Sarawak Rainforest World Music Festival 2023: Acara Apa ini Dan Apa Yang Membuatnya Menarik

Tertarik merayakan akhir pekan menyenangkan? Pergi saja ke Sarawak dan hutan hujannya yang indah untuk mengikuti perayaan musik, budaya, makanan, dan kesenangan di ajang Rainforest World Music Festival (RWMF) 2023 yang seru! Di artikel ini, kamu bakal mengetahui semua hal tentang festival tahunan keren di Sarawak ini, yang menyatukan penggemar musik dan budaya.

Apa itu Rainforest World Music Festival (RWMF)?

Image credit: Sarawak Tourism

Konser ini bakal berlangsung dari 23-25 Juni 2023, yang merupakan perhelatan pertama sejak 2019. Dilangsungkan di Desa Budaya Sarawak Kuching, RWMF 2023 menampilkan berbagai pengalaman unik.

Yang membuat Rainforest World Music Festival (RWMF) 2023 istimewa adalah adanya tempat untuk menampilkan berbagai genre musik dari seluruh dunia, yang memungkinkan pecinta musik menikmati budaya musik yang berbeda. Untuk yang pertama mengikuti konser ini, kamu bisa berharap adanya perayaan pertunjukan musik yang beragam, dari jam sessions, lokakarya musik dan budaya yang berbeda, serta banyak keseruan yang menyenangkan, mulai dari kerajinan budaya hingga kuliner lezat.

Dapatkan Tiket Kamu Di Sini

Apa yang bisa kamu nantikan di RWMF?

Sarawak Rainforest World Music Festival 2023
Image credit: Sarawak Tourism

Selama tiga hari, setidaknya ada 199 musisi dari 12 negara bakal tampil di RWMF 2023. Beberapa di antaranya datang dan berasal dari Prancis, Jamaika, Tanzania, Iran, Maladewa, India, dan masih banyak lagi lainnya!

Selain dapat melihat aksi artis dan musisi lokal maupun internasional, Sarawak Rainforest World Festival 2023 juga akan menampilkan talenta musik dari nama-nama besar seperti pemenang Grammy Awards, ‘Gipsy Kings’ yang menampilkan Tonino Baliardo dari Prancis!

Image credit: Sarawak Tourism

Selain menikmati dan mendengarkan berbagai musik tradisional hingga musik kontemporer dunia dimainkan, kamu juga bisa menjelajahi pameran budaya, kerajinan dan juga festival. Tentu saja, jangan lewatkan berbagai stan makanan yang menjual makanan khas Sarawak, yang bakal ramai dikunjungi oleh banyak orang!

Di mana RWMF akan diselenggarakan?

Sarawak Rainforest World Music Festival 2023
Image credit: Sarawak Tourism

Kamu mungkin bertanya-tanya: Mengapa festival “hutan hujan” diadakan di Sarawak? Inilah faktanya: Tahukah kamu bahwa hutan hujan menempati 60% lahan Sarawak, yang usianya diperkirakan sudah mencapai 140 juta tahun (termasuk sebagai salah satu hutan hujan tertua di dunia)?

Memiliki 31 suku dan etnis, Sarawak berkembang dengan tradisi budaya dan makanan yang unik untuk setiap suku. Belum lagi akan ada sebagian besar musik dan alat musik unik juga akan ditampilkan selama festival ini berlangsung.

Sederhananya festival Rainforest World Music bukan hanya festival musik akhir pekan yang epik. Konser ini adalah bagian dari inisiatif pariwisata berkelanjutan Sarawak yang tidak hanya menawarkan pengunjung waktu yang menyenangkan, tetapi juga menonjolkan keindahan hutan hujan Sarawak, sekaligus menampilkan budaya dan musik yang penuh warna dari masyarakatnya.

Sarawak Rainforest World Music Festival 2023
Image credit: Sarawak Tourism

Bagaimana cara menunjukkan kekayaan budaya dan alam yang begitu kaya? Sarawak memilih dengan cara menjadi tuan rumah festival musik dan budaya, yang menawarkan perpaduan unik antara budaya modern dan tradisional, makanan, musik, dan praktik keagamaan Sarawak.

Sarawak Cultural Village, museum luar ruang berbentuk replika rumah tradisional, yang mewakili kelompok etnis utama di Sarawak, telah menjadi lokasi pilihan untuk perhelatan Sarawak Rainforest World Music selama bertahun-tahun. Tidak hanya memberikan atmosfer asyik bagi pecinta musik untuk unjuk kemampuan, area ini juga mengenalkan pengunjung pada budaya unik Sarawak dengan segala keindahannya.

Ikuti keseruan Rainforest World Music Festival 2023 di Sarawak mulai 23–25 Juni 2023!

Dapatkan tiket dengan harga mulai dari RM230 (~IDR765,000)!

DAPATKAN TIKET KAMU DI SINI

Apa lagi yang bisa dilakukan di Sarawak Cultural Village

Image credit: Sarawak Cultural Village Official Facebook Page

Selain mengikuti RWMF 2023, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Sarawak Cultural Village, termasuk saat festival musik tidak digelar.

Image credit: Sarawak Cultural Village Official Facebook Page

Museum ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota di Kuching. Kamu bisa melakukan perjalanan setengah hari ke kawasan pedesaan dan menghabiskan sore hari berinteraksi dengan staf desa yang bertugas di setiap rumah tradisional. Tidak ada salahnya mengambil gambar bersama staf yang mengenakan kostum tradisional. Jangan sampai melewatkan mengikuti aktivitas tradisional yang unik bersama kelompok etnis Sarawak. Kamu bisa ikut mengolah hasil panen lokal seperti tebu dan sagu, bermain permainan tradisional, dan kesempatan untuk mengobrol dengan sesepuh rumah panjang.

Kamu juga bisa melanjutkan mengikuti aktivitas yang lebih interaktif seperti ambil bagian dalam lokakarya musik atau tari, sebelum menuju Teater Desa untuk menyaksikan kelompok tari pemenang penghargaan menampilkan tarian multikultural.

Image credit: Permai Rainforest Resort Official Facebook Page

Sarawak Cultural Village juga berada dekat dengan beberapa resor terbaik Kuching, seperti Damai Beach Resort yang memberikan pemandangan Gunung Santubong yang megah, dan Permai Rainforest Resort yang menawarkan spot bersantai yang asyik, jauh dari hiruk pikuk kota.

Menginap di resor ini tidak hanya memberi kesempatan terbaik untuk beristirahat dan bersantai, tetapi juga memberimu kesempatan mendaki Gunung Santubong, salah satu keajaiban alam terindah di Sarawak!

Sudah memiliki tiket ke Rainforest World Music Festival 2023 di Sarawak? 

Jelajahi Sarawak lebih jauh lagi selama berada di sana dengan mengunduh aplikasi “Enjoy Sarawak“. Cukup dengan berbelanja setidaknya RM250 (dengan lebih dari 140 paket perjalanan dan gaya hidup yang tersedia di aplikasi) untuk mendapatkan voucher RM100!  

Penawaran ini tersedia dari sekarang hingga 16 Juli 2023.

DOWNLOAD ENJOY SARAWAK DI SINI


Dipersembahkan oleh Sarawak Tourism Board.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru