Cara Mencegah Dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Sudah sejauh mana keberhasilan kamu menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini? Kira-kira, apa yang menjadi kendala utama kamu berpuasa? Well, mungkin setiap orang memiliki kendalanya sendiri, dan tidak sedikit yang mengeluhkan dengan bau mulut saat puasa. Untungnya, ada banyak cara mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa.

Bagi yang ingin tahu cara mencegah dan menghindari bau mulut saat menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya mengikuti tips dan cara yang sudah dikumpulkan Tripzilla Indonesia dari berbagai sumber ini. Tidak lain dan tidak bukan, agar puasa kamu lancar hingga akhir Ramadhan nanti. Yuk, tengok tipsnya!

Penyebab bau mulut

Sebelum sampai pada tips dan cara mencegah atau menghilangkan bau mulut, tidak ada salahnya mengetahui apa yang menjadi sebab terjadinya hal tersebut.

Bagi yang belum tahu, bau mulut terjadi ketika seseorang menghasilkan aroma nafas tidak sedap, yang didapat dari fermentasi anaerobik partikel makanan. Fermentasi tersebut dilakukan oleh bakteri gram negatif, di antaranya Streptococcus mutans, stapilococcus, pseudomonas dan E.coli di dalam mulut, yang kemudian menghasilkan senyawa belerang.

Selain karena fermentasi anaerobik partikel makanan, bau mulut terjadi karena faktor lainnya, seperti kebersihan mulut yang tidak terjaga, kondisi kesehatan yang menurun serta gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Ada hal lain yang juga bisa memengaruhi munculnya bau mulut. Saat puasa, bau mulut terjadi karena kondisi mulut yang kering tanpa asupan air. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pengunaan masker dalam jangka waktu tertentu juga bisa membuat mulut kering.

Kondisi mulut yang kering membuat produksi air liur yang bertugas menetralkan asam di mulut juga ikut berkurang. Alhasil, kadar keasaman rongga mulut jadi tidak seimbang, yang membuat bakteri lebih berpeluang berkembang di dalam mulut dan pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Jika sudah tahu apa yang bisa menyebabkan bau mulut, kamu juga harus tahu apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Namun saat puasa, ada sejumlah cara yang harus dilakukan secara hati-hati agar tidak membatalkan ibadah kamu.

Di bawah ini adalah sejumlah cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa, yaitu:

  • Menyikat gigi. Cara ini menjadi langkah paling mudah untuk dilakukan guna menghilangkan bau mulut saat puasa. Adapun waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah berbuka puasa dan makan malam, sebelum tidur dan setelah makan sahur. Teknik menyikat gigi dengan benar juga harus diadopsi untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, gunakan pasta gigi yang bersifat antibakteri.
Image credit: Olya Adamovich
  • Berkumur dengan mouthwash. Mouthwash juga efektif melawan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air garam untuk berkumur sebagai mouthwash alami.
  • Membersihkan lidah. Membersihkan lidah menjadi salah satu aktivitas yang jarang dilakukan sebagian besar orang. Padahal lidah termasuk tempat berkumpulnya bakteri di dalam mulut. Pastikan membersihkan lidah dengan alat yang tepat dan higienis, ya!

Tips dan cara mencegah bau mulut saat puasa

Setelah tahu cara menghilangkan bau mulut, kamu juga harus tahu cara mencegah hal tersebut terjadi. Bukankah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati?

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut, antara lain:

  • Minum air secara cukup. Asupan air yang cukup akan meningkatkan produksi air liur. Namun perlu diperhatikan, konsumsilah air putih dan minimalkan mengonsumsi air yang manis atau bersoda.
  • Mengonsumsi banyak sayuran dan buah. Buah dan sayuran yang banyak mengandung air juga sangat membantu dalam meningkatkan produksi air liur.
  • Menghindari makanan berbau menyengat dan mengandung gula berlebih. Makanan yang berbau menyengat bisa “membekas” lebih lama di dalam mulut, dan hal tersebut bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Sedangkan makanan yang mengandung gula berlebih bisa menimbulkan sisa gula dalam mulut, yang bisa mempercepat pertumbuhan bakteri.
Image credit: Gary Altmann
  • Berhenti merokok. Selain tidak menyehatkan bagi paru-paru dan jantung, merokok juga bisa memicu dan meningkatkan kadar keasaman di dalam mulut, yang pada akhirnya menimbulkan bau yang kurang sedap.

Baca juga: Tak Bisa Sembarangan, Ini Tips Memesan Makanan Untuk Sahur

Sudah tahu cara yang tepat untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut, kan? Ikuti panduannya agar proses sosialisasi kamu tetap berkualitas, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru