Tarif Otomatis Kereta Api Mulai Diberlakukan Pada 2020

Yang ingin bepergian menggunakan kereta api untuk jalan-jalan dan plesiran, dan ingin sedikit berhemat, mungkin akan lebih baik melakukan pembelian tiket tidak dekat pada hari keberangkatan. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan tarif otomatis mulai tahun 2020.

Tarif otomatis yang dimaksud adalah harga tiket kereta api akan menyesuaikan waktu pembelian, yang berarti semakin dekat pembelian tiket pada hari keberangkatan, harganya akan semakin mahal. Aturan ini akan efektif berlaku untuk kereta api jarak jauh.

Diungkapkan Didik Hartanto, Direktur Keuangan PT KAI dalam Konferensi Pers Investor Gathering Obligasi II KAI di Jakarta, awal pekan ini, pihaknya menjamin harga tiket kereta api, meski semakin mahal menjelang hari keberangkatan, harga tiket tidak akan sampai melampaui tarif batas atas yang sudah ditetapkan.

Image credit: @yogizakarian

Selain itu, Didik juga menjelaskan jika tiket jelang keberangkatan baru akan dijual 30 hari sebelum keberangkatan, berubah dari yang sebelumnya 90 hari sebelum keberangkatan. Perubahan ini dilakukan setelah PT KAI melihat tren penjualan tiket kereta api banyak dilakukan sebulan sebelum keberangkatan.

Harapannya, pada masa angkutan lebaran 2020, sistem otomatis kereta api ini sudah bisa berjalan dan berlaku di seluruh masa, baik itu saat low season maupun high season.

Sebelumnya, PT KAI juga sudah mengumumkan adanya perubahan jadwal keberangkatan kereta api mulai 1 Desember 2019. Selain itu, juga ada penambahan kereta dan rute baru untuk sejumlah jurusan yang bisa dipilih oleh penumpang.

Sejumlah kereta api dengan rute baru tersebut di antaranya adalah Anjasmoro Ekspres relasi Jombang – Yogyakarta – Pasar Senen PP, kemudian Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen PP, Sancaka Utara relasi relasi Surabaya Pasar Turi – Gambringan – Solo Balapan – Kutoarjo PP, dan Argo Cheribon relasi Pemalang – Gambir dan Tegal – Pemalang.

Baca juga: Diskon Tiket Kereta Api Hingga 50 Persen Setiap Hari, Ini Syarat Dan Ketentuannya

Nah, menambah tips kamu untuk bisa mendapatkan tiket murah kereta api, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru