Prancis Cabut Semua Syarat Perjalanan Terkait Covid-19 Ke Wilayahnya

Prancis mencabut semua syarat perjalanan ke wilayahnya yang terkait Covid-19, yang memungkinkan traveler dari berbagai negara bisa masuk dengan hanya berbekal paspor dan visa.

Sebelumnya, Prancis memberlakukan syarat perjalanan ke wilayahnya dengan cukup ketat, mulai dari menunjukkan hasil tes Covid-19 dengan metode tertentu, menunjukkan bukti telah menjalani vaksinasi Covid-19 sesuai ketentuan hingga memberlakukan aturan khusus mengenai traveler yang berasal dari negara tertentu.

Namun, dengan situasi pandemi yang terus melandai dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah Prancis memutuskan untuk mencabut semua syarat perjalanan terkait Covid-19 ke wilayahnya.

“Menghadapi fase baru dari pandemi, sistem kendali kesehatan di perbatasan dicabut, sesuai dengan aturan yang mengakhiri situasi luar biasa yang diciptakan untuk memerangi pandemi yang terkait dengan COVID-19,” demikian pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Prancis.

Meski begitu, pemerintah Prancis tetap memegang kendali kebijakan dan kedaulatan untuk menarik “rem darurat” apabila melihat ada perubahan situasi dalam beberapa bulan ke depan. Kebijakan ini akan dijalankan hingga 21 Januari 2023 mendatang.

“Pemerintah mempertahankan hingga 21 Januari 2023 kemungkinan mengaktifkan langkah-langkah “rem darurat” untuk jangka waktu maksimal dua bulan, setelah berkonsultasi dengan otoritas tinggi kesehatan jika terjadi kemunculan dan peredaran varian baru COVID-19, yang bisa menjadi ancaman kesehatan yang serius atau, di wilayah luar negeri, dalam hal risiko sistem kesehatan,” lanjut pernyataan tersebut.

Dengan demikian, Prancis menjadi salah satu negara Eropa lainnya yang sudah mencabut kebijakan perjalanan terkait Covid-19. Sebelumnya, Portugal menjadi negara Eropa lainnya yang juga mencabut semua syarat perjalanan terkait Covid-19 di bulan Juli lalu.

Bagi pemegang paspor Indonesia yang ingin jalan-jalan dan liburan ke Prancis, syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki visa Schengen dan paspor yang masih berlaku, serta sejumlah ketentuan normatif lainnya.

Baca juga: Syarat Membuat Visa Schengen Ditambah Usai Pandemi Covid-19

Nah, apakah kamu sudah siap jalan-jalan dan liburan ke Prancis lagi?

 

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru