Mendaki Ke Gunung Fuji Tidak Lagi Gratis Mulai Musim Panas 2020

Mendaki ke Gunung Fuji menjadi daya tarik tersendiri saat liburan ke Jepang, mengingat gunung setinggi 3,776 mdpl tersebut menjadi ikon tersendiri dari Negara Matahari Terbit itu. Asyiknya lagi, mendaki ke Gunung Fuji tidak dikenai biaya. Pendaki bisa memberikan sumbangan sukarela sebesar 1,000 JPY (~122,000 IDR) jika akan melakukan pendakian.

Namun, mulai musim panas 2020 mendatang, pendaki yang akan mendaki ke Gunung Fuji akan mendapatkan kewajiban membeli tiket, yang nominalnya masih dalam pembahasan sampai saat ini, demikian dilaporkan Sora News 24. Nantinya, uang dari penjualan tiket masuk tersebut akan digunakan dalam program menjaga kelestarian dan kebersihan Gunung Fuji.

Gunung Fuji merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang amat sangat dijaga kelestariannya. Gunung Fuji juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jepang, dengan setidaknya 300,000 orang mengunjungi puncaknya di setiap tahun.

Dengan banyaknya orang yang mengunjungi Gunung Fuji, risiko kerusakan dan pencemaran pun muncul. Pihak pengelola Gunung Fuji, Dewan Warisan Budaya Dunia Fujisan, menyatakan saat ini berjuang untuk mengumpulkan biaya untuk program pelestarian dan rehabilitasi wilayah di sekitar Gunung Fuji, termasuk perbaikan fasilitas yang ada, seperti toilet, pengoperasian stasiun bantuan dan pembersihan sampah.

Pihak pengelola Gunung Fuji sudah memberlakukan sistem donasi sukarela sejak 2014, di mana pendaki diminta menyumbangkan uang sebesar 1,000 JPY, tanpa ada kewajiban memberikan donasi. Meski demikian, lebih dari 50 persen pendaki bersedia untuk memberikan sumbangan dan membantu program kelestarian dan rehabilitas Gunung Fuji. Bahkan pada tahun lalu, ada kenaikan yang cukup signifikan dalam pemberian donasi, meningkat hingga lebih dari 67 persen, untuk jalur Yamanashi dan jalur Shizuoka.

Karena mempertimbangkan banyaknya orang yang masih peduli akan kelestarian Gunung Fuji, pengelola dan komite sepakat untuk mewajibkan pendaki membayar tiket untuk mendaki ke Gunung Fuji. Jika semua pihak setuju, terkait dengan rincian jumlah biaya dan metode pengumpulannya, sistem pembelian tiket ini akan secara resmi diluncurkan pada musim panas 2020.

Baca juga: Menikmati Matahari Terbit di Gunung Fuji, Puncak Tertinggi di Jepang

Rencana membebankan tiket dengan harga tertentu kepada pendaki tidak menyurutkan niat kamu untuk melihat keajaiban dari puncak Gunung Fuji, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru