Wisata Pulau Komodo Ditutup Mulai Januari 2020

Yang tertarik menikmati wisata Pulau Komodo, mungkin harus mempertimbangkan segera mewujudkan kunjungannya. Pasalnya, mulai Januari 2020, Pulau Komodo ditutup untuk semua aktivitas pariwisata.

Keputusan penutupan wisata Pulau Komodo diambil setelah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan rapat bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyusul adanya dugaan penyelundupan komodo ke luar negeri. Kasus ini terjadi pada akhir Maret silam dan telah dibongkar oleh Polda Jawa Timur, dengan total 41 komodo diketahui akan dijual ke luar negeri dengan harga 500 juta rupiah per ekornya.

“Dari hasil rapat, diputuskan Pulau Komodo ditutup sementara mulai Januari 2020,” ujar Kepala Biro Humas Pemprov NYTT, Marius Jelamu, pada akhir pekan kemarin, seperti dikutip dari Tempo.

Tidak disebutkan secara detail mengenai durasi waktu penutupan Pulau Komodo ini dari kegiatan wisata.

Marius menambahkan penutupan hanya dilakukan di wilayah Pulau Komodo, sementara wilayah konservasi lainnya akan tetap dibuka. Penutupan Pulau Komodo juga diharapkan bisa memberikan kesempatan pemerintah melakukan konservasi untuk memastikan pasokan makanan komodo terjaga.

Pemerintah juga akan melakukan penataan alam dan lingkungan di Pulau Komodo, misalnya dengan menanam lebih banyak pohon endemik asli NTT. Diharapkan, penutupan ini bisa meningkatkan populasi komodo dan menjaga habitatnya sealami mungkin.

Baca juga: 10 Taman Nasional Di Indonesia Yang Tidak Kalah Indah dari Taman Nasional Komodo

Jadi, segeralah berangkat ke Pulau Komodo sebelum ditutup tahun depan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru