Pesawat Penumpang Jatuh Di Iran, 176 Orang Jadi Korban

Kabar kurang menggembirakan datang dari dunia aviasi. Pesawat berpenumpang 176 orang jatuh beberapa saat setelah takeoff dari Teheran, Iran, Rabu (8/1). Semua penumpang dan kru pesawat dilaporkan tidak ada yang selamat.

Dilansir dari New York Times, pesawat Ukraine International Airlines Flight 752 meninggalkan Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran pada pukul 6.12 waktu setempat dan hilang kontak pada 6.14 menurut flight tracker. Masalah teknis pada mesin pesawat diduga menjadi penyebab jatuhnya pesawat ini.

Menurut Qassem Biniaz, perwakilan dari Kementerian Pengembangan Jalan Dan Perkotaan Iran, kepada Islamic Republic News Agency, pesawat mengalami kebakaran di bagian mesin dan pilot tidak mampu mengendalikan pesawat sebelum akhirnya jatuh.

Image credit: Yzukerman (via Flickr)

Pesawat berjenis Boeing 737-800 itu membawa 167 penumpang dan sembilan kru pesawat. Tidak ada yang selamat dari musibah tersebut. Ada pun para penumpang berasal dari Iran (82 orang), Ukraina (11, termasuk kru pesawat), Kanada (63), Swedia (10), Afganistan (4), Jerman (3) dan Inggris (3). Tidak ada satupun penumpang dari Indonesia.

Karena kecelakaan pesawat ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan rasa bela sungkawanya dan meminta penyidik untuk melakukan penyelidikan secara mendalam atas penyebab jatuhnya pesawat tersebut di Teheran, Iran.

Pihak Boeing, yang mendapat sorotan atas jatuhnya dua pesawat bertipe 737 Max pada tahun lalu tersebut, dan juga masih menjalani pemeriksaan terkait 737 NG, di mana pesawat Boeing 737-800 termasuk bagian keluarga 737 NG, menyatakan akan mengumpulkan semua informasi sebelum memberikan pernyataan resmi.

Menurut maskapai dari Ukraina itu, pesawat yang jatuh tersebut merupakan pesawat yang diproduksi pada 2016 dan diantar langsung oleh pihak Boeing dari pabrik mereka. Pesawat juga baru saja menjalani pemeliharaan pada Senin, dua hari sebelum kecelakaan.

Baca juga: Japan Airlines Tawarkan Tiket Pesawat Gratis Untuk WNI

Keluarga besar Tripzilla Indonesia ikut berduka cita atas terjadinya musibah ini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru