Pilihan Tempat Oleh-Oleh Di Bandung Yang Harus Dikunjungi Para Wisatawan

Liburan ke Bandung selalu menjadi acara yang menarik dan ditunggu. Tentunya tidak hanya acara wisatanya yang menyenangkan, namun saat berburu oleh-oleh pun tidak kalah seru. Banyak tempat untuk membeli oleh-oleh di Bandung yang sudah terkenal dan menjual buah tangan yang menggoda untuk dibeli, mulai dari makanan hingga barang-barang yang unik. Umumnya tempat-tempat ini sudah melegenda dan menjadi ciri khas dari Bandung. TripZilla Indonesia merekomendasikan berbagai tempat oleh oleh di Bandung yang wajib kamu kunjungi untuk membeli buah tangan dan dijamin tidak akan mengecewakan. Cek di sini, ya!

1. Berburu kue-kue legendaris di Kartika Sari

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Kartikasari Bandung

Kartika Sari menjadi tempat pilihan untuk membeli oleh-oleh sejak dulu. Kedua orang tuamu atau om dan tantemu pasti sudah mengenal Kartika Sari dengan produk kulinernya yang serba nikmat.

Image credit: Kartikasari Bandung

Produk kondang di Kartika Sari adalah bolen dengan isian pisang yang manis dan lembut. Ada juga brownies dengan beragam jenis seperti brownies gulung, brownies kukus dan brownies panggang yang punya banyak rasa.

Lokasi: Jl. H. Akbar No.4, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.30 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

2. Menjajal beragam pilihan kue dan roti di Prima Rasa

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Prima Rasa (Bakery and Pastry)

Prima Rasa juga menjadi salah satu toko yang tidak kalah jadul untuk berburu oleh-oleh. Pilihannya pun sangat banyak dan bisa membuatmu kalap untuk membeli.

Image credit: Prima Rasa (Bakery and Pastry)

Almond slice dan cheese stick almond spiral misalnya, dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang unik. Menu yang sudah lama terkenal di Prima Rasa seperti roll cake dan picnic roll dengan aneka isian tentunya juga tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Jl. Kemuning No.20, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,500 IDR

3. Berkeliling mencari cemilan tradisional di Pasar Kosambi

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Sindang Laris

Keluar masuk pasar di Bandung dapat menjadi acara yang seru. Selain sensasinya berbeda dengan pasar yang biasa kamu kunjungi, kamu pun bisa menemukan tempat-tempat yang menjual oleh-oleh dengan harga terjangkau.

Image credit: Sindang Laris

Contohnya di toko Sindang Laris yang menjual sangat banyak kuliner tradisional. Dodol zebra dan wajit cililin contohnya. Tidak lupa aneka keripik seperti keripik oncom dan kerupuk melarat yang renyah dan digemari banyak orang.

Lokasi: Jl. A. Yani No.221-223, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 9,000 IDR

4. Belanja kue kering yang tidak ada habisnya di Oncom Jaya

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Oncom Jaya Bdg Official

Namanya memang Oncom Jaya namun tidak cuma oncom yang dijual di sini. Kamu akan menjumpai banyak produk kue kering yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Image credit: Oncom Jaya Bdg Official

Bagelen Abadi atau kue gambang keju, keduanya menggoda untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu ada juga kerupuk kulit ikan, rengginang tasik hingga tutug oncom yang cocok menjadi teman ngopi atau makan. Harganya juga terjangkau lho!

Lokasi: Jl. Sumanta No.03, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Bandung
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 07.30 WIB – 17.00 WIB dan Minggu pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 22,000 IDR

5. Membeli nostalgia di Bawean “Sweetheart” Bakery & Resto

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Bawean d/h Sweetheart

Kalau membeli oleh-oleh untuk orang tua atau kerabatmu di sini, kamu bisa membuat mereka merasakan nostalgia. Pasalnya, Bawean Bakery & Resto ini sudah ada sejak tahun 1946 dan dulunya bernama Sweetheart.

Image credit: Bawean d/h Sweetheart

Saat ini, Bawean Bakery & Resto tetap mempertahankan varian yang sudah ada sejak dulu seperti nougat roll. Tidak hanya itu, kamu akan menemukan berbagai jenis kue dan roti lainnya seperti bolu gulung strawberry dan chilled cake dengan pilihan apple danish, brownies cake, blueberry oatmeal cake dan japanese fruit cake. Belum lagi kue kering hingga bagelen yang jenisnya sangat bervariasi.

Lokasi: Jl. Bawean No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

6. Melihat koleksi kerajinan kulit di Pasar Cibaduyut

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Sepatu & Sandal Kulit Cibaduyut

Daerah Cibaduyut sudah terkenal sejak dulu dengan produk-produk kerajinan kulitnya. Ada tas, sepatu, dompet, jaket dan ikat pinggang. Awalnya hanya sepatu kulit yang diperdagangkan di sini dan lama-kelamaan merambah ke produk lainnya. Kamu dapat membeli sepatu laki-laki dan perempuan dengan harga yang cukup terjangkau untuk oleh-oleh. Salah satu perajin sepatu kulit dapat kamu cek lewat akun Instagram @produk_cibaduyut.

Lokasi: Jl. Cibaduyut Raya No. 7, Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 250,000 IDR

7. Belanja berbagai barang mode di Jalan Riau

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: @yunisuhirwan

Mengapa harus Jalan Riau? Sebab di sini terdapat banyak factory outlet yang sangat digemari pencinta mode. Misalnya Heritage, The Summit, Jessie James dan The Secret yang luas dan menjual beragam barang. Mulai dari tas, pakaian, sepatu hingga aksesoris dapat kamu temukan dengan mudah. Selain itu kamu pun dapat menyesuaikan dengan anggaranmu karena ada yang harganya cukup murah hingga lebih mahal. Menarik bukan?

Lokasi: Jl. Riau, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Mengoleksi produk-produk unik dari Saung Angklung Udjo

Image credit: Udjo Store

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Saung Angklung Udjo? Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik dan mendidik, karena kamu dapat menonton pertunjukan angklung yang keren sekaligus belajar memainkan angklung.

Image credit: Udjo Store

Tetapi tidak hanya itu. Jika ingin membawa pulang kenangan dari Saung Angklung Udjo, ada tempat oleh oleh di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Di sini kamu dapat membeli oleh-oleh mulai dari yang berukuran kecil seperti gantungan kunci angklung, bambu gantungan sampai angklung mini untuk dimainkan sendiri. Bagus dan belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain!

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

9. Membeli satu atau sepasang wayang golek yang cantik di Galeri Cupumanik

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Cupumanik

Kerajinan wayang golek ini adalah oleh-oleh yang pasti akan disukai oleh penerimanya. Selain sangat khas Indonesia, kualitas wayang goleknya pun bagus dengan kombinasi warna yang cantik. Hal ini tidak mengherankan karena produk wayang di sini memang berkualitas ekspor.

Image credit: Cupumanik

Galeri Cupumanik adalah tempat untuk mendapatkan koleksi wayang golek ini. Tidak hanya berbentuk boneka wayang, ada pula yang berupa pajangan. Bila ukurannya semakin besar, harganya tentu semakin mahal. Tidak hanya memilih wayang untuk oleh-oleh, kamu pun dapat melihat aktivitas para perajin yang mengecat dan memasang tubuh wayang. Seru!

Lokasi: Jl. Srikusuma No.8A, Ancol, Kec. Regol, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

10. Membawa pulang aroma memikat dari Kopi Aroma

tempat oleh oleh di bandung
Image credit: Kopi Aroma

Kopi Aroma menjadi legenda kopi di Bandung karena sudah diproduksi sejak tahun 1930. Kamu tidak akan menemukan toko cabang Kopi Aroma selain di alamat saat ini, sehingga Kopi Aroma dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang eksklusif. Kopi dibuat dalam dua ukuran yaitu 250 gram dan 500 gram, dengan varian mokka arabika dan robusta. Tidak banyak memang pilihannya dan dengan harga yang terjangkau, kamu bisa memborong semua jenis kopinya. Sekalian saja supaya puas, kan?

Lokasi: Jl. Banceuy No.51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.30 WIB – 14.30 WIB
Harga: Mulai dari 27,500 IDR

11. Tidak boleh lupa berburu peuyeum yang manis dan harum

Image credit: @yudha_atmajaa 

Peuyeum bisa juga disebut tape, tapi apa bedanya peuyeum dengan tape yang ada di Jakarta? Coba saja sendiri karena konon katanya, peuyeum Bandung terkenal dengan rasa manis dan tekstur yang legit. Belum lagi ukurannya yang besar-besar. Kamu dapat menjumpai pedagang peuyeum dimana-mana dan salah satunya adalah Peuyeum Abah Dawan. Beli beberapa buah untuk oleh-oleh sekaligus bekal dimakan sendiri, supaya kamu tidak menyesal belakangan!

Lokasi: Jl. Nasional III No. 453, Citatah, Kec. Cipatat, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Oleh-oleh khas Bandung sangat variatif dan tempatnya pun mudah dijangkau. Kamu pasti tidak akan kesulitan mencari buah tangan yang pas untuk semua kalangan dan juga ramah di kantongmu.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru