Lamak Bana! 5 Tempat Terbaik Menikmati Nasi Kapau Di Jakarta

Pernah dengar nasi kapau? Mirip dengan nasi Padang, nasi kapau menjadi salah satu varian masakan khas Minang yang wajib dicoba pecinta kuliner di mana pun berada, termasuk yang ada di Jakarta. Asyiknya, banyak tempat yang menjual nasi kapau di ibukota.

Tapi, kamu semua tahu beda antara nasi kapau dan nasi padang, ga sih? Nah, bagi yang belum tahu, ada sejumlah perbedaan signifikan dari kuliner khas Minang ini.

Yang pertama, nasi kapau hanya dijual orang dari Kapau, nagari atau desa yang terletak di Kabupaten Agam. Cara menampilkan menu masakan juga berbeda. Untuk nasi kapau, menu masakan dipajang di atas meja. Sementara nasi Padang, menu masakannya dipajang di etalatase. Untuk memilih lauk dan sayur, kamu harus masuk ke warungnya terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan dan memilih menu. Sementara untuk nasi Padang, kamu bisa menunjuk dari luar menu yang terlihat dari kaca.

Perbedaan paling mencolok dari nasi kapau dan nasi Padang adalah tersedianya gulai kapau atau tidak. Gulai ini memiliki bahan dasar kol, nangka dan kacang panjang dengan kuah gulai berwarna kuning dan rasa sedikit asam. Gulai Kapau disantap bersama dengan satu lauk, apakah olahan ikan, ayam, daging atau hidangan khas Kapau, rendang ayam.

Sudah bisa membayangkan perbedaan nasi kapau dan nasi padang? Jika belum, kamu bisa mencobanya langsung, kok! Tidak perlu harus terbang ke Padang atau Kabupaten Agam, Sumatera Barat, banyak tempat yang menjual nasi kapau di Jakarta dengan rasa otentik. Ingin tahu tempatnya, lihat daftar dari Tripzilla Indonesia di bawah ini.

1. Nasi Kapau Sabana Hj. Zaidar yang tenar

nasi kapau Hj Zaidar di jakarta
Image credit: Sabana Asli Hj Zaidar

Salah satu penjual nasi kapau yang ikonik di Jakarta adalah warung Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar. Berada di kawasan Jakarta Pusat, ada puluhan lauk yang bisa dipilih untuk mengisi perut.

Image credit: Sabana Asli Hj Zaidar

Ingin rekomendasi, gulai tambusu dengan usus sapi isian adonan telur dan tahu bisa menjadi menu yang menarik. Itiak lado mudo, yaitu bebek yang dimasak hingga empuk dengan sambal hijau juga menarik untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No.No, RT.4/RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 12.00 – 2.00 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

2. Nasi Kapau Bareh Solok yang orisinil

nasi kapau bareh solok di jakarta
Image credit: @wanbinmid (kanan), @bemp777 (kiri)

Salah satu penjual nasi Kapau di kawasan Senen adalah Nasi Kapau Bareh Solok. Sama seperti halnya penjual lainnya, pedagang nasi kapau Bareh Solok menawarkan puluhan menu lauk untuk dipilih.

Yang spesial adalah beras yang digunakan, yang konon kabarnya didatangkan langsung dari Solok, Sumatera Barat. Menu gulainya juga beragam dan memiliki cita rasa khas, yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No.11, RT.4/RW.2, Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 00.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

3. Kedai Pak Ciman yang berkelas

Kedai Pak Ciman | nasi kapau di jakarta
Image credit: Kedai Pak Ciman

Tidak semua penjual nasi kapau berjualan di emperan toko atau pinggir jalan. Kedai Pak Ciman salah satu contohnya, yang mengusung konsep rumah makan besar. Meski demikian, sentuhan otentik nasi kapau tetap dipertahankan, termasuk cara menampilkan menu masakan.

Image credit: Kedai Pak Ciman

Untuk menu masakan yang bisa dipilih, dari telur balado, ayam bakar, gulai jengkol hingga gulai kepala ikan, gulai tunjang dan gulai tambusu. Soal rasa jangan ditanya, dijamin nambah!

Lokasi: The Bale Daan Mogot, RT.8/RW.12, Kalideres, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

4. Nasi Kapau Uni Upik Senen dengan ragam pilihan menu

Nasi Kapau Uni Upik | di jakarta
Image credit: Yeremia Dion Wilindra

Satu lagi pilihan tempat menikmati nasi kapau di kawasan Senen, yaitu Nasi Kapau Uni Upik. Menu andalan yang ditawarkan di sini adalah gulai itiak cabe hijau dan tentunya gulai tambusu.

Image credit: Yeremia Dion Wilindra

Gulai tambusu yang disajikan di sini memiliki ciri khas rasa tersendiri. Usus sapi dengan telur dan tahu di dalamnya memiliki bumbu tambusu yang khas. Porsinya juga lebih banyak dari normal.

Lokasi: Jl. Kramat Baru No.11-13, RT.4/RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 3.00 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

5. Warung Makan Ibu Kacamata yang tersembunyi

Image credit: azlin_rs

Di kawasan Senen, Jakarta, warung nasi kapau Ibu Kaca Mata menjadi tempat yang harus dikunjungi untuk menikmati hidangan khas Minang yang khas.

Lokasi warung makan ini tersembunyi karena masuk di gang kecil. Namun popularitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Menu paling khas yang wajib dicoba di sini adalah dendeng cabe ijo yang pedas. Ada menu lain yang juga bisa dicoba, termasuk di antaranya gulai kepala kakap hingga rendang daging.

Lokasi: Jl. Kramat Soka No.28, RT.4/RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: Destinasi Wisata Kuliner Di Jakarta Yang Asyik Dengan Banyak Pilihan

Banyak pilihan tempat untuk menikmati nasi kapau di Jakarta, kan? Jadi, tunggu apa lagi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru