Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Itu Penting Banget, Begini Cara Mudahnya!

Segala hal berbau pandemi Covid-19 sedikit banyak melelahkan hati dan pikiran, serta jiwa semua orang. Mulai dari segala pembatasan, regulasi yang ditetapkan pemerintah hingga jatuhnya korban jiwa memengaruhi kondisi mental dan emosional banyak orang. Belum lagi kondisi pekerjaan, kesehatan dan keluarga yang terpengaruh dengan situasi ini. Meski situasi yang tidak ideal di setiap lini kehidupan ini, menjaga kesehatan mental tetap harus menjadi prioritas, seperti halnya menjaga kesehatan fisik.

Tak sedikit literatur serta hasil penelitian yang menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental oleh setiap orang. Bahkan, menurut sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kondisi mental yang sehat akan sangat penting dalam menjalani setiap fase kehidupan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Karena itu, menjaga kesehatan mental menjadi hal yang penting dan wajib dilakukan, terlepas dari situasi apapun yang dihadapi, termasuk ketika pandemi seperti sekarang ini. Untuk itu, TripZilla Indonesia mengumpulkan sejumlah kiat, cara dan teknik untuk bisa menjaga kesehatan mental selama pandemi, dan mungkin setelahnya.

1. Berikan penghargaan untuk diri sendiri

Penghargaan dari orang lain, baik dalam bentuk pujian, hadiah atau sekadar ungkapan rasa bangga atas usaha yang sudah dilakukan dan ucapan terima kasih terkadang sulit sekali untuk didapatkan. Karena itu, mengalihkan fokus dengan memberikan penghargaan dari diri sendiri menjadi lebih penting.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk me time, makan makanan kesukaan hingga penghargaan kecil seperti bersyukur pastinya memengaruhi kesehatan mental kamu.

2. Pelihara hubungan baik dengan orang lain

Ya, tetap berhubungan baik dengan orang-orang di sekitar kamu bisa menjadi cara tersendiri untuk kamu bisa tetap waras. Bercakap-cakap, silaturahmi bahkan sekadar bertegur sapa via aplikasi pengirim pesan pun bisa sangat membantu.

3. Berceritalah!

Curhat memiliki banyak keuntungan. Sedikit banyak, apa yang kamu sampaikan bisa mengurangi beban di dada dan kepala. Jika mendapat solusi dari masalah yang diceritakan tentu menjadi bonus tersendiri. Namun, sekadar menyampaikan masalah yang dihadapi sudah menjadi cara tersendiri untuk mengurangi gundah di hati.

Namun, penting sekali menemukan orang yang tepat untuk membicarakan masalah kamu. Di sini, peran sahabat, keluarga dan teman dekat bisa sangat krusial.

4. Habiskan waktu dengan orang-orang tercinta

Siapa sih yang tidak suka berkumpul dengan keluarga tercinta? Siapa pula yang tak senang bisa bersenda gurau bersama teman dan sahabat? Karena itu, penting sekali untuk kamu bisa meluangkan waktu secara khusus bersama orang-orang terkasih, baik itu bersama pasangan, anak-anak, teman atau sahabat. Ciptakan family time berkualitas sehingga bisa mengembalikan mood dan semangat untuk menjalani hari berikutnya.

5. Hindari hal-hal negatif yang merusak diri

Kamu tidak akan menyangka ada banyak hal negatif yang ada di sekeliling, yang bisa merusak diri. Paparan negatif dari media sosial, atau bahkan media konvensional seperti TV dan situs berita terkini adalah salah satunya.

Selain itu, menjauhlah dari toxic people yang ada di sekeliling kamu. Bukan hanya teman kuliah, kolega kerja atau tetangga sebelah rumah, salah satu anggota keluarga bahkan bisa jadi menjadi salah satu “orang-orang penuh racun” yang bisa menghalangi kamu meraih kebahagiaan.

6. Berolahraga itu penting!

Berolahraga tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan fisk, tapi juga mental dan pikiran. Dengan berolahraga, setiap organ tubuh akan terpicu, termasuk produksi hormon, yang membangkitkan semangat dan mood. Karena itu, tetap berolahraga di kala pandemi menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

7. Selami kembali hobi kamu!

Apa hobi kamu? Mengapa tidak kembali menekuni kegiatan kesukaan yang bakal membuatmu lebih bahagia? Mau main game, bercocok tanam, masak kue atau membaca komik, lakukanlah! Larutkan diri pada hobimu lagi. Tapi, bagi yang punya hobi jalan-jalan, mungkin situasi pandemi seperti sekarang ini tidak ideal untuk kamu, ya!

8. Membantu orang lain

Membantu orang lain menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental. Melalui cara ini menjadikan kita menjadi jauh lebih bersyukur, karena dengan demikian kita bisa melihat ada orang yang mungkin tidak seberuntung kita dalam menjalani hidup ini.

Ikutilah sejumlah aktivitas sosial, dari mendirikan dan ikut terlibat dalam dapur umum untuk mereka yang terdampak Covid-19 atau bencana alam, menjadi sukarelawan atau memberikan uang, pakaian atau peralatan yang dibutuhkan untuk mereka yang membutuhkan dan banyak lagi lainnya akan sangat membantu kamu meningkatkan semangat diri.

9. Beristirahatlah!

Tidur sepanjang hari juga bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu, terutama setelah sepanjang minggu harus banting tulang dan pikiran di lingkup dunia kerja, kuliah bahkan rumah tangga. Atau, kamu bisa bersantai, menikmati hari tanpa harus melakukan apapun juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, lho!

10. Mendapatkan bantuan medis

Jika semua hal di atas belum bisa membawa kamu keluar dari kondisi penuh tekanan dan stres berkepanjangan, mungkin sudah waktunya untuk kamu meminta bantuan dari ahlinya.

Menghubungi dan meminta bantuan dari psikiater atau atau tenaga profesional medis lainnya bisa menjadi jalan keluar tersendiri. Jika perlu, mereka juga bisa memberikan rekomendasi terapi secara khusus, termasuk di antaranya lewat obat-obatan.

Baca juga: Efek Kurang Tidur Ternyata Serius, Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Dengan situasi yang terjadi sekarang ini, diharapkan semua orang bisa tetap sehat, baik secara fisik maupun psikis. Dibutuhkan juga perhatian dari orang-orang terdekat agar semua bisa melalui cobaan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tetap semangat, guys and girls!

 

Preview image credit: Wokandapix – Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru