14 Tempat Makan Bakso Enak Di Jogja Yang Harus Kamu Coba

Bakso adalah salah satu sajian kuliner yang bisa kita temui di mana saja. Tiap daerah bahkan memiliki sajian khas bakso yang lezat dan bikin kangen. Tidak terkecuali di Kota Gudeg, Yogyakarta. Mau tahu dimana saja tempat makan bakso enak di Jogja? Baca tulisannya sampai habis ya.

1. Bakso Bethesda 74

bakso enak di jogja
Image credit: @gembulfoodie

Nama Bethesda ini diambil dari lokasi warung pertamanya yang terletak di jalan samping Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Sajian yang menonjol dari Bakso Bethesda ini adalah bakso gorengnya yang krispi dan gurih. Kuahnya memiliki cita rasa segar dan nikmat,apalagi jika disantap bersama acar mentimun. Dijamin tidak akan menyesal mampir makan bakso di sini. Sekarang sudah berdiri tiga cabang Bakso Bethesda di Jogja lho. Jadi tidak perlu khawatir harus mengantri lama untuk menikmati baksonya.

Alamat:
Cabang 1: Jl. Jend. Sudirman, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta
Cabang 2: Jl. Jagalan – Beji No.41, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta
Cabang 3: Jl. Gondosuli No.5, Baciro, Gondokusuman,Yogyakarta
Harga seporsi bakso: mulai dari 16,000 IDR

 

2. Bakso Lombok Uleg Pak Di

bakso enak di jogja
Image credit: @ernikristikc

Bakso Lombok Uleg Pak Di ini sebenarnya merupakan sajian khas kuliner Temanggung. Kuah yang segar berpadu dengan racikan lombok atau cabai langsung di atas mangkok baksonya. Daya tarik inilah yang membuatnya jadi salah satu bakso enak di Jogja. Pembeli pun dapat bebas menentukan tingkat kepedasan bakso yang diinginkan termasuk jumlah cabai yang digunakan. Kuliner pedas dan segar ini cocok dijadikan makanan pembangkit semangat.

Alamat:
Cabang 1: Jl. Bantul No.64, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta
Cabang 2: Jl. Kaliurang Km.6,2 No.50 Kentungan Caturtunggal Depok, Sleman
Cabang 3: Jl. Godean No.209, Area Sawah, Nogotirto, Gamping, Sleman
Harga seporsi bakso: mulai dari 11,000 IDR

 

3. Bakso Tengkleng Mas Bambang

bakso enak di jogja
Image credit: @baksotengklengmasbambang

Tengkleng merupakan potongan daging sapi yang menyatu dengan tulangnya. Aneka sajian tengkleng memang sangat menggoda selera, salah satunya adalah bakso tengkleng. Di Jogja, ada satu warung bakso tengkleng yang terkenal yaitu Bakso Tengkleng Mas Bambang. Jangan kaget bila rasa bakso di sini sangat enak karena menggunakan seratus persen daging sapi asli lho. Campuran bakso dan tengkleng menjadi kombinasi pas untuk menuntaskan rasa laparmu.

Alamat:
Cabang 1: Jl. Affandi No.30, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Sleman
Cabang 2: Jl. Monjali No.80, Gemangan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman
Cabang 3: Jl. Laksda Adisucipto No.4, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Cabang 4: Jl. Wonosari No.5, Karang Anom, Srimulyo, Piyungan, Bantul
Cabang 5: Jl. Solo No.5, Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman
Harga seporsi bakso: mulai dari 20,000 IDR

 

4. Bakso Kuning Gading

bakso enak di jogja
Image credit: @risninovitaa

Nah, kalau bakso yang satu ini merupakan salah satu bakso tertua sekaligus bakso enak di Jogja. Mulai berjualan sejak tahun 1981, Bakso Kuning Gading berhasil merebut perhatian warga Jogja. Berbeda dengan hidangan bakso lain, satu porsi bakso di sini akan disajikan dengan topping suwiran daging ayam atau babat sapi. Tambahan topping inilah yang nampaknya menambah kelezatan semangkok Bakso Kuning Gading. Belum lagi kuahnya yang bening, segar namun ringan di mulut.  Enak!

Alamat: Jl. Magelang Km. 7,8 Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Harga seporsi bakso: mulai dari 15,000 IDR

 

5. Bakso Klenger Ratusari

bakso enak di jogja
Image credit: @conut1997

Bukan sembarang bakso. Bakso Klenger Ratusari ini memang rajanya bakso enak di Jogja. Bagaimana tidak? Satu bakso beratnya bisa mencapai 5 kilogram lho. Wow. Tapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa memakan bakso dengan ukuran normal kok. Isiannya pun bermacam-macam, mulai dari telur sampai tetelan daging. Rasa baksonya bikin kamu ingin balik ke Jogja lagi.

Alamat: Jl. Wahid Hasyim No. 296, Nologaten, Depok, Sleman
Harga seporsi bakso: mulai dari 12,000 IDR

 

6. Bakso Pak Kintel

bakso enak di jogja
Image credit: @baksoclubid

Dulunya, satu porsi bakso di sini disajikan dengan paru goreng yang renyah dan gurih. Namun kini paru goreng tersebut telah diganti menjadi tulang muda. Rasanya tentu saja tetap enak! Warung Bakso Pak Kintel ini ternyata sudah cukup lama berdiri. Maka, jangan heran jika warungnya selalu ramai dikunjungi pembeli. Tekstur baksonya yang lembut sangat cocok dinikmati bersama kuah bening dengan rasa kaldu yang kental. Selain bakso, kamu juga bisa memesan mie ayam yang tidak kalah enaknya.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.57, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Harga seporsi bakso: mulai dari 11,000 IDR

 

7. Bakso Degan 833

bakso enak di jogja
Image credit: @wonderfuljogja

Selama ini degan dikenal sebagai minuman pendamping bakso. Tapi bagaimana dengan bakso degan? Kuliner unik satu ini wajib kamu coba jika sedang liburan di Jogja. Kuah bakso yang dicampur dengan air kelapa menjadi daya tarik utama bakso degan. Selain itu, mie nya juga terbuat dari daging kelapa. Komposisi ini menghadirkan bakso dengan cita rasa yang berbeda namun tetap enak dan gurih lho. Penasaran? Yuk datang saja ke Jogja.

Alamat: Jl. Patehan Tengah No.33, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Harga seporsi bakso: mulai dari 18,000 IDR

 

8. Bakso Merapi

bakso enak di jogja
Image credit: @labalaba_bakso

Merapi sebagai ikon wisata alam Jogja tak luput dari perhatian para kreator kuliner Jogja. Hingga muncullah bakso merapi. Bakso yang dibentuk mirip gunung merapi ini berhasil menarik perhatian warga Jogja dan para wisatawan. Tidak hanya bentuknya yang khas, rasa dan tekstur bakso merapi juga tidak kalah enak dengan bakso yang lain. Ukurannya yang besar juga membuat satu porsi bakso merapi bisa dinikmati dua hingga tiga orang.

Alamat: Gg.Tambak Bayan IX, Babarsari (Belakang Kampus Atmajaya), Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Harga seporsi bakso: porsi lengkap mulai dari 70,000 IDR

 

9. Bakso Demit

bakso enak di jogja
Image credit: @streetfoodstories

Demit dalam bahasa Jawa artinya setan. Jadi bakso demit adalah bakso setan. Bakso ini bisa bikin kamu lari terbirit-birit karena pedasnya. Bukan cuma kuahnya yang pedas, baksonya pun punya cita rasa pedas dan gurih. Varian baksonya juga bermacam-macam, mulai dari bakso urat, jamur, hingga bakso jagung. Bakso demit cocok untuk kamu para penyuka kuliner pedas.  

Alamat: Jl. Raya Piyungan KM. 4,5, Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman
Harga seporsi bakso: mulai dari 15,000 IDR

 

10. Bakso Cendol Tuman

bakso enak di jogja
Image credit: @baksocendol

Kalau tadi ada bakso degan, maka sekarang ada bakso cendol. Bakso cendol tidak lain adalah bakso yang memiliki cendol di dalamnya. Bukan cendol biasa, tapi cendol khusus yang diramu dengan bumbu rahasia. Perpaduan antara bakso dan cendol yang kenyal mampu memberikan cita rasa enak dan dijamin akan bikin ketagihan. Apalagi jika porsi baksonya dicampur dengan tetelan daging sapi segar. Nikmat banget!

Alamat: Jl. Godean No.107, Nogosaren, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul
Harga seporsi bakso: mulai dari 12,000 IDR

 

11. Bakso Tumpeng

bakso enak di jogja
Image credit: @nenynuranisah

Tumpeng nasi kuning sudah biasa, tapi bagaimana dengan tumpeng berbentuk bakso? Bakso tumpeng adalah varian bakso baru di Jogja yang ramai diserbu pembeli. Selain karena penasaran akan bentuknya yang unik, ternyata rasanya juga enak lho. Bakso tumpeng tidak hanya disajikan dengan kuah bakso pada umumnya tapi ada juga yang disajikan dengan mie goreng dan mie kuah. Rasanya sudah nggak sabar ya ingin mencobanya.

Alamat: Jl. Imogiri Timur No.10, Imogiri, Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul
Harga seporsi bakso: mulai dari 15,000 IDR

 

12. Bakso Kerikil Pak Supri

bakso enak di jogja
Image credit: @pmjmjogja

Ada bakso raksasa, maka ada juga bakso kerikil. Bakso kerikil disajikan dalam bentuk dan ukuran yang kecil layaknya kerikil. Harganya sangat ramah di kantong. Rasanya juga tidak kalah lezat dengan bakso lain. Apalagi jika ditambah dengan taburan mie putih yang membuat makan bakso kerikil jadi semakin nikmat.

Alamat: Jl. Godean Km.5 No.105, Gamping, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman
Harga seporsi bakso: mulai dari 10,000 IDR

 

13. Bakso Cincang Ringin

bakso enak di jogja
Image credit: @jogjafoodhunter

Pernah membayangkan bakso isi daging cincang? Di Jogja, bayangan tersebut bisa jadi kenyataan lho. Coba saja datang ke warung bakso di kawasan Ringin. Meski tidak seterkenal warung bakso yang lain, namun tempat ini jadi favorit mahasiswa Jogja karena lokasinya berdekatan dengan beberapa universitas. Di sana kamu bisa menikmati sajian bakso isi daging cincang yang menggoda selera. Selain bakso cincang ada juga aneka hidangan bakso yang tidak kalah menarik, seperti bakso tenis hingga mie ayam bakso. Murah dan enak!

Alamat: Jl. Ringin Raya, Condong Catur, Sleman (samping AMIKOM)
Harga seporsi bakso: mulai dari 12,000 IDR

 

14. Bakso Urat Gondomanan

bakso enak di jogja
Image credit: @bakso_oen

Pecinta bakso urat jangan sampai lewatkan warung bakso yang satu ini. Bakso Urat Gondomanan memiliki cita rasa bakso urat yang lezat dengan kuahnya yang segar, gurih namun tetap ringan di mulut. Daging sapinya juga sangat terasa di setiap gigitan baksonya. Wajar saja jika warung ini tak pernah sepi pembeli.

Alamat: Jl. Mayor Suryotomo No.15, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Harga seporsi bakso: mulai dari 12,000 IDR

Baca juga: 13 Tempat Makan Bakmi Jawa Di Jogja Yang Terkenal Kelezatannya

Kalau pergi ke Jogja, jangan hanya mampir ke warung gudeg. Coba juga tempat makan bakso enak di Jogja yang dijamin akan membuatmu susah move on dari Jogja. Yuk, ke Jogja lagi.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru