Siap Terima Wisatawan Lagi Mulai Agustus, Ini Syarat Masuk Jogja!

Ingin jalan-jalan dan liburan ke Yogyakarta? Jika iya, pemerintah kota berharap dan mengimbau untuk bersabar dan tidak ke Jogja dulu, setidaknya hingga Agustus mendatang. Pasalnya, Pemerintah Kota Yogyakarta saat ini masih dalam tahap penguatan protokol Covid-19. Syarat masuk Jogja juga diharapkan bisa dipatuhi.

Harapan dan imbauan tersebut disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, di Jogja, Kamis (16/7), dalam kaitannya persiapan penerapan adaptasi kebiasaan baru.

“Kami mengimbau wisatawan umum jangan masuk ke Jogja dulu, terutama yang (berasal) dari zona merah dan hitam, paling tidak sampai Agustus,” ujarnya.

Selain itu, Heroe juga menekankan pentingnya warga pendatang yang ingin masuk Jogja, termasuk wisatawan untuk memenuhi syarat yang ditentukan, di antaranya membawa surat sehat bagi yang datang dari wilayah zona hijau dan kuning, hasil rapid test dari zona merah dan hitam, serta hasil swab dari luar negeri.

“Jika ada wisatawan yang sakit saat dalam perjalanan, mereka dilarang untuk keluar dari kendaraannya,” tegas Heroe, sembari menambahkan petugas resmi akan siap untuk memeriksa surat sehat yang dibawa di setiap taman parkir yang ada di Jogja.

Nantinya, wisatawan yang masuk ke kota Jogja juga diwajibkan mengenakan masker mulut, mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga jarak dan harus mematuhi setiap protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pemerintah Kota Jogja menegaskan siapapun yang melanggar protokol kesehatan tersebut akan didenda, dari 100,000 IDR hingga kewajiban melakukan pelayanan sosial.

“Tujuannya adalah agar semua orang waspada, menghindari penyebaran dari virus ini,” tandas Heroe.

Ada pun sejumlah destinasi wisata di Jogja dan sekitarnya, seperti Kraton Jogja, Malioboro, Taman Sari, Museum Sonobudoyo, Candi Prambanan, Candi Borobudur dan masih banyak lainnya sudah membuka pintu masuknya, dengan catatan setiap pengunjung wajib memenuhi setiap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Inilah Protokol Kesehatan Untuk Pengunjung Tempat Wisata!

Yang ingin liburan dan jalan-jalan, masuk ke banyak destinasi wisata di Jogja, wajib mematuhi dan mengikuti setiap ketentuan dan syarat yang ada, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru