Tukar Uang Di Bank, Syarat Dan Cara Melakukannya Secara Online

Lebaran sudah di depan mata dan tidak sedikit yang sudah menantikan momen tersebut. Salah satunya adalah mereka yang menginjak usia dini alias anak-anak. Bagaimana tidak, momen lebaran biasanya menjadi momentum mereka mendapatkan uang saku dari om, tante, kakek, nenek, ayah, ibu dan bahkan kakak mereka yang sudah bekerja. Tak sedikit pula mereka yang secara sukarela memberikan uang saku ikut berbahagia karenanya. Namun demikian, ada satu hal yang perlu dilakukan sebelum bagi-bagi uang dilakukan, yaitu tukar uang di bank.

Ya, menukarkan uang dalam pecahan nominal yang lebih kecil menjadi hal yang harus dilakukan. Namun, dibutuhkan usaha dan waktu khusus untuk bisa menukarkan uang di bank. Tak sedikit yang kemudian menukarkan uang kepada mereka yang menerima jasa penukaran uang, tentunya dengan memberikan sejumlah fee tertentu.

Nah, menjawab hal tersebut, Bank Indonesia memberikan solusi dengan menawarkan layanan tukar uang di bank secara online melalu aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah alias PINTAR.

Dikutip TripZilla Indonesia dalam laman resminya, aplikasi PINTAR ini merupakan layanan dari Bank Indonesia, yang memungkinkan masyarakat melakukan pemesanan penukaran uang rupiah yang rusak atau cacat, hingga memasan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI). Aplikasi ini sudah tersedia di PlayStore dan App Store, dan bisa diakses langsung di laman resmi Bank Indonesia di sini.

Bagi masyarakat yang ingin memaksimalkan layanan tukar uang di bank ini, ada syarat dan cara yang harus dipenuhi, yang bisa dilihat di bawah ini.

Syarat tukar uang di bank secara online

  • Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan.
  • Penukar wajib membawa bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling dalam bentuk digital/cetak.
  • Masyarakat yang akan menukarkan uang Rupiah harus terlebih dahulu memilah dan mengemas uang Rupiah yang ditukarkan.
  • Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang menukarkan uang Rupiah sebesar nilai nominal uang Rupiah yang ditukarkan dalam pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda.
  • Penggantian terhadap uang Rupiah diberikan sepanjang ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya.
  • Sebelum melakukan penukaran melalui kas keliling pada tanggal yang tertera pada bukti pemesanan, NIK-KTP tidak dapat digunakan untuk melakukan pemesanan baru layanan penukaran kas keliling. NIK-KTP dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran melalui kas keliling setelah tanggal yang tertera pada bukti pemesanan.
  • Pada saat melakukan penukaran, penukar dalam keadaan sehat serta menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Cara melakukan penukaran uang

  • Masuk ke halaman utama PINTAR
  • Memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah
  • Memilih daftar lokasi dan tanggal penukaran uang melalui kas keliling
  • Melakukan pengisian data pemesanan, seperti NIK-KTP, nama, nomor telepon dan juga alamat email.
  • Menentukan jumlah lembar/keping uang Rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.
  • Melakukan pemesanan untuk selanjutnya memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah

Bukti pemesanan penukaran nantinya akan dikirim ke alamat email yang sudah didaftarkan. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode pemesanan, nama penukar, lokasi penukaran, jadwal penukaran, dan jumlah uang Rupiah yang akan ditukarkan. Ikuti jadwal yang sudah ditentukan untuk melakukan penukaran uang.

Baca juga: 6 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis Yang Wajib Kamu Install

Untuk layanan tukar uang di bank untuk momentum lebaran tahun ini akan dilayani hingga 28 April 2022. Jadi, buruan daftar sekarang juga!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru