Pemegang Visa Wajib Miliki Surat Sehat Sebelum Balik Ke Korea Selatan

Kamu memiliki izin tinggal dan visa jangka panjang Korea Selatan? Jika iya, untuk bisa kembali ke Negeri Ginseng tersebut, pemegang izin tinggal dan visa jangka panjang wajib menjalani pemeriksaan medis, memastikan kondisi bebas Covid-19 dan mengantungi surat keterangan sehat sebelum kembali ke Korea Selatan.

Regulasi baru ini akan mulai berlaku pada 1 Juni 2020. Pemegang visa Korea Selatan juga akan langsung kehilangan visa dan izin tinggalnya jika tidak melakukan pemeriksaan medis yang diverifikasi oleh petugas imigrasi lokal.

Pemerintah Korea Selatan menjelaskan, hasil pemeriksaan medis harus tertulis dalam bahasa Inggris atau Korea, ditandatangani oleh pemeriksa kesehatan dan diverifikasi oleh istitusi kesehatan yang resmi.

surat sehat visa korea

“Di dalam surat keterangan harus tercantum tanggal pemeriksaan dan diagnosa apakah mengalami demam, batuk, sakit kepala, kesulitan bernafas, sakit pada otot dan gejala gangguan pada pernafasan,” demikian keterangan yang dirilis, seperti dikutip dari The Jakarta Post.

Tidak hanya itu saja, yang sudah mengantungi surat keterangan sehat dan bisa masuk ke Korea Selatan juga wajib melakukan tes Covid-19 dan karantina atau isolasi mandiri selama dua pekan, meski tidak memiliki gejala.

Adapun regulasi baru ini tidak berlaku untuk pemegang visa diplomatik atau Visa “Overseas Korean“, yang diberikan kepada orang yang memiliki orang tua atau kakek nenek yang sebelumnya memiliki kewarganegaraan Korea.

Sebelumnya program pemberian fasilitas bebas visa dan penerbitan visa turis untuk warga negara yang akan masuk ke Korea Selatan dihentikan pada bulan Maret lalu untuk menghambat munculnya kasus baru virus corona Covid-19. Pemerintah Korea Selatan akan memperketat pembatasan masuknya warga negara asing dengan alasan yang tidak penting atau darurat.

Baca juga: Program Pemberian Visa Korea Selatan Dihentikan Sementara Waktu

Bagi yang berencana kembali ke Korea Selatan untuk kepentingan belajar atau bekerja, jangan lupa untuk memenuhi semua ketentuan di atas, ya! Soalnya jika tidak memiliki surat keterangan sehat, pemegang visa Korea Selatan bakal kehilangan visa dan izin tinggal sementaranya. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru