10 Tempat Makan Soto Betawi Paling Enak Dan Ngehits Di Jakarta

Wisata kuliner di Jakarta, mengapa tidak? Banyak sekali destinasi wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. Namun, jika kamu ingin menikmati makanan khas Jakarta, misalnya Soto Betawi, tempat makan ini adalah yang paling direkomendasikan.

Bukan hanya karena rasanya yang memang maknyus dan mengesankan, tapi juga karena tempatnya yang mudah dijangkau serta harganya yang bersahabat. Dijamin deh, mengunjungi sepuluh tempat makan Soto Betawi ini bakal membuat wisata kuliner kamu di Jakarta akan sangat berkesan. Cekidot tempat-tempatnya di sini, ya!

1. Soto Betawi H. Husein

Yang berada di Manggarai, ada satu tempat makan Soto Betawi paling terkenal, yaitu di Soto Betawi H Husein. Saking nikmatnya, banyak orang yang rela antri berlama-lama untuk bisa merasakan gurih mantapnya soto yang disajikan di sini.

Image credit: @yennymakanmulu

Tempat makan ini terlihat biasa saja. Ruang makannya juga tidak terlalu luas. Untuk bisa memesan seporsi soto, kamu harus langsung memintanya ke para peracik soto di bagian depan warung. Kamu juga harus menunggun beberapa saat untuk bisa menikmati soto ini. Setelah pesanan tiba, dijamin kamu akan dimanja dengan aroma nikmat dan rasa lezat dari soto ini. Dijamin tidak akan menyesal, deh!

Lokasi: Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta 8 8, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Sabtu hingga Kamis (Jumat libur), 7.00 hingga 14.00
Harga: Mulai dari 32,000 IDR per porsi

2. Soto Betawi Pak Haji Yus

Yang tertarik dengan soto berkuah susu nan gurih, Soto Betawi Pak Haji Yus bisa jadi pilihan. Tidak hanya memberikan sensasi segar, isian soto juga bakal memberikan kepuasan bagi penikmatnya.

Image credit: @jfff_info

Bayangkan, dalam seporsi soto, kamu bisa menemukan jeroan sapi dan potongan daging yang relatif besar dan lembut, serta menghadirkan rasa manis dan gurih. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja menuju ke salah satu tempat makan Soto Betawi paling hits di Jakarta Pusat ini.

Lokasi: Jl. Minangkabau No.40, RT.1/RW.1, Ps. Manggis, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 18.00
Harga: Mulai dari 36,000 IDR per porsi

3. Soto Betawi Babeh Jenggot

Di kawasan Grogol, Soto Betawi Babeh Jenggot termasuk salah satu tempat makan yang paling populer. Bukan tanpa alasan, mengingat setiap porsi soto yang disajikan menghadirkan kenikmatan rasa yang tiada duanya.

Image credit: @buncitfoodies

Daging yang disajikan dalam sotonya super empuk dan liat, jadi gampang dikunyah. Kuahnya juga gurih dan memiliki signature tersendiri. Soalnya bahan kuahnya tidak hanya dari santan, tapi juga dari susu kedelai. Penasaran dengan rasanya?

Lokasi: Jalan Melati Indah Raya, Jl. Cengkareng Indah No.6, RT.3/RW.9, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Selasa sampai Minggu (Senin libur), 11.00 hingga 15.00 dan 17.00 hingga 21.00
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

4. Soto Betawi Sambung Nikmat

Tempat makan Soto Betawi lainnya yang juga tidak kalah mencuri perhatian adalah Soto Betawi Sambung Nikmat. Sudah berdiri sejak 1980, soto betawi yang ditawarkan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kuahnya yang berwarna kemerahan.

Image credit: Ardy Purnawan Sani

Masih dengan menggunakan bahan dasar santan sebagai kuahnya, soto ini tetap menyajikan rasa gurih. Potongan daging sapinya juga melegakan. Ingin lebih nikmat, mungkin kamu bisa menambahkan taburan cabai rawit utuh ke sajian ini. Dijamin nikmat!

Lokasi: Jalan Ciputat Raya No.2, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, RT.6/RW.1, Pondok Pinang, RT.4/RW.8, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Senin sampai Sabtu (Minggu libur), 8.00 hingga 14.00
Harga: Mulai dari 70,000 IDR per porsi

5. Soto Betawi Babe Jamsari

Ingin menikmati Soto Betawi dengan isian melimpah, Soto Betawi Babe Jamsari adalah tempat makan yang harus kamu tuju. Dari potongan daging, kikil, babat hingga daging ayam yang disuwir, porsinya bakal memanjakan kamu.

Image credit: @im_as_cool

Yang melengkapi kenikmatan menikmati soto betawi di tempat ini adalah kuahnya yang memiliki kekhasan rasa tersendiri. Santan kental yang gurih dan hangat membuat penikmatnya mendapatkan sensasi maknyus, dijamin!

Lokasi:

  • PT Novel, 9 dekat, Jl. Raya Pos Pengumben No.28, RT.8/RW.3, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jl. Meruya Ilir Raya No.43, RT.1/RW.7, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka: Senin sampai Sabtu (Minggu libur), 9.00 hingga 17.00
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

6. Soto Betawi Mpok Rodemah

Satu lagi tempat makan soto betawi yang amazing, yaitu warung Mpok Rodemah. Lokasinya di Kebayoran Lama, dan termasuk salah satu tempat makan yang ikonik.

Image credit: Horizon Homan

Soto yang disajikan juga memiliki kekhasan tersendiri, termasuk warnanya yang kemerahan dan menyajikan acar timun yang segar. Taburan bawang goreng gurih di atas nasi hangat dan juga emping melinjo menambah kenikmatan menghabiskan soto ini.

Lokasi: Jl. Ciputat Raya No.29, RW.12, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 20.00
Harga: Mulai dari 35,000 IDR per porsi

7. Soto Betawi Bang Sawit

Saking terkenalnya, Soto Betawi Bang Sawit kini memiliki beberapa cabang di sejumlah lokasi. Jadi kamu bisa dengan mudah mendapatkan sensasi rasa yang istimewa dari soto betawi Bang Sawit.

Image credit: JKT Foodie

Di tempat makan Soto Betawi ini, kamu bisa memilih beragam isian daging dan ayam, mulai dari kaki, usus, paru babat, babat hingga daging usus. Disajikan dengan kuah santan yang panas dan gurih, soto Betawi yang kamu nikmati di sini bakal mengesankan hingga suap terakhir.

Lokasi:

  • Jl. Boulevard Raya, RT.11/RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Epiwalk, Jl. H. R. Rasuna Said, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Jam buka: Setiap hari, 7.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 27,500 IDR per porsi

8. Soto Betawi Afung

Berdiri sejak 1982, tempat makan soto Betawi ini termasuk salah satu yang paling ngehits di Jakarta. Saat ini, Soto Betawi Afung sudah memiliki sejumlah cabang yang tersebar di seluruh Jakarta.

Image credit: Vici Phanduwinata

Yang ingin menikmati soto betawi otentik dari Afung, kamu bisa mengunjungi tempat makan yang ada di Gang Gloria, Glodok. Dalam satu porsi soto, kamu bisa mendapatkan potongan daging sapi dan tambahan lainnya, dengan taburan bawang goreng di atas kuah santan, yang mengeluarkan aroma sedap dan nikmat.

Lokasi: Jalan Pancoran, Gang Gloria No.12, Glodok, Pinangsia, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 6.00 hingga 16.00
Harga: Mulai dari 35,000 IDR per porsi

9. Soto Betawi H. Ma’ruf

Yang ingin menikmati soto betawi khas di sekitaran Taman Ismail Marzuki (TIM), Soto Betawi H. Ma’ruf adalah tempat makan yang tepat untuk dituju.

Image credit: Kevindra Prianto Soemantri

Kedai soto Betawi ini tidak hanya menyuguhkan sajian soto nikmat dengan daging dan jeroan sapi yang empuk, yang dipadukan dengan emping melinjo dan sambal cabai pedas, tapi juga sate yang tidak kalah lezat untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 40,000 IDR per porsi

10. Soto Betawi H. Mamat

Salah satu tempat makan Soto Betawi yang terkenal di Jakarta adalah warung Haji Mamat. Saking legendarisnya, tidak sedikit orang yang rela antre lama untuk bisa mendapatkan soto ini.

Image credit: @sasmitaedo

Potongan daging besar dan kuah gurih segar yang memiliki cita rasa tersendiri membuat penikmat soto Betawi H. Mamat bakal puas menikmati setiap porsinya. Selain soto, oseng soto juga menjadi menu populer lain yang dicari di sini. Jangan sampai melewatkannya, ya!

Lokasi: Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 20.00
Harga: Mulai dari 38,500 IDR per porsi

Baca juga: 12 Tempat Menyantap Nasi Goreng yang Lezat di Jakarta

Sudah tahu tempat makan terbaik menikmati soto betawi yang maknyus dan melegenda, kan? Tunggu apalagi, buruan menuju ke sana!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru