Syarat Perjalanan Vaccinated Travel Lanes (VTL) Ke Singapura Yang Harus Kamu Tahu

Indonesia dan Singapura akhirnya menjalin kesepakatan terkait skema perjalanan Vaccinated Travel Lane atau VTL, yang mulai berjalan efektif pada 29 November 2021. Dengan skema perjalanan tersebut, warga dari Indonesia dan Singapura tidak perlu lagi menjalani karantina setibanya di negara yang dituju. Namun, perlu diketahui secara khusus untuk warga Indonesia yang akan menuju ke Singapura dan sebaliknya, ada syarat perjalanan Vaccinated Travel Lanes atau VTL yang harus dipenuhi dan dipatuhi!

Nah, agar perjalanan kamu ke Singapura, atau kembali ke Indonesia, tidak mendapatkan kendala di imigrasi, TripZilla Indonesia akan membantu kamu memahami apa itu Vaccinated Travel Lanes atau VTL dan menginformasikan syarat yang harus dipenuhi untuk memuluskan rencana liburan dan wisata kamu.

Baca juga: Melalui Skema VTL, Traveler Indonesia Bisa Ke Singapura Tanpa Karantina Per 29 November

Apa itu Vaccinated Travel Lanes?

Vaccinated Travel Lanes atau VTL adalah jalur yang disepakati secara khusus oleh Singapura dan negara lain yang menjalin kerja sama, termasuk di antaranya Indonesia, untuk kepentingan wisata. Traveler yang diizinkan masuk ke Singapura, dan sebaliknya, adalah mereka yang sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang sudah ditentukan, salah satunya adalah telah menerima vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap.

Traveler yang memaksimalkan skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes, atau VTL, ke Singapura dan ke Indonesia, bisa langsung bepergian secara bebas dan aman di negara yang dituju tanpa harus menjalani periode karantina.

Kapan traveler Indonesia bisa masuk ke Singapura dengan menggunakan skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes atau VTL ini?

Seperti diumumkan bersama oleh pemerintah Singapura dan Indonesia, skema perjalanan VTL antara dua negara akan mulai efektif berjalan pada 29 November 2021. Namun, kamu tak bisa langsung terbang ke Singapura dan bisa berwisata dengan bebas dan aman, karena ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Image credit: Pascal Meier

Syarat perjalanan ke Singapura yang harus dipenuhi dalam skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes (VTL)

Sebelum melakukan perjalanan ke Singapura, kamu bisa mengajukan Vaccinated Travel Pass (VTP), yang sudah dibuka sejak 22 November 2021. Kamu bisa melakukan pendaftaran di sini.

Perlu diketahui, pengajuan VTP ke Singapura harus dilakukan antara 7 dan 60 hari sebelum tanggal keberangkatan ke Singapura dengan masa berlaku VTP enam hari dari tanggal masuk ke Singapura.

Selain itu, traveler juga wajib memasukkan SG Arrival Card, dengan surat keterangan sehat dan sejarah perjalanan, tiga hari sebelum masuk ke Singapura. Bagi yang tidak menjalani vaksinasi Covid-19 di Singapura sangat disarankan untuk mengumpulkan sertifikat vaksin dalam pernyataan kesehatan, sebagai bagian dari permohonan fomulir SG Arrival Card.

Adapun syarat yang harus dipenuhi traveler Indonesia untuk bisa ke Singapura adalah:

  • Telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dalam dosis lengkap. Dosis terakhir diberikan minimal 14 hari sebelum keberangkatan ke Singapura.
  • Memiliki sertifikat vaksin berbahasa Inggris dengan kode QR yang terintegrasi di sistem PeduliLindungi. Saat ini, Singapura telah mengakui jenis vaksin Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Pfizer-Biontech, Moderna dan Janssen (Johnson & Johnson).
  • Harus menunjukkan bukti negatif hasil tes rapid antigen atau PCR, yang pengambilan sampel tes maksimal 48 jam sebelum melakukan perjalanan dan penerbangan ke Singapura. Perlu dicatat bahwa hasil tes harus menggunakan bahasa Inggris dengan memuat nama turis, nomor paspor, hasil negatif Covid-19, tanggal dan jam pengambilan sampel serta nama institusi kesehatan pengambilan sampel tersebut. Untuk lab yang diakui bisa dilihat di sini.
  • Memiliki asuransi Covid-19 dengan nilai perlindungan minimal 30,000 SGD, atau sekitar 300,000,000 IDR
  • Traveler Indonesia dengan menggunakan skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes ke Singapura harus menggunakan maskapai yang menyediakan penerbangan khusus VTL.
  • Traveler Indonesia yang menggunakan skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes tidak memiliki histori perjalanan ke negara lain non-VTL dalam periode waktu 14 hari sebelum perjalanan ke Singapura.
  • Travaler Indonesia yang menggunakan skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes hanya melakukan perjalanan atau transit melalui negara-negara yang menjalin kerja sama VTL yang berada dalam daftar di sini (Hong Kong, Macao, China, Taiwan) dan/atau Singapura dalam 14 hari terakhir sebelum perjalanan ke Singapura.

Setibanya di Singapura, traveler asal Indonesia nantinya juga harus menjalani sejumlah pengecekan, antara lain:

  • Melakukan tes PCR setibanya di Bandara Changi Singapura. Kamu harus melakukan pemesanan tes PCR terlebih dahulu saat kedatangan dengan mengunjungi laman ini.
  • Menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan nilai perlindungan minimal 30,000 SGD, atau sekitar 300,000,000 IDR
  • Mengunduh aplikasi TraceTogether untuk Android di sini dan Apple di sini
  • Hanya menggunakan taksi/transportasi pribadi menuju akomodasi karantina mandiri
  • Melakukan karantina mandiri hingga hasil tes PCR diterima
Image credit: Nadezhda1906 via Canva Pro

Untuk kebijakan karantina dan isolasi mandiri, pemerintah Singapura menetapkan bahwa traveler bisa melakukan isolasi di lokasi dengan kriteria di bawah ini:

  • Akomodasi residental, seperti rumah milik sendiri atau sewaan.
  • Akomodasi non-residental, seperti hotel atau apartemen yang berada dalam daftar ini. Sebelum melakukan pemesanan, traveler harus memastikan akomodasi yang dipilih membolehkan tamunya melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil tes PCR Covid-19.

Untuk syarat perjalanan ke Singapura dengan menggunakan skema Vaccinated Travel Lanes atau VTL ini tidak berlaku secara ketat untuk anak di bawah 12 tahun, dengan ketentuan anak tersebut belum menjalani vaksinasi dan harus ditemani oleh orang tua atau wali yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap. Akan tetapi, anak-anak yang berusia 3 hingga 12 tahun harus tetap menjalani tes Covid-19 setibanya di Singapura.

Maskapai yang melayani skema perjalanan Vaccinated Travel Lanes dari/ke Singapura

Saat ini, maskapai yang telah melayani penerbangan Vaccinated Travel Lanes dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya adalah:

  • Singapore Airlines, dengan nomor penerbangan SQ953, dengan jadwal penerbangan rutin setiap hari
  • Garuda Indonesia, dengan nomor penerbangan GA836 dengan jadwal penerbangan Senin dan Rabu pada pukul 15.30 WIB dan tiba di Singapura pada pukul 18.15, sementara untuk penerbangan Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 15.15 dari Jakarta dan tiba pada pukul 18.00 di Singapura.

Baca juga: Bersiap Untuk VTL, Garuda Indonesia Rilis Syarat Perjalanan Ke Singapura

Nah, sudah tahu syarat perjalanan VTL ke Singapura, kan? Penuhi semua ketentuan dan persyaratan untuk bisa wisata dan liburan dengan aman dan nyaman, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru