Mudik Gratis 2019 Kemenhub, Inilah Cara Daftarnya

Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Mudik Gratis 2019 untuk musim lebaran tahun ini. Lebih dari 1,000 bus disiapkan untuk melayani angkutan gratis mudik dan balik pada Lebaran 2019 ini.

Dijelaskan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di kantornya, Selasa (19/3), pihaknya menyiapkan 970 bus yang digunakan untuk arus mudik, dan 230 bus untuk arus balik. Ada pun kuota penumpang untuk arus mudik diperkirakan mencapai 43,650 pemudik, sementara untuk arus balik mencapai 10,350 pemudik, dengan total penumpang yang ditargetkan mencapai 54,000 orang.

Tidak hanya menyediakan angkutan gratis untuk orang, Kemenhub juga memfasilitasi angkutan sepeda motor secara gratis saat arus mudik dan balik. Sebanyak 75 truk disiapkan untuk mengangkut 2,625 unit motor saat arus mudik dan 25 truk disiapkan mengangkut 875 motor untuk arus balik secara gratis.

Untuk pemudik yang ingin mengikuti program mudik gratis 2019 dari Kemenhub ini bisa langsung melakukan pendaftaran melalui situs Dinas Perhubungan di beberapa daerah masing-masing, atau datang langsung ke kantor Dishub di masing-masing kota dengan membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Untuk yang membawa motor bisa melakukan pendaftaran secara online di sini, dengan melampirkan STNK dan SIM yang berlaku untuk satu keluarga dan satu motor.

Pendaftaran sendiri dibuka mulai 20 Maret hingga 20 Mei 2019 pada jam kerja. Sementara pemberangkatan penumpang Mudik Gratis 2019 akan dipusatkan di Silang Monas Jakarta pada Jumat 31 Mei 2019 pukul 17.00 dan Sabtu 1 Juni 2019 pada pukul 8.00 WIB. Selain itu, ada juga titik pemberangkatan lainnya, seperti di Stadion Pakansari Bogor, Kantor Pemkab Tangerang dan Lapangan Summarecon Bekasi pada 1 Juni 2019 pukul 10.00 WIB.

Image credit: @farhanrzki_

Sedangkan tujuan mudik gratis 2019 antara lain, Cirebon, Banjarpatroman, via Tasikmalaya dan Ciamis, Kuningan untuk wilayah Jawa Barat. Sementara untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain: Slawi via Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara dan Cilacap.

Untuk wilayah Jawa Timur antara lain Madiun, Tuban, Mojokerto, Malang, Kediri dan Pacitan. Sedangkan untuk wilayah Sumatra antara lain Lampung, Palembang dan Padang.

Baca juga: Program Mudik Motor Gratis Diselenggarakan Lagi

Siapa mau ambil bagian dalam program Mudik Gratis 2019 Kemenhub ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru