Siap Sambut Turis Asing Mulai 1 Agustus, Ini Syarat Masuk Thailand!

Mulai 1 Juli 2020, pemerintah Thailand sudah membuka pintu perbatasan untuk masuknya turis dari negara lain. Namun demikian, turis yang diizinkan masuk hanyalah mereka yang memiliki kepentingan khusus, dan bukan untuk wisata. Ada sejumlah syarat dan aturan ketat yang harus dipenuhi turis yang masuk ke Thailand.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah Thailand, pembukaan pintu perbatasan dilakukan secara bertahap. Pada pembukaan tahap pertama, warga negara asing yang masuk ke Thailand adalah yang memenuhi syarat khusus, yaitu memiliki undangan berkunjung, atau orang yang dianggap memiliki kepentingan khusus dalam penanganan Covid-19 di Thailand, atau orang yang bekerja di bidang diplomasi, organisasi internasional, perwakilan negara dan pemerintahan asing dan atau badan internasional yang memiliki izin beroperasi di Thailand.

Tidak hanya itu saja, warga negara asing yang diizinkan masuk adalah orang yang memiliki keluarga yang berkewarganegaraan Thailand, atau memiliki izin tinggal, atau memiliki izin kerja khusus di Thailand. Warga negara asing yang harus menjalani pengobatan di Thailand juga diizinkan masuk. Pelajar dari luar negeri, staf maskapai atau mereka yang bekerja untuk membawa kebutuhan logistik penting ke Thailand pun mendapat izin masuk ke Thailand.

Image credit: Icon0

Namun mulai 1 Agustus 2020, pemerintah Thailand membuka pintu lebar-lebar untuk masuknya turis asing untuk kepentingan wisata karena pembukaan sudah memasuki tahap selanjutnya.

Seperti halnya pembukaan tahap pertama, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh warga negara asing untuk bisa masuk ke Thailand. Syaratnya bisa dilihat di bawah ini:

  • Memiliki visa dan memenuhi peraturan standar imigrasi Thailand.
  • Asuransi kesehatan perjalanan, yang juga meng-cover perawatan Covid-19
  • Kartu keterangan sehat yang diisi sebelum keberangkatan
  • Menggunakan masker mulut dan hidung selama penerbangan dan saat berada di bandara
  • Mengikuti pengukuran suhu badan saat kedatangan
  • Memenuhi kuota 1,000 orang warga negara asing yang masuk Thailand per harinya, sehingga tidak ada kewajiban karantina mandiri selama 14 hari oleh penumpang.

Baca juga: Turis Masuk Thailand Melalui Bandara Wajib Jalani Tes Covid-19

Bagi yang ingin liburan ke Thailand, penting sekali memenuhi semua aturan dan persyaratan yang sudah ditetapkan, dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. Tetap jaga kesehatan, guys!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru