Singapura Jalankan Program Perjalanan Bebas Karantina Mulai 8 September

Bepergian ke luar negeri saat ini masih kurang memungkinkan. Namun demikian, bukan berarti negara di luar sana tidak mempersiapkan diri menyambut warga negara masuk ke wilayahnya. Singapura misalnya, yang sudah mempersiapkan program perjalanan bebas karantina untuk pendatang dari negara lain.

Ya, Singapura sudah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kembali traveler dari negara lain. Tidak hanya dengan melakukan vaksinasi kepada seluruh warga negaranya, pemerintah Singapura juga sudah menyusun program dan persyaratan khusus untuk warga negara lain bisa melewati perbatasan.

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dalam keterangannya menjelaskan, pihaknya akan terus berusaha untuk siap menyambut datangnya traveler dari negara lain meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Dengan situasi Covid-19 di ranah global terus berkembang, kami akan tetap melakukan penyesuaian dalam penanganan di perbatasan kami dengan tahapan pengamanan yang sesuai untuk memastikan keamanan dan kesehatan publik,” demikian keterangan mereka, seperti dikutip dari Japan Today.

Nah, salah satu program yang disiapkan pemerintah Singapura lewat otoritas terkait adalah program bebas karantina bagi warga negara asing yang sudah divaksinasi secara lengkap.

Bagi yang sudah menjalani vaksinasi secara lengkap bisa mengajukan Vaccinated Travel Pass untuk masuk ke Singapura, terlepas dari apapun kepentingan dan alasannya untuk melakukan perjalanan. Selain itu, traveler juga tetap wajib melakukan sejumlah tes coronavirus, termasuk sebelum keberangkatan, saat dan setelah kedatangan sebagai pengganti keharusan karantina.

Traveler juga harus berada di negaranya sebelum keberangkatan, atau berada di Singapura sebelumnya, setidaknya selama 21 hari secara berturut-turut sebelum pergi ke Singapura. Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah memiliki asuransi, yang didalamnya termasuk memiliki perlindungan Covid-19.

Program ini rencananya akan mulai diberlakukan pada 8 September 2021. Hanya saja, pemerintah Singapura untuk sementara ini hanya memberlakukan program tersebut untuk warga negara Jerman dan Brunei.

Sebelumnya, wisatawan dari Hong Kong dan Macao, yang sudah berada di wilayahnya selama tiga pekan, juga diizinkan masuk ke Singapura mulai 26 Agustus 2021. Mereka juga tidak memiliki kewajiban melakukan karantina apabila hasil tes Covid-19 mereka saat kedatangan menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: Masuk Ke Singapura Wajib Punya Travel Pass IATA Mulai 1 Mei 2021

Kira-kira, kapan program Perjalanan Bebas Karantina Singapura tersebut berlaku untuk warga Indonesia, ya?

 

Preview image credit: Kit Suman – Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru