Liburan Ke Maldives, Wisatawan Tak Perlu Lagi Tes PCR

Semakin banyak pilihan untuk destinasi wisata ke luar negeri. Yang terbaru, traveler Indonesia bisa liburan ke Maldives dengan lebih leluasa setelah pemerintah setempat menghapus persyaratan wajib tes Covid-19.

Negara yang dikenal dengan lautnya yang biru, dan pantainya yang indah, mengumumkan bahwa persyaratan menunjukkan hasil negatif untuk tes Covid-19 dengan metode PCR tidak lagi diperlukan, dengan catatan yang bersangkutan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap.

Namun demikian, masih ada sejumlah aturan dan ketentuan yang harus dipenuhi traveler yang ingin liburan ke Maldives. Dalam rilisnya, Kementerian Pariwisata Maldives mengumumkan, traveler yang berkunjung ke wilayahnya masih harus melengkap formulir Traveler Health Declaration secara online dalam waktu maksimal 48 jam sebelum keberangkatan. Formulir ini sendiri meminta informasi terkait detail kontak di Maldives, informasi mengenai penerbangan, info terkait vaksin Covid-19, persyaratan karanntina dan status kesehatan. Formulir bisa dilihat di sini.

Lalu bagaimana yang belum divaksin, baik karena alasan medis atau alasan lainnya, atau mereka yang belum divaksin secara lengkap? Pemerintah Maldives mengharuskan traveler kategori ini menjalani tes Covid-19 dengan metode PCR, dan menunjukkan hasil negatif, sebelum bisa masuk ke Maldives. Asyiknya, rentang waktu tes cukup lega, yaitu maksimal 96 jam sebelum perjalanan dilakukan.

Regulasi baru ini menjadi langkah terbaru yang dilakukan pemerintah Maldives untuk bisa meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri ke wilayahnya. Sebelumnya, pemerintah Maldives sudah memberikan sejumlah kemudahan, termasuk menawarkan vaksin Covid-19 bagi traveler yang liburan ke wilayahnya pada pertengahan tahun lalu.

Bahkan, pada pertengahan 2020, pemerintah Maldives sudah membuka perbatasan mereka untuk masuknya wisatawan asing meski pada saat itu tingkat penyebaran Covid-19 di sejumlah negara menunjukkan peningkatan signifikan. Namun demikian, ada sejumlah langkah antisipatif yang terus berubah seiring perkembangan pandemi di dunia.

Pemerintah Maldives juga memberikan saluran informasi mengenai kondisi terkini perkembangan Covid-19 di negara mereka, termasuk informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan di situs resmi pariwisata mereka. Meski tidak ada aturan ketat, penting untuk turis mengetahui panduan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah Maldives di tengah pandemi Covid-19 ini, dan diterapkan sebelum, saat dan setibanya di Bandara Internasional Valena.

Baca juga: WFH Dari Maldives, Ada Paket Wisata Menarik Untuk Dipilih

Jadi, tertarik liburan ke Maldives dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru