Favorit Presiden Dan Artis, 5 Kupat Tahu Magelang Enak Ini Wajib Dikunjungi

Kupat tahu Magelang enak menjadi menu wajib yang harus kamu nikmati saat liburan di salah satu kota/kabupaten di Jawa Tengah ini. Salah satu alasannya adalah kekhasan rasa dan tekstur kuliner yang dihadirkan dari perpaduan sayuran.

Kupat tahu sendiri merupakan makanan khas Magelang, berbahan dasar ketupat, kol, tahu dan toge. Kuliner yang terkesan sederhana ini menggunakan bumbu kacang untuk memberikan cita rasa spesial. Masakan ini sendiri kemudian menyebar dan menjadi berbagai bentuk varian di seluruh Indonesia, seperti tahu guling, tahu kupat dan bahkan ketoprak. Namun, harus diakui dalam sejarah kuliner Indonesia, kupat tahu Magelang adalah induk dari semua kuliner nusantara tersebut.

Beruntung buat kamu yang jalan-jalan dan liburan menikmati Candi Borobudur dan destinasi wisata lainnya, ada banyak penjual kupat tahu Magelang bisa disinggahi. Namun, buat yang tertarik menikmati makanan khas Magelang dengan kualitas terbaik, lima tempat ini menjadi lokasi yang harus dikunjungi. Saking enaknya, tak sedikit orang-orang dengan nama besar, seperti presiden dan artis-artis ternama sudah menikmati kupat tahu yang dijajakan. Penasaran di mana saja lokasi penjual terbaik salah satu menu sarapan paling dicari ini, kamu bisa mengintip bocorannya di bawah ini!

1. Warung Pak Pangat, kupat tahu Magelang enak dan melegenda

Salah satu penjaja kupat tahu Magelang enak yang mendapatkan status legenda di Jawa Tengah adalah kupat tahu Pak Pangat. Kuliner ini sudah dijajakan sejak 1985, dan kini sudah memiliki dua kedai di Magelang, yang berdekatan dan sama larisnya.

Yang menjadikan sajian kupat tahu Pak Pangat terkenal adalah kuah bumbu yang memiliki rasa manis segar. Kamu bisa menambahkan cabe jika ingin lebih pedas. Keistimewaan kupat tahu Pak Pangat ini terletak pada air gula plus kecap sebagai bumbu utamanya. Sementara isian setiap porsi kupat tahu yang disajikan juga memesona lidah, gabungan bakwan, toge rebus dan irisan kol matang yang digoreng. Dijamin rasanya istimewa, deh!

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No.41, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56123
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR per porsi

2. Tahu Pojok Magelang, kupat tahunya jadi langganan presiden

Salah satu penjaja kuliner khas Magelang dan terkenal enak serta segar adalah kupat tahu Pojok Magelang. Saking terkenalnya, banyak pesohor yang datang untuk mencicipi makanan khas ini, tidak terkecuali Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.

Salah satu kunci rahasia sukses penjual adalah dengan menjaga kualitas bahan dan kecap, yang diracik secara mandiri. Dijelaskan Sri Kuntari, penjual kupat tahu enak ini, kecap diproduksi dengan mempertimbangkan bahan-bahan lokal berkualitas, yang pada akhirnya ikut memengaruhi rasa dan kualitas masakan. Pemilihan sayur dan isian kupat tahu yang segar juga menjadi faktor mengapa banyak pelanggan yang terus kembali untuk menikmatinya.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar Kios No.14, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56121
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

3. Warung Pak Slamet, minimalis tapi maksimal soal rasa

Satu lagi penjual kupat tahu Magelang yang juga terkenal dan melegenda, yaitu Kupat Tahu Pak Slamet. Meski terkesan minimalis, kamu bisa dengan mudah menemukan warung ini karena papan nama besar yang berada di depan. Namun, popularitas dan kualitas sebagai salah satu penjual kupat tahu yang enak menjadi faktor utama yang mengundang pecinta kuliner Indonesia untuk datang.

Berjualan sejak 1970-an, warung ini kini dikelola oleh generasi ketiga. Meski demikian, kualitas rasa masih terjaga sampai saat ini. Keunikan terletak pada bumbu kacang yang encer namun sedap dan enak. Cita rasa bawang putih terasa di lidah, berpadu dengan rasa manis yang juga dominan. Kamu juga bisa memesan tambahan lauk, seperti telur goreng untuk menambah isian. Bubuhkan sambal jika ingin menikmati standar rasa, sekaligus menyimpan kenangan mengesankan menikmati kupat tahu Magelang ini.

Lokasi: Jl. Magelang – Yogyakarta No.KM 6, Japunan, Danurejo, Kec. Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56172
Jam buka: Setiap hari, 7.30 – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR per porsi

4. Kupat Tahu Pelopor, kupat tahu Magelang enak dengan sensasi rasa istimewa

Sudah berjualan sejak era revolusi, tepatnya di tahun 1965, Kupat Tahu Pelopor sukses mempertahankan, bahkan menambah pelanggan setianya hingga saat ini. Buktinya adalah penampakan warung yang bersih dan ramai pengunjung di setiap saat.

Bagaimana dengan cita rasa yang ditawarkan? Bukan tanpa alasan jika warung ini bisa bertahan hingga puluhan dekade. Kualitas rasa yang ditawarkan konon tetap terjaga seperti saat dijual pertama kali. Hal ini tak bisa dilepaskan dari sukses penjual mempertahankan standar bahan baku, seperti sayuran segar yang menjadi bahan utama. Kuah kupat tahu yang bening juga menjadi ciri tersendiri. Perpaduan dengan tahu yang digoreng agak kering serta tambahan cabe memberikan kenikmatan tiada terkira.

Lokasi: Jl Raya Jl. Magelang – Yogyakarta, Blambangan, Mungkid, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR per porsi

5. Kupat Tahu Dompleng, toppingnya bisa disesuaikan

Opsi lain mencicipi kupat tahu enak di Magelang adalah dengan menyambangi warung kupat tahu Dompleng. Berdekatan dengan kupat tahu Pelopor, kedai ini berani menawarkan sesuatu yang berani, berbeda dan sukses merebut hati pasar kuliner Indonesia.

Kedainya sendiri bisa dikatakan sangat sederhana, namun tidak dengan kualitas rasa yang ditawarkan. Dalam satu porsi kupat tahu-nya, kamu akan mendapati tahu goreng yang dipotong-potong, kol segar, toge rebus dengan tambahan topping kacang goreng serta kuah kecap segar. Menambah kenikmatan, taburan seledri dan bawang goreng diberikan. Tambahkan cabe untuk memberikan sentuhan berbeda di setiap porsinya.

Lokasi: C7W2+WXF, Jl. Magelang – Yogyakarta, Glubak, Mungkid, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512
Jam buka: Setiap hari, 11.30 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR per porsi

Baca juga: Penginapan di Magelang yang Dekat Dengan Candi Borobudur Dan Eksotik Abis

Kuliner khas Magelang yang menarik, bukan? Jika berkunjung ke Magelang, menjelajah Candi Borobudur dan situs lainnya, jangan sampai melewatkan kesempatan menikmati makanan khas murah meriah ini, ya!

 

Image preview credit to: Kuliner Magelang, Nge-Meals (kanan)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru