Kuliner Khas Belitung Yang Unik, Nikmat Dan Wajib Dicoba

Pulau Belitung atau Belitong merupakan sekeping surga wisata yang ada di Sumatera. Kamu pasti tidak asing lagi dengan obyek wisata Pantai Tanjung Kelayang. Namun Belitung tidak hanya tentang cuaca yang panas dan batu-batu besar yang indah, tapi juga tentang kuliner khas yang nikmat. Belitung terletak dekat dengan laut sehingga kebanyakan kuliner lokalnya berupa hidangan laut. Di bawah ini, TripZilla telah merangkumkan beberapa kuliner khas Belitung yang unik dan perlu kamu coba!

1. Mengecap kuah gangan, sup ikan khas Belitung

Image credit: ernibryan

Gangan ini sangat mudah ditemukan di Belitung dan memiliki citarasa asam gurih. Dibuat dari ikan yang segar, kamu tidak perlu takut akan mencium bau amis dari ikan tenggiri yang umumnya digunakan sebagai bahan gangan. Cabai yang digunakan dalam sup ikan ini merupakan cabai rawit yang juga asli Belitung yang konon beraroma segar. Selain ikan, gangan juga bisa dibuat menggunakan daging sapi dan masakannya disebut gangan darat. Restoran yang terkenal dengan sajian gangannya di Belitung adalah RM Gangan Sari.

Alamat: Jl. Irian 2 No. 4, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 09.30 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 37,500 IDR

2. Makan ketam isi yang isiannya melimpah

Image credit: Ketam ISI Adena

Makan kepiting biasa mungkin kamu sudah sering melakukannya, tapi sudahkah kamu mencicipi ketam isi? Ketam isi ini, sesuai namanya, dibuat dengan menggunakan kepiting atau rajungan. Saat membuat ketam isi, daging kepiting atau rajungan dikeluarkan dari cangkangnya. Setelah dibumbui dan ditambahkan telur, daging yang sudah diolah ini dimasukkan lagi ke dalam cangkang kemudian digoreng. Penyedia kuliner khas Belitung yang sudah terkenal adalah Ketam Isi Adena yang juga menyediakan produk ketam isi beku untuk buah tangan. Melihat dari penampakannya saja sudah terbayang kelezatannya nih!

Alamat: Jl. Pattimura, Tj. Pendam, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Senin-Sabtu pukul 10.00 WIB – 19.00 WIB, Minggu pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 125,000 IDR

3. Otak-otak Belitung yang berbeda namun tetap enak

kuliner khas belitung
Image credit: wen_saja

Ikan tenggiri hadir lagi dalam bentuk lain yang juga nikmat yaitu otak-otak. Banyak orang yang menggemari otak-otak karena tekstur kenyal yang berpadu dengan rasa ikan yang manis gurih dan smoky. Dicocol dengan sambal, bisa-bisa seporsi tidak cukup lagi. Di Belitung, kedai Otak Otak Sandi adalah tempat yang populer untuk menyantap kudapan ini. Terdapat otak-otak panggang, goreng dan rebus dengan pilihan sambal tauco yang khas. Ukuran otak-otaknya juga cukup besar sehingga pas banget untuk jadi teman nongkrongmu saat di Belitung!

Alamat: Jl. Madura No.636, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 4,000 IDR

4. Tergoda oleh cakien, si gorengan berbalut kulit tahu

Image credit: katarinalaboure21

Cakien yang berbalut kulit tahu nan mengkilap ini akan menggugah selera makanmu. Isinya adalah bakso ikan dan kamu bisa menemukannya di berbagai rumah makan di Belitung. Salah satu yang menjualnya adalah Bakmi Yamien Achoi. Cakien ini bisa juga disantap bersama bakso ikan berkuah yang masih hangat. Rasa cakien yang terbuat dari ikan segar dengan kulit renyah ini bakal membuat rasa bakso kuah atau bakmimu menjadi lebih lezat lho!

Alamat: Jl. Madura, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari ,07.30 WIB – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

5. Menyantap Suto Belitung dengan pilihan lontong atau nasi

Image credit: foodie belitung

Suto Belitung Mak Janah adalah nama kedai yang akan kamu dengar ketika kamu berburu kuliner ini di Belitung. Suto Belitung adalah soto khas dari Belitung yang penampilannya berbeda dengan soto-soto dari daerah lain. Kuahnya lebih kental karena menggunakan santan dan diisi dengan irisan lontong, irisan daging, bihun dan kentang rebus. Walaupun penampilannya sederhana namun rasanya tidak sesederhana itu. Kuah santannya nggak boleh diremehkan karena dicampur dengan rebusan iga sapi. Kalau gemar dengan rasa pedas, sambal di tempat ini juga tidak boleh kamu lewatkan!

Alamat: Jl. Merdeka, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 13.00 WIB dan 16.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Di setiap saat, mie Belitung bisa jadi menu yang pas

kuliner khas belitung
Image credit: eatineraryid

Bagi kamu yang mengaku penggemar bakmi, harus mencoba mie khas Belitung ini. Salah satu lokasi yang bisa kamu sambangi adalah Mie Belitung Atep. Perbedaan mie ini dengan yang lainnya adalah komposisi bahannya yang terdiri dari kentang, ketimun, udang, emping dan disiram kuah yang berbahan udang. Rasa gurih manis akan tercecap di mulutmu saat menyantap kuliner khas Belitung ini. Tekstur mienya yang kenyal juga menjadikan hidangan ini semakin berkesan.

Alamat: Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 07.45 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

7. Jangan takut gemuk, santaplah nasi gemok

Image credit: jspratama

Cobalah nongkrong ala Belitung di Warung Kopi Ake. Acara bersantaimu akan lebih seru karena ditambah dengan kuliner khas Belitung yaitu nasi gemok. Nasi gemok ini dibungkus daun simpor dan berlauk ikan bebulus yang merupakan ikan khas Belitung. Kuah segar yang menyertainya juga berbahan ikan bebulus. Untuk melengkapinya, teguklah segelas kopi pilihanmu di warung yang sudah berdiri sejak tahun 1922 ini. Pengalaman yang nggak ada duanya!

Alamat: Jl. Veteran No.47, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

8. Mengunyah siput gonggong yang sederhana dan nikmat

kuliner khas belitung
Image credit: iboh.reniluk

Siput gonggong adalah hewan yang banyak ditemui di perairan Belitung. Oleh karena itu, hidangan ini wajib kamu cicipi jika berkunjung ke sana. RM Sian Lie Pohon Ketapang adalah salah satu rumah makan yang terkenal dengan hidangan siput gonggongnya. Memiliki kandungan protein yang tinggi, kamu dapat memakannya dengan dicocol ke saus asam manis. Selain itu ada pula kuliner khas Belitung ini yang dimasak dengan bumbu pedas. Kamu pilih yang mana?

Alamat: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

9. Sajian songsui yang segar dengan kuah angciu

Image credit: joanneyeohdiary

Songsui adalah hidangan non halal yang berbahan daging dan jeroan babi. Di rumah makan Songsui Akwet, kuah songsuinya diberi ang ciu atau arak anggur merah sehingga warnanya tidak bening. Kerupuk kulit pun ditaburkan di atasnya sehingga menambah sensasi lezat dari semangkuk songsui. Disiapkan pula kecap cabe rawit bagi kamu yang suka rasa pedas. Menyeruput kuah songsui ini pasti bakal bikin kamu lupa dengan dietmu!

Alamat: Jl. Suryo No.55, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 – 15.30 WIB, 17.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

10. Si putih berego yang nikmat dan mengenyangkan

kuliner khas belitung
Image credit: kulinerbelitong

Seporsi berego ini tampak mengundang selera dengan tampilannya yang putih bersih. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Setelah dikukus, berego kemudian dipotong dan disajikan dengan kuah kari ikan. Rumah Makan Belitong Timpo Duluk adalah tempat yang populer untuk menyantap kuliner khas Belitung ini. Berego juga cocok untuk disandingkan dengan gangan. Gurih manis rasa yang timbul akan membuatmu mengunyah terus dan terus lho!

Alamat: Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

Baca juga: 10 Hotel Murah Di Bangka Belitung di Bawah 400,000 IDR Untuk Liburan Hematmu

Kuliner khas Belitung jadi bukti bahwa aneka hasil laut dapat diolah jadi beragam hidangan yang sedap. Jangan ragu untuk mencobanya, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru