12 Makanan Khas Jember Yang Wajib Dicoba Dan Nikmat Tiada Duanya

Selama ini, Jember yang terletak di Jawa Timur mungkin lebih terkenal dengan gelaran Jember Fashion Carnaval. Namun tidak hanya itu, kabupaten di Jawa Timur ini juga memiliki daya tarik lain yaitu makanan khas Jember yang nikmat. Tidak hanya makanan berat, ada juga makanan selingan yang mudah kamu bawa juga sebagai buah tangan. Cek rekomendasi TripZilla Indonesia agar kamu tidak melewatkan kekayaan kuliner Jember yang menggoda ini!

1. Gudeg pecel, gabungan antara gudeg dan pecel

makanan khas jember
Image credit: @sasmitaedo

Gudeg pecel seperti memadukan dua hidangan khas Jawa dengan serasi. Apabila umumnya gudeg terasa sangat manis, maka dalam gudeg pecel, rasa manisnya tidak terlalu kuat. Sehingga saat disandingkan dengan bumbu pecel, kombinasi rasanya akan menjadi pas. Gudeg Lumintu bisa jadi perhentian untuk mencicipi makanan khas yang satu ini. Kamu akan kenyang dan puas dengan nasi dan lauk seperti krecek, sayur nangka, kacang tolo, telur dan ayam. Tidak lupa isian pecelnya seperti kacang panjang, kecambah dan kangkung yang diberi bumbu pecel. Sedap kan?

Lokasi: Jl. Kerta Negara No.33, Kelurahan Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Senin – Jumat dan Minggu pukul 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

2. Jenang waluh, si manis yang terbuat dari labu

Jenang atau dodol adalah makanan ringan yang legit dan didominasi rasa manis. Di Jember, ada juga jenang yang terkenal dan uniknya, terbuat dari labu. Ingin tahu apa bedanya dengan jenang yang biasa kamu makan? Mampir saja ke toko Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember untuk membeli jenang waluh ini. Harganya juga terjangkau lho!

Lokasi klik di sini
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

3. Prol tape, makanan khas olahan kreatif tape yang hanya ada di Jember

Image credit: Primadona Toko Oleh-oleh Jember

Sudah pernah mendengar makanan bernama prol tape? Hidangan ini sekilas mirip bolu tetapi punya tekstur yang berbeda, lebih lengket dan legit. Kalau kamu menyukai tape, maka wajib membeli prol tape. Didominasi rasa manis dan asam dari tapenya, makanan khas Jember ini bakal menawan lidahmu. Kamu dapat membelinya juga di Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember. Ada beragam rasa yang dapat dipilih yaitu kenari, keju cokelat, keju kismis dan original.

Lokasi klik di sini
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 38,000 IDR

4. Nasi langgi, makanan khas Jember yang legendaris

Image credit: @moniqcen

Depot Jawa Timur menjadi tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1956. Makanan khas yang terkenal di sini adalah nasi langgi. Nasi yang terasa gurih dimakan bersama aneka lauk seperti daging, telur asin, sambal goreng dan masih banyak lagi. Selain itu, nasi langginya juga ditambah dengan kuah bumbu petis yang makin memperkaya rasa. Seperti apa ya rasa nasi langgi yang tetap kondang sejak dulu hingga sekarang? Coba saja sendiri!

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.8, Kampungtengah, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 34,000 IDR

5. Suwar suwir, tape dengan aneka rasa

Image credit: Primadona Toko Oleh-oleh Jember

Suwar suwir merupakan olahan tape lainnya yang bisa kamu dapatkan di Jember. Tape di sini diracik dalam berbagai rasa sehingga tampak seperti permen. Varian rasanya sangat banyak semisal buah-buahan (durian, nanas, mangga, melon, jeruk, apel) hingga vanili dan cokelat. Walau mirip dodol, suwar suwir punya tekstur yang lebih keras dan padat. Kudapan unik dan kreatif ini bisa kamu beli salah satunya di toko Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember.

Lokasi klik di sini 
Jam Buka klik di sini 
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

6. Brownies tape, brownies yang punya rasa berbeda

Image credit: Primadona Toko Oleh-oleh Jember

Brownies tape menjadi makanan khas Jember yang pas untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Bahan dasarnya dari tape sehingga kamu bisa mencecap rasa masam khas tape di dalamnya. Ditambah topping cokelat atau keju, brownies tape menjadi pilihan yang berbeda dan juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Beli brownies ini di Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember ya!

Lokasi klik di sini
Jam Buka klik di sini 
Harga: Mulai dari 39,000 IDR

7. Ikan wader, seporsi lauk yang bikin ketagihan

makanan khas jember
Image credit: @shela_roze

Ikan wader adalah ikan berukuran kecil yang bisa disantap dengan berbagai cara. Merupakan salah satu makanan khas Jember, kamu bisa menyambangi tempat makan Lalapan Wader Sundari untuk merasakan racikan bumbu dan ikan wader yang enak. Ada menu lalapan wader yang sudah termasuk sambal dan nasinya. Kamu pun bisa membeli sambal bajak wader yang diolah dengan wader garing untuk dibawa pulang. Menggoda dan bikin lapar nih!

Lokasi: Jl. Manyar No.70, Puring, Slawu, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

8. Dodol tape, si kecil yang lembut di mulut

Image credit: Primadona Toko Oleh-oleh Jember

Dari namanya, sudah jelas bahwa dodol ini berbeda karena berbahan tape. Memang Jember terkenal sebagai produsen tape singkong dan ini tampak dari makanan-makanan khas yang ada. Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember dapat menjadi tempat untuk memperoleh dodol tape ini. Dengan bahan alami dan bebas pengawet, dodol tape bisa jadi makanan selingan yang enak dan sehat lho!

Lokasi klik di sini 
Jam Buka klik di sini 
Harga: Mulai dari 12,500 IDR

9. Tahwa, minuman khas Jember yang lembut dan hangat, yang selalu digemari

Image credit: Radja Cakue

Tahwa atau yang biasa kita kenal sebagai kembang tahu ini juga termasuk hidangan populer di Jember. Lembutnya kembang tahu dan kuah jahe yang hangat berpadu menjadi satu makanan yang sulit ditolak. Apalagi jika dikonsumsi pada sore atau malam hari ketika udara lebih sejuk, tahwa dijamin terasa makin nikmat. Tahwa biasanya dijajakan oleh penjual keliling, namun kalau tidak mau susah mencari, kamu bisa menyantapnya di Radja Cakue.

Lokasi: Ruko Esplanade No. 28, Jl. Mojopahit, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 10.00 WIB dan 16.00 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

10. Pia tape, garing di luar dan lembut di dalam

Image credit: Wika Oleh Oleh Khas Jember

Pia tape merupakan hasil kreatif dari olahan tape yang juga bisa dijajal di Jember. Wika Oleh Oleh Khas Jember adalah salah satu toko oleh-oleh yang menjadikan pia tape sebagai menu favorit. Lapisan kulit luar pia yang garing akan bertemu dengan isian nan lembut, yang akan membuatmu ketagihan. Sebagai tambahan, tersedia rasa original dan cokelat bagi kamu yang ingin mencicipi rasa berbeda.

Lokasi: Jl. Wijaya Kusuma I Nomor 19, Tegal Rejo, Jemberlor, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

11. Pia edamame, makanan khas Jember yang akan membuatmu gemas dengan kenyal dan gurihnya

Image credit: Primadona Toko Oleh-oleh Jember

Selain tape, Jember juga terkenal dengan produksi edamamenya. Kreasi unik dari edamame yang wajib kamu cicipi adalah pia edamame. Bayangkan kulit pia yang lembut membungkus isian kedelai atau edamame yang gurih dan padat. Pasti satu potong tidak akan cukup! Beli untuk dirimu dan juga sahabatmu di Primadona Pusat Oleh-oleh Khas Jember sebab makanan ini jarang ditemukan di kota lain lho!

Lokasi klik di sini 
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 23,000 IDR

12. Wedang cor, minuman untuk menghabiskan malam dengan istimewa

Image credit: @terryhadi

Minuman satu ini memang berpenampilan minimalis namun jangan sampai terlewat untuk mencicipinya. Memang ini bukan makanan, tapi menjadi salah satu kuliner khas dari Jember. Isian wedang cor adalah ketan hitam yang dicampur dengan susu, jahe dan gula dalam air mendidih. Rasanya dijamin mantap dan menghangatkan tubuh yang diterpa angin malam. Maka dari itu, ketika berjalan-jalan di petang hari, sambangi Wedhang Cor Mbah As untuk menyeruput segelas wedang ini ya!

Lokasi: Jl. Singosari, Lingkungan Sadengan, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Jember Yang Keren Dan Instagenik

Makanan khas Jember memang unik dan tidak pasaran. Harganya juga ramah di kantong jadi kamu bisa puas mencoba semuanya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru