8 Negara Di Asia yang Indah Namun Jarang Dikunjungi Wisatawan

Sudah bosan liburan ke negara yang itu-itu saja? Ingin menjelajahi tempat wisata yang berbeda dan lain dari biasanya? Inilah saatnya kamu perlu tahu negara di Asia Pasifik yang memiliki keindahan menakjubkan namun ternyata masih jarang dikunjungi wisatawan. Baca sampai habis ya. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk tujuan liburanmu berikutnya.

1. Bhutan

Negara kecil berbentuk kerajaan di kawasan Himalaya ini terkenal dengan wisata alam serta budaya yang menarik. Masyarakatnya masih menganut nilai-nilai tradisional yang kental. Untuk menjaga keaslian alam dan budaya Bhutan, negara ini menerapkan pajak turis sebesar 200 hingga 250 USD (~ 3,798,278 IDR) per orang per hari.

Selain itu, visa turis ke Bhutan juga cukup ketat karena kita tidak boleh melakukan perjalanan wisata secara independen tanpa guide resmi dari negara tersebut. Maka, jangan kaget bila berwisata ke Bhutan termasuk negara dengan biaya perjalanan wisata yang mahal. Hmm.. tertarik menjelajahi Bhutan?

2. Turkmenistan

Pernah mendengar tempat wisata Gate to Hell atau Pintu ke Neraka? Nah, lubang dalam yang berisi api yang menyala-nyala itu ternyata ada di Turkmenistan lho. Pemandangan alam berupa gurun hingga area Laut Kaspia  juga merupakan sisi yang menarik.

Namun, pemerintahan Turkmenistan merupakan pemerintahan yang tertutup. Mungkin hal ini lah yang membuat kunjungan wisatawannya sedikit ya. Hampir mirip dengan Bhutan, untuk mendapatkan visa turis ke Turkmenistan kamu harus menggunakan agen perjalanan lokal di Turkmenistan sebagai pemandu wisata saat perjalananmu di sana.

3. Afghanistan

Dikenal sebagai negara berkonflik dan tidak aman, maka tidak heran bila kunjungan wisatawan ke Afghanistan sangatlah sedikit. Padahal negara ini memiliki panorama alam yang menakjubkan lho. Sebut saja Lembah Indus, pegunungan Koh-i-Baba yang berselimut salju atau Desa Bamyan dimana ditemukan sebuah prasasti peninggalan Hindu-Budha yang unik.  

Khusus WNI yang memiliki paspor diplomatik, kamu bisa melakukan perjalanan bebas visa selama 30 hari. Selama perjalanan wisata di Afghanistan, para turis perempuan juga diwajibkan menggunakan pakaian yang menutup seluruh badan kecuali wajah, telapak tangan dan kaki.

4. Brunei

Negara yang kaya minyak dan gas ini kalah populer jika dibandingkan dengan Singapura atau Malaysia. Padahal di Brunei banyak juga destinasi wisata yang menarik, seperti aneka masjid megah hingga taman bermain ala Disneyland yaitu Jerudong Park.

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata alam kamu bisa menjelajahi hutan hujan tropis di kabupaten Temburong. Sebagai WNI kamu juga mendapatkan akses bebas visa untuk masuk Brunei. Bagaimana? Mulai tertarik untuk mengunjungi Brunei?

5. Korea Utara

Berbeda dengan negara tetangganya, Korea Utara dikenal lebih tertutup dan terkesan menyeramkan. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan perjalanan wisata ke sana kok. Ada banyak destinasi wisata sejarah, budaya hingga pemandangan alam yang tidak kalah keren dengan Korea Selatan.

Namun, untuk bisa berkunjung ke Korea Utara, kamu harus menggunakan agen perjalanan resmi dan mengikuti aturan main mengunjungi tempat-tempat wisata selama berlibur. Kalau penasaran seperti apa sih negara Korea Utara itu? Mungkin inilah saat yang tepat untuk merencanakan liburan ke sana.

6. Tajikistan

Tajikistan mungkin tidak seterkenal Afghanistan. Negara ini dikelilingi oleh empat negara sekaligus yaitu China, Afghanistan, Kirgistan dan Uzbekistan. Meski tidak memiliki pantai, tapi negara ini terkenal dengan lanskap pegunungan, danau dan sungai yang spektakuler.

Untuk kamu pecinta wisata alam dijamin bakal betah deh liburan ke sini. Sebagai WNI, kamu bisa masuk Tajikistan dengan visa on arrival lho. Menarik sekali, bukan?

7. Bangladesh

Berbatasan langsung dengan India membuat Bangladesh memiliki kemiripan budaya dan tradisi di India. Di sini, kamu akan banyak menemui banguan bersejarah peninggalan kerajaan Hindu yang pernah berkuasa. Bangladesh dikelilingi banyak sungai karena merupakan delta Sungai Gangga-Brahmaputra.

Dhaka adalah kota yang tidak boleh kamu lewatkan karena di sinilah terdapat bangunan -bangunan lama nan cantik. Sayangnya, sampai saat ini WNI tetap harus mengajukan visa untuk bisa berkunjung ke Bangladesh.

8. Timor Leste

Image credit: @andcipta

Siapa yang tidak tahu Timor Leste? Meski tidak sepopuler Australia, tapi Timor Leste memiliki beberapa tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Cristo Rei yang mirip sekali dengan yang ada di Rio de Janeiro. Sedangkan wisata alam yang tidak boleh dilewatkan adalah Dana Tasi Tolu dan Pulau Jaco yang tidak kalah eksotisnya dari Raja Ampat.

Image credit: @tonymeetstheworld

Kalau masih belum cukup, kamu bisa bertandang mendaki Gunung Ramelau dimana terdapat patung Bunda Maria di puncaknya. Nah, untuk bisa ke Timor Leste, WNI diberi keringanan dengan mengajukan aplikasi visa on arrival. Bagaimana? Apakah Timor Leste akan jadi destinasi liburanmu berikutnya?

Baca juga: 5 Negara Terbaik Untuk Petualangan Solo Backpacker Di Asia, Murah dan Aman!
Membaca tulisan di atas, apa kamu tertarik mengunjungi salah satu di antaranya? Kalau iya, maka segera rencanakan liburanmu dan jangan lupa bagikan foto-foto perjalananmu dengan tagar #TripZillaTraveller ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru