Makanan Khas Pacitan, 13 Kuliner Yang Tidak Bisa Dilewatkan

Jalan-jalan keliling Pacitan tentunya belum afdol kalau kamu tidak mencicipi makanan khasnya juga. Pacitan punya makanan khas yang unik, yang sekilas terlihat mirip dengan kuliner di kota lain namun citarasanya berbeda saat dicicipi. Selain menggoda, harganya juga murah meriah sehingga kantongmu tidak akan jebol meskipun menyantapnya berulang kali.

Beberapa jenis makanan dapat dengan mudah kamu temukan di sekitar lokasi wisata seperti pantai atau pasar tradisional. Harganya juga seringkali bervariasi tergantung isian yang kamu pilih tapi dijamin tetap murah meriah.  Penasaran? Cek rekomendasi TripZilla di bawah ini untuk wisata kuliner di Pacitan yang menggugah selera!

1. Soto Pacitan, soto ayamnya orang Pacitan

makanan khas pacitan
Image credit: @omlulus 

Siapa yang tidak suka dengan olahan daging ayam? Ditambah dengan kuah yang menyegarkan, tidak heran kalau soto ayam jadi menu favorit banyak orang. Di Pacitan, sotonya disebut soto Pacitan dan memiliki kekhasannya sendiri. Menggunakan bahan daging ayam kampung ditambah dengan seledri, bawang goreng serta kacang tanah goreng, rasanya lezat dan ringan. Salah satu lokasi yang terkenal dengan soto Pacitannya adalah Soto Ayam Giyem Disco yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Disantap pada siang hari, bakal menyegarkan banget nih!

Alamat: Gang Madoyo, Menadi, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 03.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

2. Sego godhong jati yang membuat nafsu makan meningkat

Image credit: @infomakanpacitan 

Dalam Bahasa Jawa, sego berarti nasi dan godhong jati berarti daun jati. Penampakannya sesuai namanya, nasi yang dibungkus dengan daun jati. Saat dibuka, kamu bisa melihat nasi dengan beraneka lauk pauk seperti peyek teri, bakwan, telur, tahu atau tempe. Nasi yang bersahaja ini biasanya dijual di rumah warga pada pagi hari karena lazim dikonsumsi untuk sarapan. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sego godhong jati ini adalah rumah Mak Maryani di desa Semanten. Banyak-banyaklah bertanya ke penduduk sekitar agar kamu dapat menemukan hidden gem ini ya!

Alamat: Desa Semanten, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 12.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

3. Sayur kalakan, lauk dari olahan ikan yang menggoda

makanan khas pacitan
Image credit: @anisyahkh 

Kamu penggemar hidangan laut? Maka semangkuk sayur kalakan yang dipadu dengan nasi panas ini pasti akan menggugah selera makanmu! Tidak hanya berisi sayur, menu ini punya bahan utama daging ikan kelong alias hiu yang diasap dan diguyur kuah santan pedas. Selain ikan kelong, bisa juga digunakan ikan tuna yang kemudian ditusuk seperti sate. Kebanyakan sayur kalakan dijual di sekitar pantai Pacitan atau bisa juga kamu temukan di Warung Mbak Wiwit di desa Semanten dengan harga terjangkau.

Alamat: Jl. Tentara Pelajar Ngawen 1, Semanten, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

4. Kupat tahu Pacitan, rasanya lain dari yang lain

makanan khas pacitan
Image credit: @pasarminulyo_pacitan 

Sering makan kupat tahu? Meski kupat tahu terdengar mainstream, tapi saat ke Pacitan, kamu harus mencoba kupat tahu khas kota ini. Sama-sama dibuat menggunakan tahu, menu kupat tahu di Pacitan menggunakan kuah kecap kental, gula jawa dan air bawang putih. Kamu akan merasakan perpaduan rasa manis dan gurih yang berbeda dari kupat tahu di kota lainnya. Isian yang terdiri dari tahu, kupat, tauge dan kol membuat kuliner ini menjadi menu makan yang mengenyangkan dan bergizi. Kupat tahu dapat kamu beli di pasar-pasar tradisional, salah satunya adalah Pasar Minulyo.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 39A, Purwoharjo, Baleharjo, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 03.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

5. Nasi tiwul yang kaya rasa dan unik

makanan khas pacitan
Image credit: @the.lucky.belly  

Warung Makan Bu Gandos adalah tempat yang dapat kamu tuju untuk berburu menu nasi tiwul ini. Berbahan dasar gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan, tiwul diolah sehingga berwujud nasi. Warnanya kecoklatan, tidak seperti nasi putih yang biasa kamu makan. Kamu dapat memilih beragam lauk untuk seperti gulai ikan atau sate tuna agar nasi tiwul semakin nikmat. Meskipun duduk lesehan, kamu tidak akan merasa pegal karena sibuk menyantap berbagai hidangan yang disajikan!

Alamat: Jl. Raya Tompak Rinjing, Sidoharjo, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

6. Arak keling yang renyahnya membuat ketagihan

Image credit: @aprilliasajalah 

Yang disebut arak keling ini sebenarnya cemilan yang terbuat dari tepung tapioka, punya rasa gurih dan tekstur renyah yang bikin susah berhenti makan. Berbentuk seperti angka delapan, ada dua pilihan rasa dari arak keling yaitu manis dan gurih. Untuk rasa manis diperoleh dari  gula dan vanili sedangkan rasa gurih dari bawang dan kemiri. Dikemas dalam plastik, arak keling mudah dijumpai di berbagai sentra oleh-oleh di Pacitan misalnya Pusat Oleh-oleh Unique. Makanan ini asyik untuk menemani perjalananmu keliling Pacitan atau untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Alamat: Jl. Raya Punung – Goa Gong, Kec. Punung, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

7. Sego gobyos yang akan membuatmu berkeringat

makanan khas pacitan
Image credit: @the.lucky.belly

Sego gobyos adalah menu yang pas untuk penggemar rasa pedas atau untuk kamu yang gemar tantangan. Penyebabnya adalah, sego gobyos ini punya lauk pauk dengan rasa yang sangat pedas. Warung Makan Sederhana Sego Gobyos Mbah Tugi bisa kamu sambangi untuk mencicipi nasi gobyos yang maknyus. Menu ini biasa disantap pada malam hari dan bisa dibayangkan rasanya menikmati pedas di mulut sambil ditiup angin malam yang semilir.  Seru!

Alamat: Jl. Ahmad Yani Jembatan Penceng, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 04.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

8. Tahu tuna yang enak disantap untuk cemilan atau lauk

Image credit: Dewa Ruci Frozen Food

Tahu adalah makanan yang bergizi dan enak, apalagi jika dicampur dengan daging ikan tuna di dalamnya. Tahu tuna adalah makanan khas Pacitan dan salah satu merek yang terkenal yaitu Dewa Ruci. Kamu bisa membelinya dalam bentuk makanan beku dan tinggal digoreng jika ingin menyantapnya. Harganya terjangkau dengan rasa yang enak, cocok untuk dikonsumsi saat istirahat sore atau saat makan bersama sepiring nasi panas.

Alamat: Desa Dembo, Ngadirojo, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

9. Otak-otak tuna yang tidak kalah nikmatnya

Image credit: Dewa Ruci Frozen Food

Satu lagi makanan khas yang cukup terkenal di Pacitan adalah otak-otak tuna. Kamu dapat membelinya juga di toko Dewa Ruci dalam bentuk makanan beku yang praktis. Ikan tuna segar yang digunakan untuk bahan baku juga menambah kadar gizi dalam menu otak-otak ini. Selain otak-otak, ada pula produk olahan tuna lainnya seperti risoles tuna, kaki naga tuna, sempolan tuna hingga keripik tuna. Bikin penasaran kan?

Alamat: Desa Dembo, Ngadirojo, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

10. Sale pisang anggur yang unik

Image credit: @infomakanpacitan

Mungkin kamu sudah pernah mendengar dan mencoba sale pisang. Tapi produk sale pisang dari Pacitan ini tampak berbeda karena digulung hingga bulat dan dibungkus hingga menyerupai buah anggur. Bahan bakunya adalah pisang awak yang dikeringkan sehingga awet. Nikmatnya sale pisang ini akan makin terasa jika makin lama disimpan dan kamu dapat menyimpannya hingga sekitar lima bulan. Karena praktis dan menarik, sale pisang ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Datang saja ke Pusat Oleh-oleh Unique untuk membelinya ya!

Alamat: Jl. Raya Punung – Goa Gong, Kec. Punung, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 4,500 IDR

11. Punten yang jadi menu sarapan favorit

Image credit: @infomakanpacitan

Punten yang terbuat dari beras ini sekilas tampak seperti lontong namun dengan tekstur yang lebih halus. Di Pacitan, kamu dapat menemukan makanan khas ini sebagai alternatif menu sarapan. Punten umumnya disajikan bersama pecel dan sambal untuk menambah citarasa dan tentunya kaya dengan nutrisi. Karena lazimnya disantap untuk sarapan, maka punten dijual hanya pada pagi hari dan salah satu lokasi untuk menemukan pedagang punten adalah di Pasar Sundeng. Jadi kalau bosan sarapan dengan nasi, coba saja makan punten saat berada di Pacitan!

Alamat: Jl. Pasar Sundeng, Bangunsari, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 09.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

12. Cenil yang manis dan legit di mulut

makanan khas pacitan
Image credit: @aan_ak 

Cenil adalah penganan yang banyak tersebar di seantero Pulau Jawa. Namun kekhasan cenil dari Pacitan ini adalah dilumuri dengan air gula jawa sehingga rasa manis akan tercecap di lidahmu. Siapa yang tahan melihat bola-bola kenyal berwarna-warni dari ketela pohon yang lembut dan manis ini? Pada masa lalu, cenil dikonsumsi sebagai pengganti beras karena pernah terjadi kelangkaan beras di Pacitan. Kamu dapat berjalan ke Pasar Minulyo untuk menikmati seporsi cenil yang nikmat ini.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 39A, Purwoharjo, Baleharjo, Pacitan
Jam Buka: Setiap hari, 03.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

13. Kolong klithik yang membuat waktu santaimu lebih semarak

Image credit: @gusstrav 

Cemilan renyah berbentuk huruf O ini digemari karena kerenyahan dan rasa gurihnya. Memang sulit untuk tidak menyukai makanan seperti ini! Kolong klithik dibuat dari olahan ketela yang diolah dengan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih dan ketumbar. Selain enak, penganan ini juga mudah ditemukan di pasar tradisional dan pusat oleh-oleh. Salah satu tempat yang menjual kolong klithik adalah Pusat Oleh-oleh Pacitan Putra Samudra yang lengkap banget. Jangan lupa membeli untuk buah tangan agar keluargamu juga bisa menikmati kelezatannya ya!

Alamat: Jl. Pacitan – Solo, Margorejo, Punung, Pacitan
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 07.30 WIB – 20.30 WIB, Sabtu – Minggu pukul 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

Baca juga: Goa Di Pacitan Yang Menawan Dan Menantang Untuk Dijelajahi

Selain wisata alam, kamu juga bisa berwisata kuliner di Pacitan. Makanan khas Pacitan memiliki kekhasan tersendiri dan sayang untuk dilewatkan saat kamu berada di kota ini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru