10 Tempat Ibadah Unik Dengan Arsitektur Mengagumkan Di Indonesia

Indonesia adalah negara multikultural yang menghargai dan menghormati berbagai macam penganut agama dan kepercayaan. Tidak heran bila banyak kita temui tempat-tempat ibadah yang beraneka ragam, tak jarang diantaranya memiliki desain arsitektur yang sangat mengagumkan. Mau tau tempat-tempat ibadah mana saja yang memiliki desain unik? Simak ceritanya di bawah ini ya.

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Image credit: @energyofasia

Tempat ibadah yang satu ini mengambil gaya lokal dalam desainnya, yaitu rumah gadang. Masjid terbesar di Sumatera Barat ini terlihat sangat megah dengan halaman depan yang sangat luas. Mengingat kondisi geografis Sumatera Utara yang rentan gempa maka masjid ini pun didesain khusus untuk bisa menahan goncangan gempa hingga 10 skala richter lho!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Image credit: @archtravelfood (kiri), @vegaviditama (kanan)

Pagoda Avalokitesvara memiliki nama resmi Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang. Memiliki tujuh tingkat pagoda dengan ketinggian mencapai 45 meter, pagoda ini berada satu kompleks dengan Vihara Buddhagaya Watugong yang merupakan vihara pertama di Indonesia. Pagoda megah ini telah menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Salah satu spot unik di kompleks vihara adalah patung Buddha tidur dan Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) yang ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3. Gereja Pohsarang, Kediri

Image credit: @dinsatyaningrum

Gereja Katolik Roma yang terletak di lereng Gunung Wilis ini dibangun pada tahun 1936 lho! Sudah tua sekali ya. Suasana sejuk pegunungan membuat siapa pun yang berkunjung betah berlama-lama di sini. Gereja Pohsarang terinspirasi dari gaya arsitektur Majapahit dan dikombinasikan dengan gaya dari daerah lain dan nilai-nilai kristiani. Material bangunan gereja ini pun bersumber dari kekayaan alam lokal. Di lokasi yang sama juga terdapat Goa Maria yang terinspirasi dari Goa Maria Lourdes di Perancis.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4. Masjid Tiban, Malang

Image credit: @darushadi (kiri), @intanretma (kanan)

Dari warnanya saja, bangunan masjid Tiban ini memang sangat nyentrik. Interiornya pun sangat mewah dan detail. Belum lagi banyak cerita-cerita aneh yang membuat keberadaan masjid ini semakin viral. Salah satunya adalah kepercayaan warga sekitar bahwa masjid ini dibangun oleh jin karena seolah muncul tiba-tiba di tengah perkampungan penduduk. Tidak heran masjid ini pun akhirnya banyak dikunjungi para wisatawan yang penasaran. Apa kamu juga penasaran? Coba saja datang ke sini!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Masjid Al Irsyad Satya, Bandung

Image credit: @fotograferkere_

Kesan modern langsung terasa ketika melihat masjid ini. Bentuk bangunannya yang berupa kubus membuatnya sekilas tidak menyerupai masjid pada umumnya. Masjid rancangan Ridwan Kamil ini juga mengusung konsep ramah lingkungan dengan meniadakan penggunaan AC dan mengoptimalkan sinar matahari. Nggak heran kalau masjid ini menyabet penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 dari BCI (Building Construction Information) Asia. Wow!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6. Gereja Maria Annai Velangkanni

Image credit: @yugo_ss

Tempat ibadah umat katolik ini sangat nyentrik  dan unik lho! Desain bangunannya terinspirasi dari kuil yang ada di India. Sehingga di gereja ini kamu akan menemui banyak patung yang ditata mirip seperti patung yang ada di kuil India. Di tempat ini juga terdapat sebuah mata air yang berada tepat di bawah telapak kaki patung Bunda Maria. Kabarnya air yang keluar dari mata air tersebut mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit lho!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Masjid An Nurumi, Sleman

Image credit: @rindoelz (kiri), @aisyahturidha (kanan)

Masjid ini sering dijuluki masjid permen karena warna sembilan menaranya yang berwarna-warni. Selain itu, kubah masjid yang berlokasi di jalan jogja – solo ini menyerupai bangunan kuil di Moscow, Rusia. Oleh karena itu, ada juga yang menamainya dengan julukan Masjid Kremlin. Bentuk arsitektur masjid unik ini memang diakui terinspirasi dari sebuah gereja Saint Basil di lapangan merah Rusia. Kreatif sekali ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8. Gereja Palasari, Bali

Image credit: @gdesuhartana (kiri), @hilda_angela (kanan)

Gereja Palasari merupakan destinasi wisata rohani yang sudah terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Desainnya juga sangat unik, menggunakan arsitektur khas Bali dengan tambahan nilai-nilai Katolik yang kental. Pada tahun 2000, para pengunjung juga bisa singgah di Goa Maria dalam kompleks gereja yang dikenal dengan nama “Palinggih Dewi Kaniaka Maria”.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9. Gereja Jago, Ambarawa

Image credit: @katolik_indonesia (kiri), @catherinebonitaolivera (kanan)

Gereja Jago Ambarawa aslinya bernama Gereja Santo Yusuf. Disebut gereja jago karena pada bangunan gereja terdapat penangkal petir yang berbentuk ayam jago. Dibangun sejak tahun 1923, Gereja Jago memiliki arsitektur khas gereja zaman Belanda. Interior dalamnya juga sangat megah dan anggun, tidak kalah dengan gereja bergaya modern lho.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Image credit: @istiqq

Nama masjidnya yang bernuansa Tionghoa sudah sangat jelas menggambarkan desain masjidnya yang mirip seperti klenteng. Unik sekali bukan? Nama Cheng Ho diambil dari Laksamana Tiongkok yang beragama Islam. Perpaduan arsitektur Tiongkok dan Arab melebur jadi satu dalam desain masjid ini. Konon kabarnya, arsitek masjid Cheng Ho ini terinspirasi desain masjid Niu Jie di Beijing lho!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Bonus:  Rumah Doa Bukit Rhema, Gereja Ayam

Image credit: @wilsonzeky

Bangunan berbentuk seperti ayam ini sering ditafsirkan sebagai sebuah gereja, namun pada kenyataannya sang pendiri, Daniel Alamsjah bertujuan membuat sebuah tempat peribadatan bersama yang bisa digunakan untuk semua pemeluk agama. Tempat ini juga sebelumnya pernah dijadikan masjid, gereja dan bahkan vihara lho. Gereja ayam jadi hits setelah kemunculannya dalam setting film AADC2. Bentuk bangunannya yang menyerupai ayam membuat tempat ini tidak boleh dilewatkan jika sedang berkunjung ke Magelang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 15 Fakta Unik Tentang Bali Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Menarik sekali ya berbagai macam tempat ibadah unik di atas? Sebagian besar tempat tersebut terbuka untuk umum, namun jangan sampai kedatanganmu mengganggu umat dan jamaah yang sedang beribadah ya.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru