Museum Jadi Destinasi Wisata Indoor Paling Aman Untuk Dikunjungi

Bingung pergi kemana untuk liburan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini? Jika menjelajah alam terlalu mainstream, mengunjungi museum bisa menjadi pertimbangan. Apalagi, dari hasil penelitian terbaru, museum menjadi destinasi wisata indoor paling aman untuk dikunjungi ketimbang tujuan wisata lainnya.

Menurut hasil penelitian tim peneliti Berlin Institute of Technology di Jerman, risiko terinfeksi virus Covid-19 melalui partikel aerosol jauh lebih kecil di museum ketimbang di supermarket, restoran atau kafe, perkantoran dan bahkan di moda transportasi publik.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan orang yang mengunjungi gedung opera, teater atau museum yang menerapkan protokol kesehatan ketat dengan kewajiban penggunaan masker dan hanya mengisi 30% dari kapasitas total, risikonya paling kecil dibanding transportasi publik, supermarket, bioskop, restoran, gym, sekolah bahkan kolam renang ruang tertutup.

Hasil penelitian tersebut dilakukan dengan melihat sejumlah variabel penelitian, seperti kualitas sirkulasi udara, tipe aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan dan jumlah partikel aerosol yang dihirup orang di dalam ruangan.

Seperti dilaporkan Fox News, hasil penelitian menunjukkan berbelanja makanan, makan malam di tempat atau melakukan latihan di dalam gym memiliki risiko tertular dua kali lipat dibanding mengunjungi museum untuk melihat benda seni atau peninggalan masa lampau.

Namun demikian, Martin Kiegel, yang membantu memimpin penelitian tersebut, mengisyaratkan bahwa opsi terbaik untuk tidak tertular virus Covid-19 adalah dengan tetap di rumah saja.

“Yang jelas, dari penelitian ini, adalah semua situasi yang mana kita semua ingin berada di dalamnya, tidaklah menguntungkan,” jelasnya.

“Situasi di mana banyak orang berada di ruangan yang sama, di mana tidak ada pergerakan aliran udara dengan baik, akan selalu menjadi situasi yang kurang menguntungkan,” tandasnya.

Baca juga: 6 Museum Di Jakarta Yang Unik, Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Nah, sudah tahu rekomendasi destinasi wisata indoor yang aman untuk dikunjungi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kan? Apapun itu, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat, dari penggunaan penutup mulut dan hidung dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi, ya!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru