30++ Tempat Wisata Populer Di Bandung Untuk Liburan Mengesankan!

Tempat wisata di Bandung menjadi destinasi favorit wisatawan lokal asal Indonesia. Bukan tanpa alasan, banyak destinasi liburan di Bandung yang menawarkan pemandangan yang memesona, serta pengalaman yang luar biasa. Pemerintah kota dan kabupaten Bandung juga memberikan banyak kemudahan dan intensif kepada wisatawan, dari fasilitas yang lengkap, kemudahan akses ke tempat wisata hingga penetapan harga tiket yang relatif terjangkau.

Bagi yang sudah pernah ke Bandung, beberapa destinasi di bawah ini pastinya bukan hal yang baru. Namun, ada banyak tempat wisata di Bandung yang terhitung baru dan belum ramai dikunjungi. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut, lihat daftar lengkap tempat wisata di Bandung di bawah ini.

1. Bukit Teletubies, Cicalengka menawarkan spot cantik

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @mohammedfarras (kiri) dan @m.taufik__ (kanan)

Cicalengka bisa menjadi opsi menarik mendapati gugusan perbukitan cantik yang disebut Bukit Teletubies. Nuansa alamnya menakjubkan, dijaminn hasil foto di sini Instagramworthy banget. Asyiknya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias tidak perlu membayar tiket.

2. Taman Hutan Babakan Siliwangi, hutan urban yang keren

Image credit: @riqilham

Taman Hutan Babakan Siliwangi menyajikan pengalaman berada di tengah hutan dengan atmosfer alam yang menyegarkan. Menikmati sinar matahari yang menembus di antara dedaunan hutan dan menjadikan spot ini begitu mengharu biru.

3. Bukit Jamur Rancabolang, tempat wisata di Bandung dengan cemara unik

Image credit: @rieskady

Tak selamanya pohon cemara berbentuk kerucut dan menjulang tinggi. Di Bukit Jamur Rancabolang, Ciwidey, kamu bisa melihat pohon cemara berbentuk bola, yang dari kejauhan mirip jamur hijau ekstra besar. Selain melihat pohon cemara, kamu juga bisa menikmati kebun teh dengan pemandangan yang tak kalah indah.

4. Tebing Gunung Hawu, pas untuk penyuka adrenalin

Image credit: @jikriii (kiri) dan @mas.bewok89 (kanan)

Memiliki jiwa petualang, Gunung Hawu harus masuk dalam itinerary wisata kamu. Selain memanjat tebing, kamu bisa hammocking atau melintasi dua tebing dengan tali. Sensasi baru, kamu bisa menikmati sunrise jika datang saat pagi hari. Coba, deh!

5. Sanghyang Tikoro, tempat wisata di Bandung yang tersembunyi dan misterius

Image credit: @pevypev

Sanghyang Tikoro berada di lokasi yang tersembunyi, dengan pemandangan sungai, tebing berbatu dan lanskap gua di kejauhan. Tempat wisata di Bandung ini juga pas bagi yang suka melakukan penjelajahan. Nuansanya juga sedikit misterius di sini. Jangan lupa mengambil foto dengan latar belakang yang anti-mainstream di sini, ya!

6. Sanghyang Poek, spot yang masih alami

Image credit: @irfan_novianto (kiri) dan @fredensembiringmilala (kanan)

Sanghyang Poek menjadi tempat wisata di Bandung yang menawarkan nuansa alam yang asri dan alami, dengan lanskap bebatuan yang natural untuk menambah keindahan. Sungai Citarum mengalir di kawasan ini, menambah eksotisme Sanghyang Poek. Tempat ini juga cocok dinikmati pecinta alam untuk berbagai kegiatan ekstrim, termasuk wall climbing.

7. Hutan Pinus Rahong, alami dan natural

Image credit: @aganpradana

Hutan Pinus Rahong menawarkan kealamian dan kesejukan khas hutan lindung. Selain itu, ada banyak wahana wisata yang menarik untuk diikuti, dari arung jeram, tracking, paintball hingga offroad.

8. Kawah Putih, tempat wisata di Bandung yang populer

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: Kawah Putih Ecotourism

Kawah Putih terkenal karena eksotisme yang ditawarkan. Keindahannya terbentuk dari letusan Gunung Patuha, yang menawarkan lukisan alam dengan warna air belerang berwarna hijau kebiruan. Menambah eksotisme lokasi ini, kamu bakal melihat pemandangan pepohonan kering dengan latar asap dari kawah. Kawah Putih juga termasuk spot pre-wedding favorit di Bandung.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 27,000 IDR

9. Situ Patenggang, danau yang dikelilingi perkebunan teh instagenik

Image credit: @adityagusetyawan (kiri), @dehasyim_

Situ Patenggang menawarkan pesona pemandangan yang mengesankan. Bagaimana tidak, kamu bakal melihat perkebunan teh di sekeliling danau ini, sementara di kejauhan ada pemandangan gunung yang mengesankan. Danaunya sendiri memiliki sejumlah perahu warna-warni, yang menambah daya tarik Situ Patenggang.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

10. Kampung Cai Ranca Upas, bercengkrama di penangkaran rusa

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @leeande_lvphotography (kiri); Rancaupas

Tempat wisata Kampung Cai Ranca Upas memiliki banyak hal menarik, mulai dari rusa-rusa yang jinak, serta pemandangan alam yang mengesankan. Ada juga aktivitas outbound yang bisa dicoba. Ada juga onsen Ranca Upas untuk mandi air panas untuk menyegarkan kembali tubuh.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 22,000 IDR

11. Barusen Hills Ciwidey Bandung, tempat wisata di Bandung yang penuh warna

Image credit: Wisata Barusen Hills

Salah satu spot liburan yang harus masuk dalam itinerary kamu adalah Barusen Hills Ciwidey Bandung. Taman wisata ini menawarkan banyak spot bersantai dan berfoto yang menarik, mulai dari taman bunga, rumah hobbit dan masih banyak lagi lainnya. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling taman dari sudut yang berbeda.

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Bandung
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, Minggu pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

12. Sunan Ibu Sunrise Point, spot asyik menikmati matahari terbit

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @toni.liu29 (kiri); @life.graph

Kawah Putih juga memiliki spot menarik untuk menikmati sunrise, yaitu Sunan Ibu Sunrise Point. Di titik ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit di momen yang tepat, atau juga memandangi langit yang penuh bintang di waktu malam.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.30 WIB – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu buka 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 11,000 IDR

13. Perkebunan Teh Rancabali, membuat mata rileks

Image credit: @bonnysripitoyo

Menikmati pemandangan perkebunan teh Rancabali bisa menjadi obat bagi mata, yang lelah melihat layar tablet, laptop atau gadget kamu lainnya. Kelokan dan kontur tanah yang berbukit memberikan sensasi tersendiri bagi mata untuk menikmatinya. Kamu juga bisa berkeliling kebun teh untuk menikmati pemandangan dan udara segar.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

14. D’Riam Riverside Ciwidey Bandung, seru-seruan menikmati alam

Image credit: Driam Riverside Ciwidey

D’Riam Riverside bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk kegiatan bertema petualangan di alam. Lingkungannya asri dengan pemandangan sungai dan hutan, serta banyak kegiatan memompa adrenalin yang ditawarkan, termasuk di antaranya arung jeramdan river tubing.

Lokasi: Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.Km. 25, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

15. Kawah Rengganis, mata air panas yang istimewa

Image credit: Kawah Cibuni Rengganis Ciwidey

Kawah Rengganis juga dikenal sebagai Kawah Cibuni, yaitu kolam air panas, yang berada di tengah perkebunan teh dengan pemandangan cantik. Kolam air panas juga bisa digunakan untuk berendam. Ada pancuran air hangat untuk menambah keseruan berendam di sini.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

16. Anjungan Teras Bintang, spot asyik menikmati pemandangan Situ Patenggang

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @anitawijanto

Situ Patenggang memang fenomenal, dan ada satu spot lagi untuk menikmati pemandangan yang ditawarkan, yaitu Anjungan Teras Bintang. Anjungan ini didirikan di ketinggian 1600 mdpl, menghadap ke berbagai sisi untuk bisa menikmati pesona pemandangan di kawasan ini, termasuk pesona pemandangan, Situ Patenggang dan perkebunan teh. Ada juga fasilitas teleskop mengamati kota Bandung dan spot glamping.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

17. Wisata Ecopark Curug Tilu Ciwidey Bandung, spot untuk menenangkan diri

Image credit: @rezasn1809 (kiri); @dodi_dbd_

Dengan mendengarkan gemericik air terjun buatan berukuran kecil, lingkungan yang terawat dan rapi, serta fasilitas yang lengkap membuat Wisata Ecopark Curug Tilu menjadi destinasi wisata yang tepat untuk bersantai dan menghabiskan waktu dengan suasana yang tenang.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

18. Pinisi Resto & Glamping Lakeside, tempat wisata di Bandung yang tak kalah populer

Image credit: @chills_afz

Salah satu spot wisata di Ciwidey, Bandung yang paling populer adalah Pinisi Resto & Glamping Lakeside. Kapal pinisi yang berada di punggung bukit tentunya menjadi landmark tersendiri di kawasan ini. Fasilitas yang dimiliki tempat ini juga lengkap, mulai dari taman kelinci dan taman angsa juga toko souvenir.

Lokasi: Glamping Lakeside Rancabali, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

19. Puncak Eurad Pingping, eksotis abis

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @apitoo

Puncak Eurad Pingping Lembang menawarkan spot asyik untuk menikmati udara sejuk dan panorama yang mengesankan. Kamu bakal disuguhi pemandangan perkebunan teh, hutan pinus dan perbukitan yang indah, yang menjadikannya spot yang asyik untuk bersantai.

Lokasi: Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Gratis

20. Sungai Cikahuripan, bak Green Canyon

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @mochamdjamalfarizqi

Tebing-tebing terjal menjadi pemandangan utama di Sungai Cikahuripan, yang membawa pengunjungnya serasa berada di Grand Canyon, Amerika Serikat. Airnya sendiri berwarna hijau kebiruan, di mana sebagian berbentuk kolam, sementara sebagian lainnya mengalir di antara bebatuan. Ingin bermain air di sini wajib hati-hati dan waspada.

Lokasi: Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

21. Gunung Putri, pas untuk pencaki pemula

Image credit: @alfakei7

Gunung Putri menjadi gunung yang pas didaki untuk pendaki pemula karena hanya memiliki ketinggian 1,587 mdpl. Dari kaki gunung sampai puncak dibutuhkan waktu kira-kira 30 menit saja dengan jalur yang landai. Sembari mendaki, kamu bisa menikmati keindahan alam di sekitar lintasan pendakian.

Lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 17,000 IDR.

22. Kampoeng Tulip, tempat wisata di Bandung bernuansa Belanda

Image credit: @one_transport_travel_bandung

Kampoeng Tulip membawa kamu ke Belanda dengan pemandangan kincir angin dan rumah-rumah bergaya pedesaan khas Eropa. Fasilitas di tempat ini juga lengkap, mulai dari penyewaan pakaian ala Belanda, hingga tempat makan dengan menu yang enak. Kamu juga bisa mendayung perahu sambil berkeliling kawasan wisata ini gratis.

Lokasi: Komplek Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00
Harga tiket: 8,000 IDR (Senin – Jumat), 12,000 IDR (Sabtu, Minggu, dan hari libur)

23. Gunung Batu, Lembang, tempat wisata di Bandung yang tidak biasa

Gunung Batu | Image credit: @siacongs

Di Gunung Batu, Lembang, kamu bisa mendapatkan akses menyaksikan Kota Bandung yang istimewa, plus pose foto yang dahsyat.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

24. Curug Ngebul, keindahan yang tersembunyi

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @_kopites_man

Berbeda dengan curug yang ada di Cianjur, Curug Ngebul berada di Kampung Cisitu, Bandung Barat. Lokasinya tersembunyi, namun menawarkan pesona yang alami. Dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan lebar lima meter, curug ini memiliki dua tingkatan, yang secara keseluruhan membentuk air terjun yang istimewa.

Lokasi: Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

25. Cipanas Nagrak Parongpong, pemandian air panas dan sensasi infinity pool

Image credit: @mrafi_27

Mandi air panas memang sangat menyenangkan, apalagi jika tempatnya alami dan Instagrammable. Jika itu yang menjadi perburuan kalian, Cipanas Nagrak adalah jawaban yang tepat buat kalian. Lumayan kan, relaksasi sekaligus berselfie?

Lokasi: Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin hingga Minggu, 07.00 – 17.00
Harga masuk:
Weekday – 5,000 IDR untuk orang dewasa, 3,000 IDR untuk anak-anak
Weekend – 10,000 IDR untuk orang dewasa, 5,000 IDR untuk anak-anak

26. Tebing Keraton, tempat wisata di Bandung yang instagramable

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @hadjukemal

Menyempatkan diri berkunjung ke Tahura Ir. H Djuanda, jangan sampai melewatkan mampir ke Tebing Keraton, spot untuk menyaksikan lanskap perbukitan dan hutan yang hijau beserta atmosfer udara yang menyejukkan. Spotnya merupakan salah satu tempat Instagrammable di Lembang banget!

Lokasi: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin-Minggu, 05.00 – 18.00

27. Grafika Cikole, tempat wisata di Bandung yang super lengkap

Image credit: @sukmaaugustine

Ingin menikmati alam, makan di tempat terbuka, menginap di tengah hutan, beraktivitas outbound, atau sekadar berfoto dengan background yang keren, Terminal Wisata Grafika Cikole adalah jawaban untuk itu semua.

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Website: http://grafikacikole.com/

28. Orchid Forest Lembang untuk yang ingin melihat bunga penuh warna

Image credit: @albertatradescrush

Tidak ingin ketinggalan berpose asyik dan keren di antara anggrek dengan warna yang indah, segera saja merapat ke Orchid Forest. Ada banyak jenis anggrek yang bisa dilihat, dan juga bunga lain yang memiliki banyak warna. banyak spot berfoto menarik juga di tempat wisata ini.

Lokasi: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin hingga Minggu, 09.00 – 18.00

29. The Lodge Maribaya, one stop vacation

Image credit: @thelodgemaribaya

The Lodge Maribaya memiliki semuanya, mulai dari tempat makan yang asyik, akomodasi yang keren dan juga tempat wisata yang tak kalah menarik. Kamu juga bisa mendapati background yang indah untuk berfoto dengan spot yang asyik dan terkesan ekstrim.

Lokasi: Jalan Maribaya No.149/252, RT 03/RW 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang
Website: http://thelodgemaribaya.com

30. Taman Lembah Dewata, cuilan surga di tanah Sunda

Image credit: @wildanramdaani

Harus diakui, pemandangan yang ditawarkan di Taman Lembah Dewata memang top abis! Nuansa pemukiman, bukit, danau hingga perkebunan berpadu indahnya, yang menjadikan spot wisata Instagramworthy ini sebagai cuilan surga di tanah Sunda.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu KM.3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin hingga Minggu, 08.00 – 17.00

31. Dusun Bambu, tempat wisata di Bandung super lengkap

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @rivanindira

Dusun Bambu adalah salah satu produk campur tangan manusia dan tuhan yang menghasilkan view dengan pemandangan yang istimewa, indah dan menyejukkan mata. Fasilitasnya lengkap, dari wahana bermain hingga tempat beristirahat. Kalian harus datang untuk membuktikan keindahannya secara langsung!

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Cisarua, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin-Minggu, 08.00-21.00
Website: https://dusunbambu.com/

32. Sanghyang Heuleut, danau kecil dengan lanskap unik

Image credit: @wahyudi_mulyadi01

Sanghyang Heuleut merupakan danau kecil yang dikelilingi batu-batu raksasa, tercipta akibat letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini pun berasal dari aliran Sungai Citarum Purba. Keindahan danau dengan air berwarna biru kehijauan itu memuaskan dan memanjakan mata. Kamu juga bisa bermain air, tapi tetap waspada, ya!

Lokasi: Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

33. Curug Malela, bak Niagara

Tempat Wisata di Bandung
Image credit: @ramaditapv

Curug Malela menjadi air terjun terbesar di Bandung Barat. Dengan lebar 50 meter dan ketinggian 70 meter, debit air Curug Malela relatif stabil dengan kualitas air yang baik di musim kemarau. Pemandangan indah di sekitar curug dan juga perjalanan menuju ke Curug Malela juga menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR

34. Stone Garden, bebatuan unik di Padalarang

Image credit: @parlanaditya

Stone Garden alias Taman Batu menawarkan pemandangan formasi batu yang tersusun secara acak dan bertebaran di tanah, lokasinya di puncak bukit Padalarang. Di sini, kamu tak hanya menikmati tamannya saja, tapi juga latar belakang pemandangan yang memukau. Pastikan datang ke sini pada waktu matahari terbit dan tenggelam.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10,000 IDR.

35. Sanghyang Kenit, tempat wisata di Bandung yang tersembunyi dan eksotis

Image credit: @fardigunawan32

Dekat dengan PLTA Saguling, Sanghyang Kenit adalah aliran sungai yang dipenuhi dengan batu-batu cadas berwarna cokelat dengan aliran yang tenang dan banyak menciptakan kolam alami yang menyegarkan. Bermain air di sini adalah keharusan. Tebing-tebing cadas yang ditumbuhi pepohonan juga menjadi daya tarik di sini. Ada juga gua purba dengan aliran sungai kecil di lantainya.

Lokasi: Kampung Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 5,000 IDR.

Baca juga: Tempat Wisata Bandung Terbaru Yang Tak Boleh Dilewatkan Semua Orang

Jadi, tertarik mengunjungi tempat wisata di Bandung yang populer ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru