Buka Perbatasan, Wisatawan Boleh Masuk Sri Lanka Dengan Syarat Ketat

Satu lagi negara yang memutuskan membuka perbatasannya dan mengizinkan warga negara asing masuk di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali ini, yaitu Sri Lanka. Namun, pemerintah Sri Lanka setempat menegaskan traveler yang masuk wajib mengikuti dan mematuhi syarat dan protokol kesehatan dengan ketat.

Otoritas pemerintah Sri Lanka telah menerapkan protokol kesehatan, panduan keamanan dan langkah pengamanan dalam menyambut warga negara dan wisatawan asing.

“Dengan senang dan gembira, kami mengumumkan bahwa Sri Lanka telah terbuka untuk pariwisata mulai Kamis,” ungkap Kepala Otoritas Pengembangan Pariwisata Sri Lanka Kimarli Fernando.

“Dengan kami kembali membuka pintu perbatasan untuk dunia sekali lagi, kami sudah mencabut semua pembatasan, memastikan setiap langkah pencegahan telah berjalan sebagaimana mestinya untuk menjadikan negara ini aman, nyaman dan tenteram bagi pengunjung.”

Setiap pendatang diminta menunjukkan surat keterangan sehat sebelum melakukan penerbangan menuju Sri Lanka. Selain itu, warga negara asing juga harus menunjukkan bukti hasil negatif dari tes PCR, yang diambil 96 jam sebelum kedatangan. Selain itu, yang bersangkutan juga harus melakukan dua kali tes lanjutan apabila melakukan kunjungan maksimal tujuh hari, atau tiga tes lanjutan jika durasi kunjungi lebih dari satu pekan.

Terkait akomodasi yang dipilih, traveler wajib menunjukkan bukti pemesanan tempat di satu dari 55 hotel yang mendapat sertifikat “Safe & Secure”. Hotel tersebut juga harus wajib menyediakan transportasi khusus dari bandara. Traveler juga tidak diizinkan keluar hotel selama 14 hari, kecuali ke lokasi-lokasi wisata tertentu yang telah disetujui dalam jangka waktu tertentu.

Setelah menjalani periode “karantina” selama 14 hari, traveler diizinkan meninggalkan hotel dengan catatan hasil tes PCR-nya negatif. Warga yang datang ke Sri Lanka juga wajib membeli asuransi kesehatan senilai 12 USD dengan nilai polis hingga 50,000 USD untuk perawatan Covid-19.

Syarat lainnya adalah, bagi warga negara yang datang dari Inggris tidak diizinkan untuk masuk ke Sri Lanka. Otoritas pemerintah setempat juga melarang penerbangan dari Inggris masuk ke wilayahnya untuk menghindari penyebaran virus corona varian baru.

Baca juga: WNI Dapatkan Fasilitas Gratis Biaya Visa Sri Lanka

Bagaimana, tertarik untuk liburan ke Sri Lanka di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali seperti sekarang ini?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru