Super Air Jet, Inilah Fakta Yang Kami Tahu Tentang Maskapai Baru Indonesia Ini!

Jumlah maskapai penerbangan di Indonesia dipastikan bakal bertambah setelah ada maskapai baru yang siap meramaikan dunia penerbangan lokal, yaitu Super Air Jet.

Diungkapkan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (4/5), Super Air Jet saat ini sedang mengurus izin operasional sebagai layanan angkutan penumpang.

Kabar adanya maskapai baru tersebut mendapat sambutan positif dari sejumlah pihak. Namun, ada banyak hal yang belum diketahui secara jelas mengenai maskapai tersebut. TripZilla Indonesia mengumpulkan sejumlah fakta menarik untuk menjawab sejumlah pertanyaan mengenai maskapai baru ini.

Super Air Jet

1. Mulai berdiri pada bulan Maret 2021

Maskapai Super Air Jet resmi berdiri pada Maret 2021. Dalam keterangannya, maskapai ini juga sudah memiliki kode penerbangan, yaitu “IU” dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA) dan “SJV” dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dikutip dari CNN Indonesia, maskapai ini secara hukum dimiliki oleh PT Kabin Kita Top. Sedangkan Ari Azhari, direktur utama Super Air Jet, mengungkapkan jika maskapai ini sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal dalam negeri.

2. Super Air Jet termasuk maskapai berbiaya murah

Maskapai baru tersebut akan bergerak di segmen maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC). Dalam keterangannya, dijelaskan bahwa ada permintaan yang cukup besar dari masyarakat untuk perjalanan udara, terutama para milenial dengan fokus utama melayani penerbangan berbiaya rendah secara langsung antarkota di pasar domestik. Rute internasional akan dilayani melihat perkembangan ke depan.

Traveler dari kalangan milenial menjadi target pasar maskapai ini dengan konsep “Super Cost”, yaitu menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat, sehingga lebih terjangkau.

Super Air Jet juga didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) bisa bepergian menggunakan pesawat udara untuk tujuan wisata, pendidikan hingga pebisnis muda.

3. Menggunakan pesawat Airbus

Sampai saat ini, maskapai tersebut akan mengoperasikan generasi terbaru pesawat Airbus 320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi, dengan tempat duduk yang ergonomis.

Super Air Jet

Maskapai juga didukung sumber daya manusia yang memenuhi standar kualifikasi untuk mampu dan menguasai bidang tugas sesuai profesinya.

“Super Air Jet telah melakukan standarisasi pelatihan bagi manajemen, seluruh awak pesawat, karyawan agar semakin meningkatkan keamanan dan pelayanan kepada para penumpang mendatang,” demikian menurut Ari Azhari dalam keterangan persnya.

4. Super Air Jet belum memiliki izin operasional

Meski sudah merilis kabar menjadi salah satu maskapai baru di Indonesia, maskapai ini belum memiliki izin terbang dan operasional.

Diungkapkan Adita Irawati, Jubir Kemenhub, maskapai ini sedang dalam proses mendapatkan Air Operator Certificate (AOC), atau izin operasi komersial. Adita tidak bisa memastikan kapan izin untuk maskapai ini bisa mengudara bisa keluar.

“Masih ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” ungkapnya seperti dikutip CNBC Indonesia.

5. Rute penerbangan yang dituju

Seperti halnya izin operasional dan terbang yang belum didapatkan dari Kemenhub, maskapai ini juga belum memiliki rute penerbangan yang jelas.

Namun demikian, maskapai LCC ini sudah memberikan gambaran mengenai rute yang dituju lewat penawaran layanan dengan penerbangan langsung antarkota secara poin-to-point di pasar domestik.

“Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit,” ungkap Ari lagi.

Dengan memasang target pasar kalangan milenial dan generasi muda, maskapai ini kemungkinan besar akan meramaikan destinasi rute penerbangan domestik yang sudah populer, seperti Bali, Jakarta, Lombok, Bandung, Medan, Surabaya hingga Makassar.

Baca juga: Daftar Maskapai Yang Tawarkan Rapid Test Antigen Gratis Untuk Penumpangnya

Wah, semakin banyak pilihan untuk bisa terbang ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, ya! Tertarik mencoba?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru