Bertualang Rasa Dengan Aneka Makanan Khas Riau Yang Kaya Rasa Dan Istimewa

Pernahkah terlintas di benakmu untuk berwisata kuliner ke Riau? Di Riau, salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah mencoba beragam makanan khas. Sesuai dengan pakemnya sebagai makanan khas, banyak jenis makanan yang jarang ada di tempat lain. Bila kamu belum ada rencana untuk liburan, maka masukkan Riau ke dalam agendamu. Lalu cek rekomendasi TripZilla Indonesia untuk makanan khas Riau yang menggoyang lidah di bawah ini!

1. Mie sagu yang lembut

Makanan khas Riau
Image credit: Mie Sagu Bu Tuti

Makanan khas pertama yang bisa membuat perutmu keroncongan adalah mie sagu. Masyarakat Riau banyak mengkonsumsi sagu yang diolah menjadi berbagai menu salah satunya adalah mie sagu. Mie Sagu Bu Tuti adalah salah satu lokasi yang kondang dengan hidangan mie sagunya. Kamu dapat memilih untuk makan mie sagu kering, mie sagu lembab atau mie sagu kuah. Masing-masing racikan mie sagu ini akan menciptakan sensasi yang berbeda saat disantap, yang jelas semuanya sedap!

Lokasi: Jl. Ronggo Warsito, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari. 15,000 IDR

2. Miso khas Riau, kombinasi isian dan bumbu yang sedap

Image credit: @mehmakanterus

Riau pun populer dengan makanan bernama miso. Miso sendiri berbahan baku mie kuning, mie putih dan ditambah dengan aneka rempah seperti kayu manis, kapulaga hingga cengkeh. Menarik bukan? Isian miso adalah tahu, tauge, suwiran daging ayam dan kamu juga bisa menambahkan isian lain seperti bakso. Di Miso Rempah Rajawali, kamu bisa menyantap miso dengan kuah penuh bumbu yang bikin ngiler ini. Ada miso ati ampela, miso bakso atau miso komplit yang akan mengenyangkan perutmu.

Lokasi: Jl. Rajawali No.42a, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Senin – Sabtu, 12.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,500 IDR

3. Lopek bugi, makanan khas Riau nikmat dibungkus daun segar

Image credit: Lepat Bugi Bu Elis

Lopek bugi atau lepat bugi merupakan makanan khas yang bisa jadi kudapan ketika  kamu berada di Riau. Berukuran kecil dan dibungkus daun pisang, lopek bugi berisi olahan dari tepung beras ketan yang padat. Di dalamnya diisi dengan inti yang dibuat dari campuran kelapa parut dan gula pasir. Tentunya ketan yang legit berpadu dengan isian gurih dan manis akan menjadi teman yang sedap di kala pagi atau sore hari. Ingin menikmatinya? Lepat Bugi Bu Elis dapat mengobati rasa penasaranmu, kunjungi ketika kamu ada di Riau!

Lokasi: Jl. Raya Pekanbaru Bangkinang Km. 34, Bangkinang, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

4. Bolu kembojo, bolu hangat nan wangi

makanan khas riau
Image credit: Toko Oleh Oleh Khas Riau

Bolu Kembojo Mini Mimie tersedia dalam dua ukuran yaitu besar dan mini. Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa membeli ukuran mini, namun apakah kamu yakin tidak akan ketagihan? Sebab bolu kembojo ini disajikan segar di toko dan kehangatannya akan mengeluarkan aroma pandan yang menggoda. Asal kata kembojo adalah dari kamboja, karena bentuk bolu ini menyerupai bunga kamboja. Terlihat sederhana tapi sudah terbukti banyak penggemarnya, lho!

Lokasi: Jl. Pepaya, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

5. Roti jala, cocok disantap dengan berbagai cocolan

makanan khas riau
Image credit: @foodandmoodmalang

Tidak heran namanya adalah roti jala karena roti ini berlubang-lubang layaknya jala. Tekstur lembut dari roti yang diolah dari telur, susu dan santan ini membuatnya enak dimakan begitu saja. Namun jika ada tambahan cocolan yang nikmat, kenapa tidak? Di Riau, roti jala umumnya disantap dengan kuah durian. Kamu bisa mendapatkannya di Roti Jala Sifa Rasa Durian Khas Riau. Ada pula roti jala yang disantap dengan kuah kari, tinggal pilih kamu ingin rasa yang manis atau gurih?

Lokasi: Limbungan Baru, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

6. Satu luti gendang, bakal membuat lidah kangen dengan gurihnya

makanan khas riau
Image credit: Mie Tarempa Berkat

Makanan selingan lain yang khas di Riau adalah luti gendang. Roti yang digoreng berbentuk bulat kecil ini diisi dengan daging ikan yang terasa gurih. Pastinya dari aromanya saja, luti gendang seakan memanggil untuk dicicipi. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa membeli beberapa buah sekaligus karena satu dijamin kurang! Mampirlah ke Mie Tarempa Berkat untuk memesan luti gendang dan bahkan kamu bisa membawanya pulang untuk buah tangan.

Lokasi: Jl. Riau No.45, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari. 3,500 IDR

7. Mi tarempa, seporsi mie dengan rasa yang ramai

Image credit: Mie Tarempa Berkat

Bila kamu menyukai makanan berbumbu, maka mie tarempa bisa jadi menu yang pas. Mie dengan aneka topping mulai dari ikan tongkol, hidangan laut hingga daging sapi diolah dengan berbagai gaya. Di Mie Tarempa Berkat, kamu bisa menemukan mie tarempa rebus, mie tarempa lembab, mie tarempa kering dan mie tarempa basah. Bila suka, kamu dapat memilih mie dengan rasa pedas. Dalam mie ini, ada rasa asam dan manis yang juga akan tercecap di lidahmu. Rasanya ramai dan bisa bikin kamu makan dengan lahap!

Lokasi: Jl. Riau No.45, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,500 IDR

8. Cincalok, makanan khas Riau yang unik dan menantang

Image credit: @lennyfbi 

Cincalok adalah makanan khas Riau yang unik dan perlu kamu coba. Warnanya terlihat merah muda karena cincalok dibuat dari udang rebon yang diawetkan dengan garam selama beberapa hari. Menarik bukan? Setelah jadi, cincalok pun nikmat disantap dan bisa dimakan sebagai pendamping lauk. Salah satu tempat untuk membeli cincalok adalah Toko Wan Hua dan kamu bisa menyantapnya tanpa perlu repot-repot meracik sendiri!

Lokasi: Pasar Mitra Raya Blok. C No.3, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

9. Ikan selais, makanan khas yang mudah ditemukan di Riau

Ikan selais merupakan ikan khas dari Riau, dan kamu perlu memasukkan menu ikan selais ke dalam agenda wisata kulinermu. Ikan selais yang bisa kamu temukan di seantero Riau adalah ikan selais asap. Namun ada pula jenis olahan lainnya dan salah satu tempat untuk menyantapnya adalah di Rumah Makan Pondok Ikan Selais. Hidangan dari ikan endemik ini jarang ditemukan di daerah lain, jadi jangan terlewat untuk mencobanya ketika kamu berada di Riau ya!

Lokasi: Jl. Tuanku Tambusai No.135, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 45,000 IDR

10. Sop tunjang, kenyal dan legit yang terasa dalam kuah nan segar

Image credit: @pekanbarukuliner

Sop tunjang berbahan utama kaki sapi dan dimasak dalam waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi lembut dan legit. Disiram dengan kuah berempah yang antara lain menggunakan cengkeh dan kayu manis, menjadikan rasa sop semakin membekas di lidah. Sop Tunjang Pertama adalah tempat makan sop tunjang yang tersohor dan menjanjikan cita rasa sop yang lezat. Tambahkan juga sambal hijaunya yang akan menambahkan kesegaran di dalam setiap suapan!

Lokasi: Gg. Sumo No.8D, Tampan, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

11. Sate rusa, makanan khas Riau yang tidak biasa

Image credit: @rengatoke

Makan dengan lauk sate ayam atau sate kambing itu sudah biasa. Tapi menyantapnya dengan sate rusa, itu baru tidak biasa. Makanan khas Riau ini mudah ditemukan, salah satunya di tempat makan Sate Rusa Lirik. Menu sate rusa dengan daging yang lembut bisa disantap di sini. Makan sate rusa dengan seporsi nasi panas dapat menjadi menu makan malam yang menarik di Riau.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatra, Lirik Area, Kec. Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 24,000 IDR

12. Sempolet, makanan khas Riau dari bahan siput yang menggoda

Image credit: Roemah Miso & Misagu Bengkalis

Makanan khas yang berbahan baku siput ini dinamakan sempolet. Kuahnya kental dan dibuat dari tepung sagu, menjadikan sempolet ini bukan seperti sup biasa. Sempolet juga sehat karena berisi banyak sayuran seperti kangkung, pakis dan daun melinjo. Tidak sabar untuk merasakannya? Datanglah ke Roemah Miso & Misagu Bengkalis untuk mengisi perutmu dengan sempolet yang mengesankan ini!

Lokasi: Jl. Teratai Atas No. 202A, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Buka: Setiap hari,  07.30 WIB – 19.30 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

Baca juga: 9 Makanan Khas Batam Dan Tempat Terbaik Untuk Mencobanya

Keberagaman makanan khas Riau membuat wisata kulinermu menjadi seru dan menyenangkan. Tidak perlu takut untuk mencoba makanan yang baru ya, siapa tahu kamu akan dibuat kangen setelah meninggalkan Riau!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru