Liburan Ke Thailand, Turis Wajib Miliki Sertifikat Bebas Corona

Mewabahnya virus corona di seluruh belahan bumi membuat sejumlah pemerintahan membuat aturan khusus untuk meminimalkan risiko penularan. Pemerintah Thailand misalnya, yang mengharuskan wisatawan yang liburan ke Thailand untuk memiliki sertifikat medis bebas virus corona.

Diungkapkan Menteri Transportasi Thailand, Saksayam Chidchob, seperti dikutip Bangkok Post, Kamis (12/3) mengatakan turis yang tidak bisa menunjukkan sertifikat medis sebelum boarding ke pesawat menuju Thailand tidak akan diizinkan untuk terbang. Secara khusus, aturan ini sudah diterapkan oleh maskapai plat merah Thailand, Thai Airways, yang meminta penumpang dari Tiongkok, Italia dan Korea Selatan untuk membawa sertifikat medis tersebut.

Aturan ini juga tidak hanya berlaku untuk wisatawan yang bepergian menggunakan pesawat terbang, tapi juga mereka yang liburan ke Thailand dengan menggunakan kapal. Nantinya, kapten kapal wajib memberikan dokumen yang disyaratkan kepada petugas kesehatan 24 jam sebelum bersandar di pelabuhan Thailand.

Image credit: Pixabay

Saksayam juga mengancam kepada siapapun yang datang ke Thailand dengan membawa sertifikat palsu, pihaknya akan memberikan sanksi tegas dan diwajibkan masuk ke zona karantina.

Pemerintah Thailand juga sudah melakukan screening ketat dan prosedur yang rumit untuk mencegah mewabahnya virus corona di negaranya. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 50 kasus virus corona dengan 33 pasien berhasil sembuh, 16 orang masih menjalani proses perawatan dan satu orang meninggal dunia.

Selain Thailand, India juga menjadi salah satu negara yang menerapkan aturan yang sama seperti di atas. Prosesnya, pemerintah India akan menerbitkan visa kunjungan selama pemohon visa bisa menyertakan dan menunjukkan sertifikat bebas corona dalam pengajuannya.

Baca juga: Liburan Ke Jepang, Turis Wajib Isi Kuesioner Terkait Virus Corona

Bagi yang berencana liburan ke Thailand, bersiaplah untuk mempersiapkan sertifikat medis bebas corona ini, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru