Jepang Kurangi Masa Karantina Traveler Sudah Divaksin Jadi Tiga Hari

Jepang mulai lebih luwes dalam menerapkan pembatasan masuknya wisatawan asing dari luar negeri. Seperti dilaporkan The Japan Times, pemerintah Jepang berencana untuk mengurangi masa karantina bagi traveler yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap, dari yang sebelumnya sepuluh hari menjadi tiga hari.

Namun, seperti dikabarkan Nikkei, aturan pengurangan masa karantina bagi traveler yang masuk ke Jepang tidak berlaku untuk turis, mengingat otoritas setempat masih melakukan pembatasan ketat perjalanan dengan kepentingan wisata.

Kebijakan ini akan berlaku untuk traveler yang melakukan perjalanan untuk kepentingan bisnis, warga negara Jepang yang kembali dari perjalanan luar negeri dan pelajar atau mahasiswa luar negeri yang mengambil studi di Jepang.

Khusus untuk traveler yang melakukan perjalanan bisnis karena mendapat undangan dari perusahaan atau organisasi di Jepang, perusahaan atau organisasi tersebut diminta untuk bertanggung jawab atas semua aktivitas yang dilakukan.

Aturan pemangkasan masa karantina menjadi tiga hari ini sendiri kabarnya akan mulai berlaku efektif pada Senin, 8 November mendatang.

Perubahan kebijakan ini diharapkan bisa meningkatkan laju perekonomian Jepang, yang melambat sejak pandemi Covid-19 dimulai. Pemerintah juga akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kebijakan tersebut, terutama jika ada peningkatan jumlah kasus di wilayahnya.

“Kunci dari manajemen krisis adalah memprediksi hal terburuk. Jika kami melihat situasinya memburuk, kami harus bergerak cepat terkait pembatasan masuknya warga asing,” ungkap Kepala Sekretaris Kabinet, Hikorazu Matsuno, seperti dikutip The Japan Times.

Saat ini, pemerintah Jepang masih menerapkan aturan kewajiban karantina selama sepuluh hari bagi traveler yang sudah divaksin, dan 14 hari di fasilitas khusus yang sudah ditetapkan untuk traveler yang belum divaksin.

Baca juga: Jepang Perpendek Masa Karantina Untuk Traveler Yang Sudah Divaksin

Semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa jauh lebih mudah jalan-jalan dan liburan ke Jepang, ya!

 


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Preview image credit: Erik Eastman | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru