10 Makanan Khas Mandalika Yang Bisa Dicoba Saat Liburan Ke Lombok

Punya rencana liburan ke Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat? Jika iya, jangan sampai melewatkan kesempatan menikmati makanan khas Mandalika, yang pastinya memberikan sensasi baru dan pengalaman rasa yang berbeda dibanding masakan dari daerah lainnya di Indonesia.

Tidak hanya menawarkan sensasi pedas, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah makanan dengan rasa manis, asin bahkan menyegarkan. Yang mengesankan, ada banyak lokasi untuk bisa mendapatkan makanan khas Mandalika di kota asalnya tersebut.

Jika kamu penasaran dengan makanan khas Mandalika yang layak untuk dicoba, sekaligus memberikan sensasi rasa menarik untuk dinikmati, daftar di bawah ini bisa menjadi bocoran yang menarik untuk wisata kuliner di Lombok. Yuk, tengok daftarnya!

1. Ayam Taliwang

makanan khas Mandalika
Image credit: @aryopratyaksa (kiri), Ayam Bakar Taliwang Papin (kanan)

Wajib rasanya menikmati makanan khas Mandalika yang ini saat liburan ke Lombok. Ayam Taliwang menawarkan sensasi pedas membakar lidah, namun tetap enak untuk dinikmati. Apalagi jika menyantapnya dengan nasi putih hangat. Yummy!

2. Sate Bulayak

makanan khas Lombok
Image credit: @le_kekeri (kiri), Edo Sasmita (kanan)

Sate Bulayak menjadi salah satu kuliner khas Mandalika yang menampilkan cita rasa gutih. Potongan daging sapi dipotong dadu, yang dibalur dengan bumbu rempah sebelum kemudian dibakar dan disajikan dengan saus kacang tanah sangrai yang dimasak bersama dengan santan, kamu akan mendapatkan sensasi makan sate sapi dengan bumbu kari. Untuk menambah keunikan, kamu bakal menikmati sate bulayak dengan potongan lontong, yang dibungkus daun aren. Wow!

3. Makanan khas Mandalika – Ayam Rarang

Image credit: @jajelombok

Yang doyan masakan pedas, ayam rarang bisa jadi pilihan. Dimasak dengan bumbu plecing, sebutan masyarakat lokal untuk olahan bumbu dari sambal goreng cabai rawit, kamu akan mendapatkan pengalaman rasa membakar lidah. Bahkan, sebelum menyantapnya, kamu bisa tahu ayam kampung yang dimasak ini bakal pedas karena bumbu berwarna merah menyala yang melapisi olahan ayam ini. Bersiap untuk kepedesan, ya!

4. Ares

Image credit: Bebalung Lombok

Pernah menyantap pelepah pisang? Jika belum, kamu bisa mencobanya saat di Mandalika. Pelepah pisang diolah sedemikian rupa dengan bumbu santan merah dan tambahan rulang atau daging ayam, yang menjadikan ares menjadi sup berbumbu khas Mandalika, yang pas dinikmati saat cuaca dingin karena bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh.

5. Beberuk Terong

Image credit: @yenigingerlitlez1

Masih terkait dengan masakan pedas, beberuk terong juga layak mendapatkan porsi khusus sebagai makanan khas Mandalika. Beberuk terong lebih pas disebut sebagai sambal sayuran karena bahan yang digunakan adalah potongan sayuran segar, seperti terong, tomat dan kacang panjang, plus cabai merah pedas sebagai bahan utamanya. Menyantap sambal langsung tanpa pendamping makanan utama bisa dikatakan tidak lumrah, dan makanan yang paling pas dijadikan pendamping adalah seafood atau ayam taliwang. Dijamin sedap!

6. Nasi Balap Puyung

makanan khas Mandalika
Image credit: Jimmy Shi

Nasi balap Puyung identik sebagai masakan khas Lombok, tapi Mandalika juga layak mendapat kredit tersendiri karena popularitas kuliner ini. Seperti nasi rames di Pulau Jawa, kamu akan mendapati ayam goreng, abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng serta parutan kelapa dan sayuran tumis sebagai toping utama kuliner ini. Asyiknya lagi, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas tersebut di daerah strategis di Mandalika. Jangan sampai melewatkan masakan ini untuk sarapan, ya!

7. Makanan khas Mandalika – Sate Rembiga

Image credit: @hendirahmansyah_

Salah satu kuliner khas Mandalika yang menawarkan sensasi rasa manis, pedas dan gurih adalah sate rembiga. Terbuat dari daging sapi yang direndam bumbu dan saus pedas sebelum dibakar, makanan ini sangat pas dinikmati untuk makan siang atau malam. Bersiap untuk berkeringat atau menangis karena level pedasnya, ya!

8. Makanan khas Mandalika  – Babalung

Babalung kurang lebih mirip dengan sop iga sapi di pulau Jawa. Yang membedakan adalah kuahnya yang memiliki kekayaan rasa karena perpaduan rempah-rempah lokal. Kamu juga bisa berburu kuliner babalung otentik, yang menawarkan daging kuda atau kerbau sebagai bahan dasarnya.

9. Poteng Jaje Tujak

Image credit: @hananyusron

Ingin camilan khas Mandalika, poteng jaje tujak adalah jawabannya. Seperti tape uli dari Jawa Barat, poteng jaje tujak merupakan olahan tape ketan, yang paling enak dinikmati dengan kue ketan. Untuk mendampingi makanan ini, kamu juga harus menikmati iwel, camilan yang juga terbuat dari ketan dengan isian gula di dalamnya. Dijamin nggak akan nolak kelezatannya, deh!

10. Makanan khas Mandalika – Soto Mandalika

Tidak hanya di Jawa, Mandalika juga memiliki sajian soto khas Indonesia. Bahan utamanya adalah ketupat, taoge, bihun, daun bawang, kacang, telur, bawang goreng dan pastinya, kuah soto berwarna cokelat kehijauan, yang menghadirkan rasa asin, manis, pedas, asam dan gurih. Soto Mandalika dijamin menghadirkan rasa yang berbeda dibanding soto lainnya yang ada di Indonesia. Tidak percaya? Silahkan langsung coba!

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Mandalika Yang Bisa Dibawa Pulang Jadi Souvenir Unik

Nah, semakin penasaran dengan kuliner dan makanan khas Mandalika, bukan? Jangan sampai tidak mencoba semua kuliner tersebut saat liburan ke Lombok, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru