Syarat Masuk Inggris Yang Harus Diketahui Traveler Indonesia Sebelum Berkunjung

Tahukah kamu bahwa Indonesia tidak masuk dalam daftar red list pemerintah Inggris terkait Covid-19? Itu artinya pemegang paspor Indonesia diizinkan untuk masuk dan liburan di kawasan Inggris Raya, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan juga Irlandia Utara. Asyiknya, syarat masuk Inggris yang dikeluarkan otoritas setempat sangat mudah untuk dipenuhi, termasuk bagi traveler Indonesia, lho!

Bagi yang punya rencana, agenda atau kepentingan bisnis, belajar, bekerja atau wisata di negaranya Ratu Elizabeth tersebut, mengetahui syarat masuk Inggris bisa menjadi hal yang penting sebelum perjalanan dilakukan. Yuk simak info dari TripZilla Indonesia di bawah ini!

Image credit: Heidi Fin

Syarat masuk Inggris dan aturan perjalanan bagi traveler yang sudah divaksin

Secara umum, semua traveler yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap diizinkan untuk masuk kawasan Inggris Raya. Untuk bisa melakukannya, ada sejumlah hal yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Mengisi Passenger Locator Form dalam periode waktu 48 jam sebelum tiba di Inggris
  • Menunjukkan bukti telah menjalani vaksinasi. Sertifikat vaksin yang ditunjukkan bisa dalam bentuk fisik maupun digital dari otoritas kesehatan negara yang telah diverifikasi. Adapun pemerintah Inggris mengakui delapan jenis vaksin, yang penggunaannya sudah disahkan oleh WHO, antara lain Covaxin, Moderna, Janssen (satu dosis), Novavax (Nuvaxovid dan Covovax), Oxford/AstraZeneca, Pfizer BioNTech, Sinopharm Beijing dan Sinovac-CoronaVac.
  • Pastikan kamu memiliki dokumen perjalanan yang masih berlaku, mulai dari paspor dan visa.

Catatan penting: Kabar gembira buat traveler yang sudah divaksin, kamu tidak memiliki kewajiban untuk menjalani tes Covid-19 sebelum melakukan perjalanan ke Inggris. Selain itu, setelah tiba di Inggris, traveler yang sudah divaksin juga tidak perlu melakukan tes Covid-19 atau menjalani karantina.

Syarat masuk Inggris dan perjalanan untuk traveler yang belum divaksin

Bagi traveler yang belum divaksin, ada sejumlah ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Melengkapi Passenger Locator Form 48 jam sebelum tiba di Inggris
  • Menjalani tes Covid-19 dengan metode PCR atau Lateral Flow Test (LFT), tidak lebih dari 48 jam sebelum melakukan perjalanan. Untuk bisa masuk ke Inggris, kamu harus menunjukkan hasil getaif dari tes tersebut.
  • Memesan dan melakukan pembayaran tes Covid-19 setibanya di Inggris. Langkah ini harus diambil setidaknya sebelum hari kedua setibanya di Inggris. Kamu tidak perlu melakukan karantina atau isolasi mandiri selama menunggu hasil tes tersebut.

Bila tes menunjukkan hasil positif, kamu harus menjalani isolasi mandiri selama sepuluh hari. Akan tetapi, kamu bisa mengakhiri masa isolasi dengan menunjukkan hasil negatif dari dua tes LFT yang diambil dengan jangka waktu 24 jam. Di Inggris, Wales dan Irlandia Utara, kamu bisa mengambil tes LFT mulai hari kelima masa isolasi, sementara di Skotlandia, kamu bisa mengambil tes mulai hari keenam.

Aturan pembatasan Covid-19 di Inggris

Hingga artikel ini diterbitkan, Inggris tidak lagi mengeluarkan pembatasan Covid-19 di wilayahnya, yang berarti tidak ada aturan mengikat mengenai penggunaan masker di ruang publik, kecuali ketika berada di sarana kesehatan atau ketika menggunakan transportasi umum di London. Pemerintah Inggris juga hanya merekomendasikan warganya yang positif Covid-19 untuk berada di rumah, tanpa ada sanksi yang mengikat secara tegas bagi yang melanggarnya.

Di Skotlandia, bagi yang tercatat positif Covid-19 masih diwajibkan menjalani isolasi mandiri, sementara aturan penggunaan masker wajah dan tracing kontak erat masih akan diberlakukan hingga akhir Maret 2022. Sedangkan di Irlandia Utara dan Wales, aturan penggunaan masker di ruang publik sudah dihapus. Kedua negara tersebut juga masih mewajibkan warganya yang positif Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Panduan Mengajukan Visa Inggris (UK) Untuk WNI

Sudah tahu syarat masuk Inggris, kan? Punya rencana untuk melakukan perjalanan ke sana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru