabowo_official

Jika ingin berburu nuansa vintage di Bandung, kamu bisa langsung menuju ke kawasan Jalan Asia Afrika dan Braga. Banyak gedung dengan gaya artdeco yang kokoh dan mencirikan bangunan tempo dulu. Atmosfer retro juga terus dijaga; menjadikan destinasi wisata belanja dan kuliner ini semakin asyik untuk dikunjungi.

Image credit: @yuliana_lianwan

9. Kawasan Tugu Pahlawan Dan Jembatan Merah, Surabaya

Image credit: @obbyy_

Di Surabaya, tidak sedikit tempat yang berkesan retro, jadul dan vintage. Namun, nuansa kota tua begitu terasa bila kamu mengunjungi kawasan Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah. Mulai dari gedung-gedung yang berserak di kiri dan kanan jalan hingga rumah penduduknya, semuanya masih mencirikan bangunan lama yang kokoh dengan interior jadul.

Pemerintah kota Surabaya juga benar-benar menjaga cagar budaya ini, dan bahkan mempercantiknya; menjadikan kawasan ini begitu Instagenik. Salut deh!

Image credit: @cerita.potret

10. Kota Lama Semarang

Image credit: @melritaa

Ikon dari kota tua di Indonesia yang ada di Semarang adalah Gereja Blenduk, bangunan gereja dengan kubah bundar seperti masjid. Selain itu, banyak gedung antik yang tersebar di wilayah Kota Lama yang masih dipertahankan fungsinya. Kafe dengan nuansa vintage juga tersebar di sejumlah lokasi, menambah warna tersendiri untuk nuansa klasik di Kota Semarang.

Image credit: @inda730

11. Kota Gede Dan Kawasan Kraton, Yogyakarta

Image credit: @masazies

Nuansa vintage dengan konsep Jawa tempo dulu yang berpadu dengan gaya Eropa bisa kamu dapatkan di Yogyakarta. Di pusat kota, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman hingga titik nol Jogja, kamu bisa melihat banyak bangunan bersejarah dengan nuansa oldies, termasuk di antaranya Gedung Bank Indonesia, Kantor Pos, Bank BNI, dan bahkan Gedung Agung. Sementara di kawasan Kota Gede, kamu bisa melihat bangunan vintage yang tetap terjaga keasliannya.

Image credit: @jangkung___

12. Kawasan Kota Tua Jakarta

Image credit: @michaeltuhonia

Siapa sih yang tidak tahu kawasan Kota Tua Jakarta? Jajaran gedung-gedung kuno kokoh yang berjajar telah menjadi ikon tersendiri dari ibu kota Indonesia ini. Mulai dari gedung Museum Fatahillah, Bank Indonesia hingga Jembatan Kota Intan, semuanya memiliki keunikan tersendiri dan menjadi magnet bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Image credit: @dito1384

Kawasan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan akhir pekan di Jakarta bagi yang tertarik melihat nuansa retro dan jadul lho!

Image credit: @ijoeel

Baca juga: Lokasi Terbaik Menikmati Blood Moon Di Indonesia

Bagaimana, sudah tertarik untuk menambah pengalaman wisata kamu dengan mengunjungi sejumlah kota tua di Indonesia yang ada dalam daftar di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru