7 Tips dari Warga Lokal Untuk Bisa Liburan Murah Di Singapura

Ingin liburan ke Singapura? Langsung saja terbang dengan maskapai apapun atau menggunakan feri dari Batam dan kamu bisa langsung jalan-jalan di Negeri Singa. Namun yang ingin liburan murah di Singapura, tidak ada salahnya mengintip tips dari warga lokal untuk mengatasi setiap layanan maupun servis, yang mungkin bagi sebagian warga Indonesia cukup menguras kantong.

Singapura memang terkenal sebagai destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Di negara kecil di Asia Tenggara ini, banyak hal menarik yang ditawarkan, termasuk pemandangan keteraturan dan sistem transportasi serta lalu lintas yang berjalan dengan baik, sesuatu yang sulit ditemui di Indonesia.

Turis mancanegara juga bisa menemukan hampir semuanya di Singapura, meski harus membayar dengan cukup mahal. Namun, karena tidak semua turis adalah Crazy Rich Asians, tidak sedikit yang mencari cara untuk bisa liburan murah di Singapura. Untungnya, warga Singapura mau berbaik hati memberikan sejumlah tips yang bisa diikuti untuk bisa berhemat saat jalan-jalan dan menjelajah, namun tanpa harus mengorbankan keseruan dan sensasi Singapura yang menyenangkan. Ingin tahu caranya? Yuk, simak tips liburan murah di Singapura di bawah ini!

1. Terbang dengan menggunakan maskapai budget

Liburan murah di Singapura
Image credit: Alif Shaari

Untungnya, ada banyak maskapai budget yang melayani penerbangan dari sejumlah kota di Indonesia ke Singapura, dan demikian pula sebaliknya. Asyiknya lagi, ada banyak penawaran promo yang bisa dimaksimalkan untuk meminimalkan biaya perjalanan kamu. Jadi, rajin-rajin cek tiket pesawat, ya!

2. Jadikan Singapore Tourist Pass sebagai teman perjalanan kamu

Image credit: EZ-Link Official Website

Singapura dikenal karena sistem transportasinya yang sudah tertata baik, yang memudahkan semua orang untuk melakukan perjalanan ke destinasi manapun yang ingin dituju. Bagi kalangan turis, memiliki Singapore Tourist Pass bisa menjadi bekal yang bagus untuk memulai petualangan kamu di Singapura.

Singapore Tourist Past sendiri bukan hanya berguna sebagai souvenir, tapi juga dompet digital untuk setiap penjelajahan kamu menggunakan moda transportasi publik di Singapura. Ada berbagai paket yang ditawarkan, mulai dari one-day, two-day dan three-day, serta deposit yang bisa diambil kembali senilai 10 SGD. Cara mendapatkannya juga mudah, seperti di TransitLink, outlet Cheers dan konter Changi Reccomends.

Baca juga: Singapore Tourist Pass (STP) atau EZ Link, mana yang lebih hemat?

3. Makan di pusat pujasera dan warung kopi

liburan murah di singapura
Image credit: Tiberiu Ana

Ingin sekadar mengisi perut untuk modal petualangan kamu di Singapura, namun tetap mendapatkan sensasi kuliner khas lokal, kamu bisa menuju ke pusat pujasera, atau yang lebih populer disebut hawker centres. Opsi lain, warung kopi atau coffee shop bisa menjadi jujukan kamu. Di tempat-tempat yang terserak di seluruh penjuru Singapura ini, kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Singapura yang memberikan warna tersendiri buat perjalanan kamu, dari hidangan khas India, makanan ikonik Melayu hingga chinese food yang legendaris. Soal harga tidak usah ditanya, dijamin jauh lebih terjangkau ketimbang harus pergi ke gerai-gerai makanan populer atau jaringan makanan cepat saji, deh!

4. Ikut tur jalan kaki menembus setiap periode era Singapura

Image credit: Jason Powers

Tidak hanya memiliki kekayaan budaya dan kuliner, Singapura juga memiliki catatan sejarah yang panjang dan menarik untuk diselami. Asyiknya, ada cara keren untuk bisa menikmati cerita sejaran tersebut.

Ada banyak tur jalan kaki mengelilingi situs-situs sejarah dan budaya di Singapura. Pemandunya juga berpengalaman dan informatif, yang membuat acara jalan-jalan kamu bakal luar biasa. Bagaimana tidak, dengan segudang informasi menarik yang disampaikan, para pemandu ternyata berstatus sukarelawan, lho! Tapi, tidak ada salahnya untuk memberikan tanda jasa buat mereka, bro n sis!

5. Kunjungi destinasi wisata gratis di seluruh penjuru Singapura

Image credit: Bambi Corro III

Yups, ada banyak tempat wisata gratis di Singapura yang bisa dikunjungi. Tempatnya juga menarik, lho! Singapore Botanic Gardens dan Sungei Buloh Wetland Reserve adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: 17 Aktivitas Wisata GRATIS di Singapura Untuk Liburan Hemat Biaya

6. Pilih akomodasi kapsul

Image credit: The Pod Boutique Capsule Hotel Official Facebook Page

Memilih penginapan murah dan nyaman bisa membantu kamu meminimalkan biaya untuk bisa liburan murah di Singapura. Untungnya, ada banyak akomodasi yang menawarkan kemungkinan tersebut, seperti hotel kapsul, backpacker lodge dan masih banyak lagi lainnya. Soal fasilitas pun kamu bisa memilih dengan apa yang bisa kamu dapatkan, disesuaikan dengan budget yang kamu anggarkan.

Baca juga: 8 Hotel Kapsul Singapura Yang Bisa Dipilih Untuk Akomodasi Berbeda

7. Naik moda transportasi alternatif yang menarik

liburan murah di singapura
Image credit: Singapore DUCKTours Official Website

Tahu DUCK? Mobil amfibi ini menjadi salah satu atraksi menarik yang ditawarkan di Singapura dan bisa kamu nikmati dengan harga tiket yang relatif terjangkau. Asyiknya, menggunakan kendaraan unik ini, kamu bisa menikmati Singapura dari sudut pandang yang berbeda, “berlayar” selama satu jam di Singapore River dan menembus Civic District sambil menikmati gedung-gedung pencakar langit.

Opsi lain? Naik Big Bus, bus tingkat dengan atap terbuka. Kamu bisa memilih banyak opsi tur berkeliling daerah-daerah atraktif di Singapura, termasuk mengunjungi Little India, Kampong Glam, Singapore Flyer dan juga Marina Bay Sands.

Baca juga: Itinerary Wisata Singapore 4H3M Untuk Liburan yang Hemat

Banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan dengan budget terbatas di Singapura, bukan? Ya, ada banyak cara untuk bisa liburan murah di Singapura dan salah satu caranya adalah dengan mengikuti tips dari warga lokal ini. Tertarik mengikuti?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru