Syarat Perjalanan VTL Bintan Batam Singapura Yang Harus Diketahui Traveler Indonesia

Punya rencana bepergian ke Singapura? Jika iya, kamu bisa melakukan perjalanan bebas karantina dari Indonesia melalui dua jalur Vaccinated Travel Lane, atau VTL, yaitu melalui udara dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang ke Changi International Airport dan sebaliknya, serta melalui laut dari Nongsapura International Ferry Terminal di Batam atau Bandar Bintan Telani Ferry Terminal di Bintang ke Tanah Merah Ferry Terminal di Singapura dan sebaliknya. Bagi yang ingin melakukan perjalanan lewat laut, syarat perjalanan VTL Bintan Batam Singapura ini wajib diketahui, agar perjalanan kamu bisa lancar dan tanpa halangan.

Siapa yang bisa melakukan perjalanan ke Singapura melalui skema perjalanan VTL Bintan/Batam Singapura?

Pemegang paspor Indonesia yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap boleh melakukan perjalanan ke Singapura, yang nantinya tidak harus menjalani karantina.

Adapun ketentuan “sudah divaksin” yaitu telah menjalani vaksinasi dosis lengkap dengan menggunakan vaksin yang telah disetujui penggunaannya oleh WHO, paling lambat 14 hari dari suntikan dosis terakhir sebelum melakukan perjalanan. Bagi yang sudah divaksin wajib menunjukkan bukti sertifikat vaksin yang terverifikasi.

Untuk anak berusia 12 tahun ke bawah juga diizinkan masuk ke Singapura dengan menggunakan jalur VTL dan tidak wajib mengajukan Vaccinated Travel Pass (VTP). Namun demikian, yang bersangkutan harus mematuhi semua syarat perjalanan VTL Bintang/Batam Singapura lainnya dan harus ditemani oleh traveler yang sudah divaksin.

syarat perjalanan vtl bintan batam singapura

Syarat perjalanan VTL Bintan/Batam ke Singapura

Sebelum melakukan perjalanan ke Singapura

  • Mengajukan Vaccinated Travel Pass (VTP) dari jalur laut – Pemegang paspor Indonesia wajib mengajukan permohonan VTP dari jalurlaut antara 3 dan 60 hari kalender sebelum rencana kedatangan. Perlu diketahui, pengunjung yang melakukan perjalanan melalui laut harus mengajukan VTP Laut, karena pass tidak dapat ditukar dengan VTP Udara. Ajukan permohonan VTP di sini!
  • Membuat pernyataan histori perjalanan dan transit – Bila melakukan perjalanan ke luar negeri pada periode tujuh hari terakhir sebelum perjalanan ke Singapura dilakukan, traveler wajib mengumumkan histori perjalanan yang dilakukan.
  • Melakukan pemesanan tiket kapal feri jalur VTL – Traveler yang ingin masuk ke Singapura dengan menggunakan jalur VTL wajib melakukan pembelian tiket feri layanan khusus jalur VTL. Adapun perjalanan akan dimulai dari Terminal Feri Internasional Nongsapura di Batam atau Terminal Feri Bandar Bintan Telani di Bintan menuju ke Terminal Feri Tanah Merah di Singapura.
  • Mengumpulkan Singapore Arrival Card – Setiap traveler wajib mengumpulkan formulir pernyataan kesehatan, sejarah perjalanan dan akomodasi paling lambat tiga hari sebelum perjalanan dilakukan. Pernyataan tersebut bisa dikirimkan melalui Visit Singapore Travel Guide atau SG Arrival Card (SGAC) e-Service. Unduh aplikasinya di sini.
  • Menjalani tes Covid-19 minimal 48 jam sebelum keberangkatan – Traveler berusia dua tahun ke atas wajib menjalani tes Covid-19 48 jam sebelum keberangkatan, dan harus menunjukkan hasil negatif dengan metode PCR. Tes juga harus dilakukan di fasilitas medis atau laboratorium yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Perlu dicatat, traveler yang sudah divaksin secara lengkap dan baru pulih dari Covid-19 (dalam kurun waktu 90 hari dari infeksi terakhir) tidak memiliki kewajiban menjalani tes dan atau menjalani karantina apabila bisa menunjukkan bukti yang terverifikasi dan menggunakan bahasa Inggris, memiliki tanggal tes, nama pelaku perjalanan, tanggal lahir dan nomor pasport, mengenai kondisinya tersebut.
  • Memesan tes Covid-19 dengan metode ART saat kedatangan – Traveler yang masuk ke Singapura harus memesan Supervised Self-administrated Antigen Rapid Test (ART) di Quick Test Centre (QTC) atau Combined Test Centre (CTC) melalui link pemesanan yang disediakan di tautan Testing Notice dalam dokumen VTP yang sudah disetujui.
  • Mengunduh aplikasi TraceTogether – Aplikasi ini wajib diunduh sebelum perjalanan dilakukan dan harus aktif selama berada di Singapura.
  • Membeli asuransi Covid-19 – Traveler wajib memiliki asuransi Covid-19 yang memberikan perlindungan terhadap Covid-19 dengan nilai perlindungan minimal 30,000 SGD.
  • Mempersiapkan dokumen perjalanan resmi – Paspor, bukti konfirmasi akomodasi dan pembayaran, tiket pulang VTL, sertifikat vaksin (PeduliLindungi), VTP, hasil tes ART atau PCR sebelum keberangkatan, SGAC yang sudah dilengkapi dan bukti memiliki asuransi kesehatan menjadi dokumen yang harus ditunjukkan.

Tiba di Singapura

Sesampainya di Singapura, traveler harus menunjukkan semua dokumen yang menjadi persyaratan masuk, yaitu:

  • VTP yang valid, baik elektronik atau versi cetak.
  • Sertifikat vaksin, baik dalam bentuk elektronik atau versi cetak
  • Hasil negatif tes Covid-19 dengan metode PCR dalam bahasa Inggris, baik dalam bentuk elektronik atau versi cetak
  • Visa yang valid
  • Bukti kepemilikan asuransi Covid-19

Selain itu, traveler harus menjalani tes Covid-19 dengan metode ART dalam kurun waktu 24 jam sejak kedatangan di Singapura di salah satu Quick Test Centres (QTC) atau Combined Tes Centres (CTC), yang bisa ditemukan di sejumlah lokasi atau hotel di Singapura. Setiap tes dikenakan biaya 15 SGD (~150,000 IDR) dengan pembayaran dilakukan dengan metode cashless.

Selama berada di Singapura

Selama berada di Singapura, kamu wajib menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, mulai dari mengenakan masker di area publik, mengaktifkan aplikasi TraceTogether, tidak berkumpul lebih dari lima orang, termasuk saat makan bersama.

Pemerintah Singapura juga melakukan sejumlah pembatasan, di antaranya mengurangi kapasitas pengunjung menjadi 50% di sejumlah destinasi wisata dan wahana hiburan. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) juga merilis sejumlah protokol yang harus dipatuhi apabila kamu merasa tidak enak badan dengan menunjukkan gejala Covid-19 selama berada di Singapura, yang bisa dilihat di sini.

Baca juga: Syarat Perjalanan Vaccinated Travel Lanes (VTL) Ke Singapura Yang Harus Kamu Tahu

Nah, sudah tahu syarat perjalanan VTL Bintan Batam Singapura, kan? Penuhi semuanya sebelum melakukan perjalanan agar agenda liburan kamu ke Singapura bisa berjalan lancar!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru