Pilot Dan Awak Kabin Maskapai Ini Pakai Seragam Dari Botol Plastik Bekas

Penampilan pilot dan terutama awak kabin maskapai adalah salah satu hal yang paling penting. Dengan penampilan yang rapi dan menarik, mereka dapat melayani dengan baik yang membuat para penumpang juga akan merasa nyaman. Membahas penampilan, maskapai penerbangan asal Inggris yaitu easyJet mengejutkan publik dengan meluncurkan seragam baru untuk para pilot dan awak kabin yang terbuat dari botol plastik bekas.

Seragam baru dengan material botol plastik bekas ini menjadi yang pertama dilakukan di dunia oleh sebuah maskapai. Untuk menjalankan proyek ini, easyJet dengan menggandeng Tailored Image, sebuah perusahaan manufaktur yang berbasis di Irlandia Utara.

Melansir laman The National, dibutuhkan 45 botol plastik daur ulang untuk membuat satu seragam. Setidaknya akan ada 500.000 botol yang akan didaur ulang untuk seragam setiap tahunnya. Hal ini menjadi langkah baik untuk mengurangi sampah botol bekas yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah dan berpotensi menjadi polusi mencemarkan lautan.

Penggunaan sampah botol bekas ini juga akan mengurangi jejak karbon yang lebih rendah hingga 75% dari bahan polyster. Bahkan pembuatan seragam baru ini telah melewati proses uji coba pada tahun 2020 lalu dan terbukti lebih tahan gesekan.

Seragam Maskapai Botol Plastik

Karena banyak tugas yang dilakukan oleh awak kabin, kain seragam akan memiliki material yang lebih elastis sehingga meningkatkan kenyamanan saat bergerak. Dengan menerapkan standar tinggi, kain ini diprediksi akan lebih tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Walaupun dibuat dengan botol plastik bekas, desain seragam baru ini akan dibuat seperti seragam pada umumnya namun sudah disesuaikan dengan gaya mereka. Rencananya seragam baru easyJet ini akan diperkenalkan pada akhir Agustus 2021 nanti.

Inovasi ramah lingkungan ini bukanlah yang pertama kali maskapai easyJet lakukan. Mereka telah konsisten mengurangi plastik sekali pakai selama di penerbangan dengan menawarkan diskon 50% untuk pembelian minuman panas bagi penumpang yang membawa cangkir sendiri.

Baca juga: Bukan Editan, Video Pramugari Emirates Berdiri Di Puncak Burj Khalifa Mendadak Viral

Tidak hanya itu saja, barang-barang plastik telah mereka ganti dengan yang lebih sustainable seperti menggunakan mangkuk kecil untuk tempat kantong teh yang terbuat dari bahan dasar tanaman. Langkah besar lainnya juga easyJet lakukan sejak tahun 2000 dengan mengurangi emisi karbon lebih dari sepertiga untuk setiap kilometer yang diterbangkan.


 

Preview image credit: easyJet via The National

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru