Makanan Halal Di Luar Negeri, 7 Aplikasi Ini Bisa Bantu Menemukannya!

Mencari makanan halal di luar negeri bisa menjadi masalah tersendiri bagi traveller muslim. Namun, bukannya selalu ada jalan keluar di setiap masalah yang muncul?

Ya, saat plesiran ke luar negeri, kamu bisa membekali diri dengan aplikasi untuk menemukan makanan halal. 7 aplikasi ini bisa menjadi asisten perjalanan kamu, terutama bagi yang doyan berwisata kuliner di luar negeri. Cekidot, ya!

1. Zabihah

Image credit: iTunes

Nama ini cukup familiar bagi kalangan traveller muslim. Zabihah sendiri merupakan website yang mengklaim sebagai “panduan terbesar untuk pasar dan restoran halal di dunia”. Website ini terus tumbuh dari akhir tahun 1990-an menjadi salah satu brand raksasa dengan follower yang loyal.

Zabihah menampilkan restoran, pasar dan masjid di negara-negara Amerika Utara, Eropa, Australia, Singapura, Hong Kong dan Afrika. Lebih dari 20,000 tempat dalam daftar mereka telah direview. Selain itu, pengguna aplikasi Zabihah juga bisa memeriksa restoran secara terperinci, mulai dari keotentikan sertifikat halalnya, alamat, jam buka, harga hingga peringkatnya.

Aplikasi Zabihah bagi pengguna iPhone telah hingga lebih dari 500,000 unduhan sejak diluncurkan. Popularitasnya tidak bisa dilepaskan dari usaha Zabihah dan 2,500 lebih partner restoran mereka memberikan penawaran spesial bagi penggunanya.

Aplikasi Zabihah tersedia di iOS dan Android.

2. Halal Dining Club

Image credit: iTunes

Diluncurkan pada 2016, Halal Dining Club kini memiliki lebih dari 90,000 anggota yang sudah terdaftar. Aplikasi ini memunculkan informasi ribuan restoran di selurun dunia, meski ada sembilan kota tertentu yang memiliki informasi yang cukup komprehensif, yaitu Singapura, Bangkok, Hong Kong (Kowloon), London, Paris, New York, Toronto, Manchester dan Birmingham.

Selain memudahkan pencarian restoran bersertifikat halal, aplikasi Halal Dining Club membolehkan penggunanya untuk membaca review, buku menu restoran dan mendapatkan poin loyalitas. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang terintegrasi di mana komunitas muslim bisa berkolaborasi.

Aplikasi Halal Dining Club tersedia di iOS dan Android.

3. Crave Halal

aplikasi menemukan makanan halal di luar negeri
Image credit: iTunes

Aplikasi Crave Halal, yang mencakup restoran di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Kanada, membanggakan diri dengan menawarkan database yang terus update dan akurat. Untuk memastikan hal ini, tim di belakang aplikasi Crave Halal langsung menghubungi setiap restoran secara manual untuk memverifikasi status halal mereka. Hal ini terbilang luar biasa karena database mereka memiliki lebih dari 13,000 restoran halal, lho!

Pada aplikasinya, pengguna juga bisa melihat restoran halal paling populer di daerah tertentu, sekaligus membuka peta untuk memeriksa seberapa banyak opsi restoran halal yang dimiliki di dekat mereka.

Aplikasi Crave Halal tersedia di iOS dan Android.

4. Halal Navi

Image credit: iTunes

Di-launching pada 2014 oleh ahli IT asal Malaysia, yang belajar dan bekerja di Tokyo, aplikasi Halal Navi yang fokus di Jepang ini mengandalkan komunitas untuk memverifikasi restoran dan status halalnya, bebas dari unsur babi atau vegetarian. Untuk bisa masuk dalam daftar, restoran setidaknya harus menyajikan sejumlah sajian bebas daging atau seafood tanpa alkohol. 80,000 lebih pengguna yang sudah terdaftar dengan standar keagamaan bisa memilih makan di restoran ini dengan keputusan mereka sendiri.

Selain memberikan jalan bagi Muslim menemukan makanan halal, Halal Navi membolehkan pengguna untuk berhubungan dengan komunitas dengan membagi tips dan review. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan penjual bahan makanan halal, tempat ibadah dan masjid.

Meski database Halal Navi fokus ke Jepang, aplikasi ini mulai melebarkan sayapnya ke Korea Selatan, Thailand dan Jerman.

Aplikasi Halal Navi tersedia untuk iOS dan Android.

5. Halal Advisor

aplikasi menemukan makanan halal di luar negeri
Image credit: iTunes

Mengklaim sebagai aplikasi makanan halal nomor satu di Australia, Halal Advisor menawarkan lebiih dari 2,000 restoran dan sudah diunduh lebih dari 15,000 kali. Aplikasi ini memudahkan pengguna di Australia menemukan restoran halal, termasuk untuk layanan delivery hingga jarak 50 kilometer. Fitur lain yang termasuk di dalamnya adalah review, foto, peringkat dan peta.

Aplikasi Halal Advisor didirikan oleh Aladdin Moukhallalat setelah dia menemukan dalam data sensus 2016 bahwa sekitar 2,6 persen warga Australia adalah Muslim, namun pada saat itu, opsi makanan Halal masih sulit ditemukan. Sejak saat itu, aplikasi ini juga menjadi populer di kalangan traveller.

Aplikasi Halal Advisor tersedia di iOS dan Android.

6. Verify Halal

Image credit: iTunes

Aplikasi Verify Halal melakukan hal yang sesuai dengan namanya, memastikan apakah halal atau tidak.

Aplikasi ini merupakan inisiatif JAKIM Malaysia (Dewan Pengembangan Islam Malaysia) untuk membantu Muslim menemukan produk yang halal dan menghilangkan keraguan. Aplikasi ini terhubung dengan 6,000 perusahaan lokal dan 60 badan sertifikasi global dari Australia hingga Taiwan dan Afrika Selatan. Jumlah ini terus berkembang dari ratusan menjadi ribuan dari seluruh dunia.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan pemindaian pada produk atau mengetik nama pada kolom pencarian. Aplikasi ini juga cukup membantu ketika berbelanja di supermarket untuk produk makanan seperti camilan dan cokelat.

Aplikasi Verify Halal tersedia di iOS dan Android.

7. Scan Halal

aplikasi menemukan makanan halal di luar negeri
Image credit: iTunes

Mirip dengan Verify Halal, Scan Halal juga membantu pengguna untuk memeriksa apakah produk tertentu memiliki kandungan haram atau tidak. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu melihat atau membaca kandungan produk untuk menentukan apakah produk ini ramah bagi Muslim atau tidak.

Database Scan Halal saat ini mencakup lebih dari 700,000 produk di Amerika Serikat dan Kanada. Sudah banyak Muslim yang menggunakan aplikasi ini karena kemudahannya. Dalam waktu dekat, aplikasi Scan Halal akan melebarkan sayap ke Amerika Serikat, Prancis dan Jerman.

Aplikasi Scan Halal tersedia di iOS dan Android.

Baca juga: Aplikasi WhatsHalal Mudahkan Traveller Berburu Makanan Halal

Dengan aplikasi ini, kamu bisa tenang saat mencari produk atau makanan halal di luar negeri. Selamat berwisata kuliner!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru