Menyusuri Hijaunya Bandung Dari Tempat Camping Nan Instagramable

Kalau ke Bandung, jangan hanya ingat untuk berbelanja dan makan di kafe dan butiknya yang menggoda. Sebab Bandung pun punya alam yang indah dan sayang kalau kamu lewatkan. Agar keindahan alamnya terasa semakin maksimal, kamu dapat memilih tempat camping di Bandung untuk bermalam.

Tentunya tempat-tempat camping ini letaknya bukan di pusat kota. Namun, kamu bisa mendapatkan suasana damai dan asri. Ditambah dengan udara yang sejuk dan bersih, camping dapat membuatmu semakin betah liburan di Bandung. Di bawah ini, TripZilla Indonesia merekomendasikan sederet tempat camping di Bandung yang menawarkan liburan nyaman, santai dan mengesankan. Cek dulu, ya!

Baca juga: 5 Spot Glamping di Bandung Keren & Asyik Untuk Liburan Istimewa

1. Batu Kuda Manglayang Campground, tempat camping di Bandung dengan view eksotis

tempat camping di bandung
Image credit: @tourismguide_ 

Tempat camping ini berada di dalam Kawasan Wisata Batu Kuda Manglayang yang berada di kaki Gunung Manglayang. Letaknya di dataran tinggi sekitar 1300 mdpl jadi udara sejuk dan pemandangan alam nan eksotis bukan impian lagi di sini.

Kamu dapat menghabiskan waktu untuk berjalan keliling dan berfoto di tengah hutan pinus. Selain menyehatkan jiwa, juga menyegarkan mata bukan? Ada pula Situs Batu Kuda yang unik dan Menara Pandang yang wajib dikunjungi untuk melihat lanskap Bandung yang luar biasa.

Lokasi: Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung

2. Ranca Upas, bermalam bersama rusa-rusa yang menggemaskan

tempat camping di bandung
Image credit: Ranca Upas

Ranca Upas identik dengan gerombolan rusa-rusa jinak. Bermain-main dengan rusa di Ranca Upas menjadi satu agenda yang tidak boleh dilewatkan kala berlibur ke Bandung.

Puas berinteraksi dengan rusa, tidak perlu tergesa-gesa untuk pulang. Tempat camping yang tersedia menarik untuk dicoba. Camping di Ranca Upas tidak akan membosankan karena ada banyak aktivitas yang bisa mengisi harimu seperti berenang, memetik strawberry, menunggang kuda dan bermain ATV. 

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung

3. Pine Forest Camp, penuh aktivitas luar ruang

Image credit: Pine Forest Camp

Melihat foto Pine Forest Camp yang punya helipad ikonik ini, kamu akan mengharapkan hamparan pepohonan hijau dan udara kaya oksigen. Bukan itu saja, ada beragam aktivitas untuk membuat liburanmu semakin berkualitas di sini.

Mengisi waktu dengan santai, kamu bisa memancing. Opsi lain yang lebih menguras energi, menyusuri hutan dengan trekking atau mengendarai mobil di jalur off road. Walau energi habis, dijamin bakal puas karena lintasan menantang berpadu dengan suasana adem membuat kegiatan ini terasa mengasyikkan.

Lokasi: Suntenjaya, Lembang, Bandung

4. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang, tempat camping di Bandung bernuansa perkebunan teh

tempat camping di bandung
Image credit: @fadhlyx 

Hamparan perkebunan yang mengelilingi tempat camping Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang ini asyik untuk dipandang. Manfaatkan waktumu di sini untuk menyusuri perkebunan teh yang letaknya berdekatan. Harumnya daun teh akan mewarnai harimu dan membuat trekking tidak terasa melelahkan.

Image credit: @ayyearifin

Tidak hanya perkebunan teh, aliran air sungai yang jernih juga akan membuat mata dan telinga lebih rileks. Kegiatan sederhana seperti menyantap sarapan sambil mendengarkan gemericik air akan jadi kenangan yang tidak terlupakan.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung

5. Maranganani Camp, sekaligus menikmati hutan pinus

tempat camping di bandung
Image credit: Maranganani Camp

Tetap mengusung kecantikan hutan pinus, Maranganani Camp bisa kamu coba untuk wisata murah tapi memuaskan. Tempat camping ini belum lama dibuka namun sudah digemari banyak orang karena pemandangannya yang indah dan asyik.

Camping ground yang tersedia cukup lapang dan tertata. Ketika pagi dan sore hari, bersiaplah menyambut indahnya latar langit yang berwarna-warni di balik pepohonan yang ada. Tentunya tidak boleh lupa selfie di berbagai sudutnya yang instagramable!

Lokasi: Palalangon, Cipanjalu, Kec. Cilengkrang, Bandung

6. Curug Layung Camp, asyiknya bermain air saat camping

tempat camping di bandung
Image credit: Curug Layung Private Camp

Nama tempatnya saja Curug Layung Camp, tentu saja kamu akan menemukan curug atau air terjun di sini. Tempat camping ini bisa menjadi pilihan yang asyik untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman bermain air sambil berkemah.

Image credit: Curug Layung Private Camp

Pemandangan dari tenda yang menawan mata ini dapat kamu nikmati dengan nyaman. Tapi jangan berlama-lama duduk dalam tenda karena Curug Layung sudah menanti. Trekking melewati hutan pinus akan membuatmu bersemangat, apalagi setelah bisa melepas lelah dengan berendam di kolam curugnya.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kec. Cihideung, Bandung

7. Green Grass Cikole, tempat camping di Bandung dengan atap langit yang cerah

tempat camping di bandung
Image credit: @mixculinary.id

Green Grass Cikole membuktikan pesona hutan pinus memang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Selain berkemah, berayun-ayun di hammock pun ampuh untuk menghilangkan kepenatan, lho!

Tempat camping ini menyediakan aneka jenis tipe perkemahan seperti camp site couple, family camp, glamping hingga campervan. Beragam permainan seperti memanah, flying fox dan paintball juga ada di sini.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 64, Cikole, Kec. Lembang, Bandung

8. Situ Datar Camp Station, terhipnotis dengan view perairan dan perkebunan yang tenang

Image credit: @juntersihombing 

Permukaan danau yang tenang dibalut dengan kabut tipis terlihat sangat menghipnotis bukan? Siapa yang bisa menolak untuk camping di tempat seindah ini? Bawa kendaraanmu hingga ke tepian danau dan dirikan tenda di sampingnya. Begitu bangun pagi, matamu akan disambut sinar matahari terbit yang memikat. Dinikmati sambil meneguk minuman hangat, rasanya luar biasa!

Lokasi: Perkebunan Pasirmalang, Margaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung

9. Green Corner Camping, spot asyik di Situ Cileunca yang semakin mempesona

Image credit: Green Corner Camping Pangalengan

Situ Cileunca adalah tempat wisata favorit karena keindahan panorama dan ketenangan suasana danaunya. Kalau kamu berkemah di tepinya, bayangkan betapa damai hari-harimu di sana!

Camping di tepi Situ Cileunca ini sudah cukup nyaman dengan fasilitas kamar mandi, ruang makan dan warung. Atau kamu ingin unjuk kebolehan dengan memasak hidangan favorit? Makanan apapun akan terasa sedap disantap di tengah atmosfer seperti ini!

Lokasi: Kp. Cipangisikan, RT.01/RW.07, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung

10. Taman Langit Pangalengan, tempat camping di Bandung untuk berburu sunrise

Image credit: @siti_muliawati 

Taman Langit Pangalengan dikenal juga sebagai salah satu sunrise point. Artinya, kamu bisa menyaksikan momen matahari terbit yang cantik di sini. Apalagi dengan adanya gardu pandang yang semakin memudahkanmu menikmatinya.

Terletak di ketinggian 1670 mdpl, kamu bisa memutar tubuh dan menyaksikan keindahan alam yang mengelilingimu. Dari tempat camping pun, kamu dapat melihat lapisan-lapisan awan di perbukitan yang dijuluki sebagai “samudra awan”. Cantiknya bikin mata susah berkedip!

Lokasi: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung

11. Terminal Wisata Grafika Cikole, berkemah di pusatnya wisata hiburan

Image credit: Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole akan menjadikan liburanmu seru. Kenyamanan tempatnya tidak perlu diragukan karena sudah tertata rapi dan dikelilingi pepohonan yang indah.

Di sini kamu juga bisa bermain aneka wahana sampai puas. Ada wahana zip coaster, flying fox, paint ball dan jembatan burma yang akan membuat jantungmu berdebar. Bila menyukai flora dan fauna, maka kamu bisa menjelajahi kebun strawberry dan berinteraksi dengan rusa, kelinci serta marmut yang ada.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Bandung

12. Gunung Putri Lembang, tempat camping di Bandung untuk liburan santai

tempat camping di bandung
Image credit: Gunung Putri Lembang

Gunung Putri adalah gunung yang ramah untuk pendaki pemula. Jadi kamu tidak hanya mendapat keseruan berkemah, tapi juga tubuh yang lebih bugar berkat aktivitas mendaki gunung.

Melongok keluar tenda, kamu akan disuguhi pemandangan semenarik ini. Tempat camping terletak di sekitar ketinggian 1587 mdpl ini bakal memanjakanmu dengan keindahan dari pagi hingga malam hari. Mulai dari pesona matahari terbit hingga gemerlap lampu kota di malam hari, semuanya layak untuk dikagumi.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Bandung

13. Ciwangun Indah Camp, menikmati yang indah-indah

Image credit: @damnferry_ 

Tidak percuma nama Ciwangun Indah Camp disematkan di tempat camping ini. Memang alamnya indah dan terlebih lagi ada perkebunan teh dan Curug Tilu yang akan menambah seru pengalaman liburanmu.

Ada pula Curug Aseupan yang cantik dan instagramable. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung pada saat hari cerah agar lebih aman dan pastinya nyaman untuk berfoto. Puas berkeliling, baru rasakan nikmatnya beristirahat di tenda yang menghadap ke hutan pinus.

Lokasi: Kp. Ciwangun, RT. 03 / 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Jl. Kolonel Masturi, Kec. Parongpong, Bandung

14. Bukit Moko, tempat camping di Bandung yang populer

Image credit: @bayuwhy.photos

Bukit Moko dengan Puncak Bintangnya juga dapat kamu kunjungi untuk berkemah. Di senja hingga malam hari, tempat ini sangat romantis berkat hamparan cahaya dari rumah warga yang terlihat bak kunang-kunang.

Pemandangan indah itu dapat kamu nikmati lebih lama dengan berkemah di puncak Bukit Moko. Namun kamu harus membawa peralatan sendiri karena belum ada penyewaan di sana. Tapi jerih payahmu dijamin akan setimpal dengan hasilnya!

Lokasi: Cimenyan, Bandung

15. Jungle Milk, berkemah sambil menyapa hewan jinak

Image credit: Jungle Milk Jayagiri Lembang

Jungle Milk akan membuat kamu betah camping berkat berbagai fasilitasnya. Ada ATV, trekking dan menunggang kuda. Sungguh kegiatan yang sayang untuk dilewatkan ketika kamu berada di tengah alam yang indah.

Terletak di ketinggian 1600 mdpl, udara sejuk akan menyergapmu di sini. Atasi rasa dingin dengan berinteraksi dengan sapi dan kuda jinak yang dibiarkan berkeliaran. Perut yang keroncongan juga mudah diatasi berkat aneka paket makan seperti steamboat suki, timbel dan barbeque yang tersedia.

Lokasi: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Bandung

16. Pineus Tilu Riverside Camping, tempat camping di Bandung dengan nuansa alami

Image credit: @iam.ratu_ 

Selfie di tepi sungai bakal kelihatan kece bila dilakukan di Pineus Tilu Riverside Camping. Ada pula sudut-sudut instagramable lainnya yang bisa membuatmu lupa waktu saat berfoto.

Berlokasi di dalam Hutan Pinus Rahong, tempat nan sejuk ini akan memberi bonus sarapan jika kamu memesan paket camping. Pengelola sudah menyediakan perlengkapan termasuk untuk barbeque, namun kamu perlu membawa bahan-bahannya sendiri. Seru!

Lokasi: Hutan Pinus Rahong, Pangalengan, Bandung

Baca juga: 30++ Tempat Wisata Populer Di Bandung Untuk Liburan Mengesankan!

Bagaimana, sudah siap menjajal tempat camping di Bandung?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru