Bersiap Untuk VTL, Garuda Indonesia Rilis Syarat Perjalanan Ke Singapura

Mulai 29 November 2021, pemerintah Indonesia dan Singapura akan memberlakukan kerja sama kebijakan perjalanan bebas karantina untuk warganya melalui skema Vaccinated Travel Lane (VTL). Dengan aturan yang disepakati, warga negara Indonesia dan Singapura bisa saling mengunjungi di wilayah masing-masing untuk berbagai kepentingan tanpa harus menjalani karantina. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada syarat perjalanan yang harus dipatuhi untuk setiap pemegang paspor Indonesia yang ingin bepergian ke Singapura, salah satunya seperti yang diinformasikan Garuda Indonesia

Maskapai plat merah Indonesia, yang mendukung skema perjalanan VTL ini, menekankan pentingnya untuk setiap penumpang memenuhi aturan yang disyaratkan untuk bisa mempermudah perjalanan mereka ke Singapura. Untuk itu, Garuda Indonesia memberikan informasi mengenai syarat perjalanan dalam skema VTL yang harus dipenuhi untuk bisa ke Singapura.

Dalam akun Twitter-nya, Garuda Indonesia membagi persyaratan menjadi dua kelompok, yaitu syarat sebelum terbang dan saat tiba di Singapura.

Untuk syarat sebelum terbang yang harus dipenuhi adalah:

  • Penumpang harus menyerahkan aplikasi Vaccinated Travel Lane (VTL) 7-60 hari sebelum tanggal perjalanan.
  • Memiliki asuransi Covid-19 dengan nilai perlindungan minimal 30,000 SGD, atau sekitar 300,000,000 IDR
  • Penumpang juga harus berada di Indonesia dalam 14 hari terakhir
  • Penumpang wajib telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan bisa menunjukkan bukti sertifikat vaksin yang valid. Untuk anak di bawah 12 tahun bisa terbang dengan didampingi oleh orang dewasa yang sudah divaksin.
  • Membawa hasil negatif tesPCR atau rapid antigen yang diambil dua hari sebelum keberangkatan, dengan hasil tes menggunakan bahasa Inggris.
  • Mengunduh aplikasi TraceTogether untuk Android di sini dan Apple di sini

Untuk syarat yang harus dipenuhi setelah tiba di Singapura adalah:

  • Melakukan tes PCR saat kedatangan
  • Hanya menggunakan taksi/transportasi pribadi menuju akomodasi karantina mandiri
  • Melakukan karantina mandiri hingga hasil tes PCR diterima

Garuda Indonesia mendukung skema VTL dengan mengeluarkan masing-masing lima jadwal penerbangan dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya setiap minggunya.

Untuk penerbangan Jakarta – Singapura (penerbangan VTL) menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan GA836 dengan jadwal penerbangan Senin dan Rabu pada pukul 15.30 WIB dan tiba di Singapura pada pukul 18.15, sementara untuk penerbangan Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 15.15 dari Jakarta dan tiba pada pukul 18.00 di Singapura.

Sedangkan untuk penerbangan Singapura – Jakarta menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan GA837, dengan jadwal penerbangan Senin dan Rabu yang berangkat pada pukul 19.15 dan tiba pada pukul 20.10 WIB di Jakarta, sementara untuk penerbangan Selasa, Kamis dan Sabtu akan berangkat pada pukul 19.00 dan tiba di Jakarta pada pukul 20.00.

Baca juga: Jalur VTL Dibuka, Tempat Wisata Singapura Paling Baru Ini Bisa Kamu Kunjungi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat perjalanan dari Garuda Indonesia bisa dilihat di sini.

 

Preview image credit: Jiachen Lin | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru