Traveler Wajib Tahu, Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor Mulai November 2020

Jalan Malioboro identik sebagai salah satu destinasi wisata ngehits di Kota Yogyakarta. Selain itu, jalan tersebut juga menjadi jalanan yang dikenal padat dan rawan kemacetan, terutama di musim libur nasional. Nah, mulai November 2020, anggapan tersebut mulai diubah setelah otoritas pemerintah setempat menjadikan Malioboro sebagai kawasan bebas kendaraan bermotor.

Diungkapkan Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Malioboro menjadi salah satu kawasan yang mendapat perhatian khusus karena sedang diajukan sebagai bagian dari world heritage UNESCO dan penataan serta pengaturan ini menjadi salah satu poin penting yang harus dilakukan.

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemda DIY juga sudah melakukan sosialisasi dan koordinasi hingga level kecamatan, kelurahan bahkan di level komunitas untuk mensukseskan rencana menjadikan kawasan Malioboro bebas kendaraan bermotor sepenuhnya dan menjadi pedestrian zone.

Untuk itu, Dinas Perhubungan DIY akan melakukan uji coba penutupan Jalan Malioboro mulai 3 November 2020 hingga dua pekan ke depan. Khusus untuk uji coba hari pertama, penutupan akan dimulai pukul 11.00 hingga 22.00 dan selanjutnya akan dimulai pukul 6.00 hingga 22.00 WIB.

Namun Malioboro tidak sepenuhnya steril dari kendaraan bermotor. Ni Made mengungkapkan kendaraan seperti bus trans Jogja, mobil dinas kepolisian, layanan kesehatan, pemadam kebakaran dan kendaraan patroli masih bisa melintas di Jalan Malioboro.

Adapun Jalan Malioboro merupakan satu kawasan jalan dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta, yang terbagi menjadi tiga jalan utama, yaitu Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo dengan panjang kurang lebih dua kilometer.

Banyak destinasi wisata yang bisa dijumpai di sekitar jalan paling terkenal di Kota Jogja ini, termasuk Tugu Jogja dan Titik Nol Kilometer. Salah satu aktivitas wisata yang paling banyak dilakukan di Malioboro adalah dengan belanja oleh-oleh, karena ada banyak destinasi yang bisa dituju, mulai Pasar Beringharjo, Mirota Batik dan juga banyak pedagang kaki lima di sepanjang Malioboro yang bisa disinggahi.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Kuliner Di Malioboro Yang Menggoyang Lidah Dan Murah

Apakah kamu antusias dengan diberlakukannya pedestrian zone di Jalan Malioboro? Sampaikan pendapat kamu dengan mengisi kolom komentar di akun sosial media Tripzilla Indonesia.

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru