Prancis Perketat Syarat Masuk Ke Negaranya

Pemerintah Prancis memperketat syarat masuk bagi warga negara asing dan warga Prancis dari luar negeri untuk bisa beraktivitas di wilayah mereka, setelah menyatakan hasil negatif dari tes swab antigen tidak lagi berlaku.

Dalam regulasi yang baru, pemerintah Prancis menyebutkan bahwa mulai 18 Januari, warga yang masuk ke wilayahnya tidak lagi diizinkan membawa hasil negatif tes swab antigen atau lateral flow, tes yang bisa mengetahui hasil positif atau negatif Covid-19 hanya dalam beberapa menit.

Tes yang bisa menentukan apakah subyek tertentu positif Covid-19 atau tidak dalam waktu relatif singkat tersebut banyak digunakan oleh pengemudi truk yang masuk Prancis dari Inggris untuk membawa kebutuhan dasar hidup.

Dengan aturan dan syarat baru untuk bisa masuk ke Prancis, traveler harus menggunakan tes PCR untuk menentukan positif atau tidaknya seseorang terhadap virus corona.

Kelemahan dari tes PCR ini adalah dibutuhkan waktu relatif lama untuk bisa mengetahui hasilnya, yang tentunya menyulitkan bagi pengemudi truk ekspedisi antarnegara tersebut.

Penerapan aturan dan syarat baru tersebut tidak bisa dilepaskan dari munculnya virus Covid-19 varian baru, yang pertama kali ditemukan di Inggris. Meski tidak mematikan, virus varian baru ini terbukti lebih mudah menyebar antarmanusia.

Sejumlah negara Uni Eropa sudah memberlakukan kebijakan lockdown ketat karena kasus ini, termasuk Inggris. Sementara Prancis, yang baru mencabut kebijakan lockdownnya pada 15 Desember lalu, menerapkan pembatasan ketat. Situasi ini akan terus dipantau hingga 20 Januari sebelum diambil kebijakan baru.

Prancis juga sudah mengizinkan warga negara lain masuk ke negaranya, namun hanya untuk alasan penting. Protokol kesehatan juga diberlakukan dengan ketat, termasuk masa karantina 14 hari di fasilitas khusus.

Baca juga: 14 Alasan Mengapa Spanyol Harus Menjadi Destinasi Utama Liburan Kamu Berikutnya!

Masih punya rencana untuk tetap pergi ke Prancis?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru