Tarif Bagasi Lion Air Group Disesuaikan Mulai 1 September 2019

Tarif bagasi Lion Air Group akan mengalami penyesuaian mulai 1 September 2019. Penerapan tarif baru berlaku untuk bagasi yang mengalami kelebihan berat maupun dimensi saat pelaporan di bandara udara.

Penghitungan biaya kelebihan bagasi (excess baggage) akan mengikuti berat aktual sesuai dengan penghitungan timbangan di bandara. Hal yang sama juga berlaku untuk kelebihan dimensi dari yang disyaratkan.

Dalam keterangan resminya, maskapai Lion Air Group memberlakukan tarif baru sebesar 24,000 IDR per kilogram untuk kelebihan bagasi pada rute penerbangan dengan durasi kurang dari satu jam. Selanjutnya, tarif sebesar 49,000 IDR per kilogram akan diberlakukan bagi bagasi yang mengalami kelebihan pada rute penerbangan dengan durasi tempuh dua jam. Aturan di atas mengikat untuk setiap penerbangan yang menggunakan Lion Air.

Untuk yang menggunakan Batik Air, tarif 33,000 IDR per kilogram ditetapkan untuk kelebihan bagasi pada rute penerbangan dengan durasi kurang dari satu jam, sedangkan untuk rute penerbangan dengan durasi dua jam akan dikenakan tarif 70,000 IDR per kilogram.

Untuk Wings Air, tarif 28,000 IDR per kilogram ditetapkan untuk kelebihan bagasi pada rute penerbangan dengan durasi kurang dari satu jam. Sementara tarif 44,000 IDR per kilogram ditetapkan untuk penerbangan dengan durasi lebih dari dua jam.

Image credit: @ihikhi

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan resminya mengatakan, pembelian kuota kelebihan bagasi juga bisa dilakukan sebelum keberangkatan. Namun pembelian kuota bagasi yang dilakukan sebelum waktu keberangkatan hanya tersedia 5, 10, 15, 20 kilogram, dengan maksimal pembelian 30 kilogram per penumpang.

Ada pun untuk tarif pre-paid baggage juga akan memiliki nilai yang berbeda-beda disesuikan dengan maskapai pada rute yang dilayani. Tarif tersebut berlaku pada maskapai Lion Air dan Wings Air, mengingat keduanya tidak memasukkan biaya bagasi pada harga tiket.

Untuk maskapai Lion Air, tarif pre-paid baggage adalah 17,000 IDR per kilogram untuk penerbangan di bawah satu jam dan 36,000 IDR per kilogram untuk penerbangan dengan durasi dua jam. Sedangkan Wings Air akan memasang tarif 22,000 IDR per kilogram untuk semua penerbangan mereka.

Pembelian pre-paid baggage bisa dilakukan melalui pembelian voucher bagasi di agen perjalanan, situs web resmi, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket, dengan batas waktu pembelian maksimal enam jam sebelum keberangkatan.

Perlu diketahui, calon penumpang hanya diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg dan satu barang pribadi, seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular serta tas jinjing wanita. Sedangkan ketentuan ukuran dimensi bagasi kabin yang diperbolehkan masuk adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Baca juga: Tips Packing Untuk Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat

Nah, sudah jadi lebih tahu dan jelas seputar tarif bagasi Lion Air Group, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru