Makanan Khas Minang Dengan Cita Rasa Khas Dan Pastinya Maknyus!

Minangkabau atau yang biasa disingkat menjadi Minang, adalah etnik yang ada di Pulau Sumatra. Bila kamu berlibur ke pulau ini, maka yang akan tertangkap oleh matamu adalah keelokan pemandangannya. Namun tidak hanya mata, lidahmu juga akan digoyang dengan makanan khas Minang.

Makanan khas Minang terkenal dengan rasa yang berbumbu dan kuat, yang menjadi kunci kelezatannya. Kenikmatan rasanya akan terkenang dan bisa membuatmu ketagihan. Di sini, TripZilla Indonesia merekomendasikan berbagai makanan khas Minang yang wajib dicoba dan juga tempat untuk menyantapnya. Catat, ya!

1. Rendang yang menggugah selera di setiap gigitan

makanan khas minang
Image credit: Restoran Selamat Padang

Rendang menjadi makanan khas Minang yang mudah dikenali. Dimasak dalam waktu yang lama menjadikan bumbu meresap sempurna ke dalam setiap potong dagingnya. Biasanya rendang dibuat dari daging sapi, namun ada pula yang terbuat dari daging ayam, ikan, cumi-cumi dan telur. Asyiknya lagi, selain lezat rendang juga praktis untuk dijadikan bekal karena tahan lama. Restoran Selamat adalah salah satu tempat yang dapat disambangi untuk mencicipi rasa rendang yang sulit dilupakan ini.

Lokasi: Jl. Pasar Raya No.7, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 120,000 IDR (500 gram)

2. Gulai ikan masin, makanan khas Minang yang nikmat disantap setiap saat

Image credit: Restoran Selamat Padang

Gulai ikan masin biasa disajikan di dalam acara khusus semisal pernikahan. Banyak jenis ikan yang dapat digunakan seperti ikan mas, ikan tongkol atau ikan tenggiri. Potongan besar daging ikan disiram dengan kuah berwarna kuning yang penuh bumbu, tentu sulit untuk ditolak bukan? Kalau kamu penggemar hidangan berbahan ikan, maka berkunjunglah ke Restoran Selamat untuk memesan seporsi gulai ikan masin yang maknyus. 

Lokasi: Jl. Pasar Raya No.7, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 20.00 WIB:
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

3. Gulai banak, legitnya berbeda dengan gulai lainnya

makanan khas minang
Image credit: @dispar.sumbar

Gulai banak menjanjikan rasa legit yang menggoda karena gulai ini berbahan dasar otak sapi. Otak sapi dengan tekstur yang lembut akan berpadu sempurna dengan siraman kuah gulai yang terasa pedas. Tidak perlu khawatir akan mencium aroma yang aneh karena otak sapi telah diolah dengan bumbu seperti asam kandis sehingga terasa segar. Disantap dengan sepiring nasi panas, gulai banak akan membuat perutmu puas. Datang saja ke RM Lamun Ombak Pasar Usang untuk mencicipi nikmatnya gulai banak.

Lokasi: Pasar Usang, Jl. Raya Padang – Bukittinggi No.Km. 24, Sungai Buluh, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

4. Dendeng batokok, sepotong bisa jadi tidak cukup

Image credit: Dendeng Batokok 1965

Dendeng memang enak, apalagi dendeng batokok khas Minang ini. Dibuat dari daging sapi, nama batokok berasal dari kata tokok yang bermakna dipukul. Memang untuk membuatnya, daging sapi akan dipukul-pukul sebelum digoreng atau dibakar. Disajikan dengan sambal, maka lengkaplah kelezatan dendeng batokok. Salah satu tempat terkenal untuk membeli makanan khas ini adalah Dendeng Batokok 1965. Dijamin tidak mengecewakan!

Lokasi: Muaro Kalaban, Silungkang, Kota Sawah Lunto, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

5. Sate Padang, sate dan bumbunya sama-sama sedap

makanan khas minang
Image credit: @bukittinggitourism

Terdengar biasa, tapi sate Padang adalah hidangan yang tidak biasa. Melihat bumbunya saja, kamu akan tahu bahwa sate padang punya rasa yang tidak sama dengan sate lainnya. Daging yang digunakan adalah daging sapi dan juga jeroan sapi. Kamu bisa memilih ingin sate daging, ampela atau lidah dan semuanya diolah hingga menghasilkan setusuk sate nan sedap. Tidak hanya itu, kuah satenya dibuat dengan berbagai rempah dan menambah citarasa yang khas. Sate Manang Kabau merupakan salah satu tempat yang bisa dituju kalau sate padang adalah pilihanmu untuk mengisi perut.

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman No.15B, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Senin – Selasa dan Kamis – Minggu pukul 07.00 WIB – 22.45 WIB, Rabu pukul 12.00 WIB – 22.45 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

6. Soto Padang, segarnya kuah dengan aneka isi yang menggiurkan

Image credit: @masdianto17 

Soto Padang menjadi menu lain yang wajib dicoba. Jangan tertipu dengan kuahnya yang tampak bening karena di dalamnya sudah teracik aneka bumbu yang menggoyang lidah. Pada semangkuk soto padang terdapat potongan paru goreng, daging sapi, kentang, bihun dan tidak lupa kerupuk merah. Kamu bisa merasakan kombinasi aneka tekstur dan rasa dalam setiap suapan soto. Tempat yang terkenal dengan sajian soto padangnya adalah Soto Garuda, jadi rasanya tidak perlu diragukan lagi!

Lokasi: Jl. S. Parman No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Senin – Kamis dan Sabtu – Minggu, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

7. Nasi kapau, sepiring nasi dengan deretan lauk yang membuat kalap

Image credit: @awanderfultrip

Nasi kapau berbeda dengan nasi padang biasa. Salah satu perbedaannya ada pada ragam lauk-pauk nasi kapau yang tidak dijumpai pada hidangan nasi padang. Kamu akan dibuat kalap dan lapar mata dengan deretan masakan gulai tambusu, gulai ikan bertelur, sayur kapau dan rendang daka-daka yang biasa tersaji sebagai pendamping nasi. Bisa jadi kamu akan makan lebih banyak dari rencana berkat kelezatan lauk-pauknya. Berkunjunglah ke Pasar Aur Kuning untuk menemukan deretan tempat makan nasi kapau di sana. Nikmat!

Lokasi: Aur Kuning No. 2, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Pangek ikan, makanan khas Minang yang kuahnya bikin lupa berhenti makan

makanan khas minang
Image credit: Rumah Makan Rahmi

Hidangan pangek ikan akan menjadi pengisi perut yang mantap. Ikan diolah dengan kuah yang bikin ketagihan karena rasa asam dan pedas yang menggugah selera. Biasanya ikan yang dimasak adalah ikan laut. Datang saja ke Rumah Makan Rahmi yang punya hidangan pangek ikan dengan rasa istimewa. Bayangkan daging ikan yang lembut dengan tambahan kuah kental, pesan seporsi pun bisa jadi nambah lagi!

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Ngalau, Kec. Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

9. Sate lokan, kenyalnya tidak ada duanya

makanan khas minang
Image credit: @budibayras_atom

Sate lokan akan menghadirkan rasa kenyal dan legit di mulutmu. Tidak heran, karena sate lokan sebenarnya adalah sate kerang hijau khas Minang. Seperti halnya kuliner Minang lain, sate lokan juga tidak luput dari penggunaan rempah yang kaya. Jadi kamu bisa mengharapkan rasa bumbu yang nendang dalam setiap kunyahan kerang. Kuah sate pun punya rasa yang mantap karena terbuat dari air rebusan kerang yang ditambah dengan tepung beras dan bumbu. Supaya tidak penasaran, cicipi hidangan ini di Sate Lokan Restu Illahi, yummy!

Lokasi: Jl. Ketaping, Katapiang, Kec. Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

10. Cancang, cincangan nikmat yang banyak penggemarnya

makanan khas minang
Image credit: @numpangsaveresep.id

Cancang alias gulai cancang menjadi hidangan khas Minang yang banyak disukai orang. Kolesterol tinggi pun tidak jadi masalah karena rasanya yang sedap. Cancang berarti cincang dan isinya memang terdiri dari daging cincang dan jeroan. Dimasak dalam waktu lama hingga kuahnya mengental, cancang menciptakan rasa yang bikin air liurmu terbit. RM Lamun Ombak Ulak Karang bisa menjadi persinggahan yang tepat untuk menyantap cancang ini.

Lokasi: Jl. S. Parman No.232A, Ulak Karang Utara, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 32,000 IDR

11. Itiak lado mudo, makanan khas Minang dengan daging bebek dan bumbu melimpah

Image credit: @padangculiner

Tidak afdol jika kamu tidak mencicipi juga olahan daging bebek atau itik khas Minang. Itiak lado mudo jadi menu jagoan berkat bumbu-bumbu yang melimpah dan akan membuat mulutmu dipenuhi rasa pedas. Daging bebek yang dipilih dengan tepat menjadikan hidangan ini bertekstur lembut dan nikmat dikunyah bersama nasi putih. Lado mudo sendiri adalah cabai hijau yang membuat hidangan ini berwarna kehijauan. Kunjungi Itiak Lado Mudo Ngarai, tempat makan yang menyajikan masakan ini sebagai hidangan unggulannya.

Lokasi: Jl. Binuang No.41, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

12. Gulai gajebo, sepiring gulai yang akan menerbangkan lidahmu ke awang-awang

Image credit: @farahdiana02 

Gulai gajebo atau gajeboh menjadi makanan khas Minang yang tidak kalah menarik. Satu lagi hidangan berbahan daging sapi, bedanya gulai ini memakai daging dari bagian punuk yang memiliki lemak tebal. Tidak heran kalau kamu akan merasakan tekstur empuk dan lumer kala menyantap gulai gajebo. Kalau lemaknya semakin banyak dibandingkan daging, maka rasa gulai gajebo akan makin gurih. Berkunjunglah ke berbagai warung nasi kapau di Pasar Aur Kuning untuk mencicipi rasa mantap dari gulai gajebo.

Lokasi: Aur Kuning No. 2, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 23,000 IDR

13. Asam padeh, makanan khas Minang pedas dan asam yang meriah di lidah

makanan khas minang
Image credit: @nglaisui

Asam padeh, namanya menggambarkan rasa kuahnya yang dominan pedas dan asam. Untuk dagingnya, asam padeh bisa memakai bahan cumi-cumi, ikan kakap, ikan gurame atau ikan tongkol. Kaya dengan protein dan rasa yang enak, membuat asam padeh jadi menu yang mudah digemari banyak orang. Jangan ketinggalan mencicipi asam padeh khas Minang ya! Masukkan RM Lamun Ombak Pasar Usang ke dalam bucket list untuk menyantap asam padeh nan nikmat.

Lokasi: Pasar Usang, Jl. Raya Padang – Bukittinggi No.Km. 24, Sungai Buluh, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 27,000 IDR

14. Lamang tapai, makanan khas Minang yang legit, pembuat kenangan manis

Image credit: Usaha Keluarga Lamang Tapai

Untuk hidangan penutup setelah menyantap makanan khas Minang yang gurih, kamu bisa mencoba lamang tapai. Lamang yang dibuat dari beras ketan putih akan memberi rasa yang legit dan gurih. Ditambah dengan tapai dari fermentasi ketan merah sebagai topping, menciptakan kombinasi rasa yang mantap. Berkat proses fermentasi, tapai pun akan menimbulkan rasa hangat di tubuh. Makin nikmat rasanya jika disantap di malam hari. Segera beli lamang tapai untukmu di Usaha Keluarga Lamang Tapai yang memang spesialis dalam membuat lamang tapai.

Lokasi: Jl. Padang Pasir XI No.7, Padang Pasir, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatra Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

Baca juga: Tempat Makan Di Padang Dengan Pemandangan Menarik Untuk Wisata Kuliner

Makanan khas Minang juga sudah bisa kamu temukan di luar Pulau Sumatra, tapi tentunya harus memilih dengan cermat untuk mendapatkan tempat makan yang otentik. Jadi jika berlibur ke Pulau Sumatra, jangan lewatkan kesempatan untuk menyantapnya ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru