Keren Dan Istimewa, 11 Tempat Di Jogja Untuk Menikmati Sunset Yang Luar Biasa

Daerah Istimewa Yogyakarta memang sungguh istimewa karena dianugerahi keindahan alam di setiap sudutnya. Mudah dikunjungi dari Jakarta dan memiliki biaya hidup yang murah, tidak heran kalau Jogja jadi destinasi favorit banyak wisatawan. Tidak hanya saat hari cerah, saat senja dan matahari terbenam justru makin menonjolkan kecantikan kawasan ini. Banyak spot yang jadi terkenal karena sunset luar biasa yang bisa kamu saksikan di Jogja. Jadi buat kamu para sunset hunter, cek berbagai lokasi rekomendasi TripZilla di Jogja ini agar tidak ketinggalan fenomena alam yang istimewa tersebut!

1. Semua warna ada di Candi Ijo

Image credit: @meirasolvin

Candi yang terletak di dataran tinggi dan berbatasan dengan laut ini memang cantik.  Tidak heran kalau Candi Ijo jadi tempat yang populer sepanjang hari, bukan hanya saat senja saja. Berada di atas Bukit Hijau alias Gumuk Ijo yang berketinggian sekitar 400 mdpl, kamu dapat dengan leluasa menikmati panorama alam di bawahnya.

sunset di jogja
Image credit: @panjiyudhairawan

Saat sore tiba, siapkan kameramu untuk menangkap momen sunset yang mengesankan! Kamu dapat menangkap area pantai Parangtritis dan persawahan dari lokasi Candi Ijo. Atau cukup duduk saja di samping candi, fotomu sudah akan terlihat keren, lho!

Alamat: Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Selasa – Jumat pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Nikmati berbagai aktivitas di Puncak Becici

Image credit: @prastiwiwitriw

Puncak Becici tidak hanya spot untuk selfie karena banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Kalau kamu berkunjung sejak siang hari, aneka wahana outbound yang menantang dapat dijajal. Sembari menunggu datangnya senja, memesan tempat untuk berkemah adalah ide yang seru untuk dicoba!

sunset di jogja
Image credit: @gregorious.manalu

Selain itu ada pula fasilitas jip wisata yang dapat dimanfaatkan untuk bersenang-senang. Ketika mentari mulai terbenam, jangan kalah gesit untuk mengabadikannya ya!

Alamat: Jl. Patuk – Imogiri Km. 12,5, Gunung Cilik, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Selasa – Minggu, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

3. Berkemah di tebing memukau Pantai Kesirat

Image credit: @roh_kyt

Banyak yang menggemari kegiatan berkemah di Pantai Kesirat dan kamu pasti tahu sebabnya. Tebing yang menghijau dan menghadap ke arah laut membuat spot ini sangat nyaman dan indah dipandang. Baringkan badanmu sambil mendengarkan suara debur ombak di kejauhan, ini akan jadi pengalaman yang berkesan banget!

Image credit: @rafirss

Saat sunset tiba, pilih spot yang menurutmu paling estetis untuk diabadikan. Namun kamu perlu sigap karena hampir semua sisi di Pantai Kesirat ini cantik untuk dilihat!

Alamat: Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Melihat kemegahan Yogyakarta dari Puncak Suroloyo

Image credit: @jogja_trip_travel

Puncak Suroloyo benar-benar akan membuatmu merasa di puncak kota karena letaknya di titik tertinggi Perbukitan Menoreh. Kalau kamu beruntung dianugerahi cuaca yang cerah, maka kamu dapat melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari sini. Keren!

sunset di jogja
Image credit: @abidinfais

Selain dimanjakan dengan pemandangan menarik, kamu pun dapat menambah wawasan karena banyak tempat petilasan dan lokasi bersejarah di sepanjang jalur menuju puncak. Lalu lepaskan dulu dahagamu di Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat yang tidak jauh dari Puncak Suroloyo agar punya energi untuk memburu sunset!

Alamat: Keceme, Onggosoro, Giritengah, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Candi Ratu Boko, reruntuhan istana yang bersejarah

Image credit: @ketut_pancoro

Candi ini disebut juga dengan Situs Ratu Buko karena sebenarnya bangunan ini merupakan reruntuhan istana. Oleh karena itu bentuknya tidak menyerupai candi pada umumnya. Kamu dapat melihat tempat bersejarah yaitu Sumur Suci sedalam 2 meter dan Candi Pembakaran di dalam kompleks Situs Ratu Buko.

sunset di jogja
Image credit: @indahjolie

Berkeliling kompleks ini tidak akan melelahkan karena sudah tersedia kursi-kursi yang memungkinkanmu bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Kamu pun bisa melihat kereta api yang melintas dari tempat ini. Tapi jangan terbuai suasana yang tenang ini sampai ketinggalan momen sunset di Jogja ini, lho!

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No. KM 2, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

6. Menikmati semilir angin di Puncak Paralayang Watugupit Parangtritis

Image credit: @besok_lusaa

Pantai Parangtritis yang cantik ini enak untuk dinikmati dari dekat maupun dari ketinggian. Kamu dapat merasakan sensasinya di Puncak Paralayang Watugupit atau disebut juga Bukit Parang Endog yang menghadap ke Pantai Parangtritis. Tentu saja tidak hanya kamu yang ingin berparalayang yang bisa berkunjung karena tempat ini juga asyik untuk duduk-duduk sambil menikmati suasana.

sunset di jogja
Image credit: @casie_setia

Namun menjelang senja, pastikan kamu sudah siap di spot yang kamu inginkan ya! Karena sudah populer, maka dijamin akan banyak penikmat senja lainnya yang datang ke Puncak Paralayang Watugupit. Dijamin tidak menyesal!

Alamat: Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Serasa naik ke kayangan saat berada di Puncak Kayangan

Image credit: @pinkanbeby34

Puncak Kayangan yang terletak di atas bukit ini langsung menghadap ke arah pantai dan saat ini jadi lokasi favorit para penggemar selfie. Keberadaan aneka properti untuk berfoto membuat hasil fotomu di Puncak Kayangan jadi berbeda.

sunset di jogja
Image credit: @sheratonjogja

Berada satu lokasi dengan Goa Jepang, kamu juga dapat sekaligus menikmati pemandangan goa yang bersejarah ini. Hijaunya sawah pun akan menyejukkan matamu ketika hari cerah. Saat momen sunset tiba, bersiaplah terpana dengan keindahan alamnya!

Alamat: Ngerco, Seloharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

8. Memandang kota Yogyakarta dari Pintoe Langit Dahromo

Image credit: @germaine_jung

Satu lagi spot dengan properti foto unik yaitu Pintoe Langit Dahromo. Penempatan yang pas dari berbagai properti fotonya membuat gambar yang dihasilkan terlihat manis dan cantik. Nikmati suasana kota Jogja dari ketinggian sepanjang hari di sini. Asyik, kan?

sunset di jogja
Image credit: @chanmahardhika.id

Tentunya jika sunset tiba, maka kamu akan memperoleh kesan yang berbeda saat berfoto di Pintoe Langit Dahromo. Properti pintu yang ikonik ini terlihat seperti dalam mimpi dan wajib kamu coba untuk latar selfie-mu.

Alamat: Jl. Dahromo, Karangasem, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB  – 00.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,500 IDR

9. Kelap-kelip lampu yang seperti bintang di Bukit Bintang Gunungkidul

Image credit: @zrjd.s

Siapa yang tidak tahu Bukit Bintang Gunungkidul? Meskipun belum pernah datang, mungkin kamu sudah pernah mendengarnya. Nama tempat ini terkenal sebab kamu bisa menikmati pemandangan kota Jogja dan sunset yang istimewa di senja hari. Acara kopi darat atau sekedar ingin mencari angin segar pun terasa lebih asyik dilakukan di sini.

sunset di jogja
Image credit: @imandiwahyudi

Saat hari cerah, dari bukit yang disebut juga Bukit Hargodumilah, kamu juga bisa menatap Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan. Tentunya saat sore hari, panorama yang ada semakin indah bak lukisan. Kelap-kelip lampu kota pun terlihat seperti bintang di bawah kakimu.

Alamat: Jl. Jogja – Wonosari, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Merasakan suasana padang pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo

Image credit: @dwiped

Ingin merasakan menjelajah padang pasir tanpa harus pergi ke Timur Tengah?  Solusi yang mudah adalah berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.  Hamparan pasir seluas kurang lebih dua kilometer membentang dan dihiasi tanaman kaktus serta cemara, membuat siapa pun kagum saat melihatnya. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas yang seru seperti sand boarding yang menyenangkan.

sunset di jogja
Image credit: @afifahcm

Berkeliling gumuk pasir hanya untuk berfoto juga boleh banget untuk dilakukan. Kamu tidak akan mati gaya karena setiap sisi gumuk pasir menarik untuk dijadikan latar. Bisa juga menyewa jip jika ingin bergaya maksimal!

Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

11. Telaga buatan Embung Nglanggeran yang indahnya tidak dibuat-buat

Image credit: @yosigravica

Meskipun namanya telaga buatan, tapi Embung Nglanggeran ini instagramable dan bisa jadi tempat bersantai yang nyaman. Letaknya di atas bukit dengan permukaan air yang tenang, membuat suasana terasa damai. Apalagi berlatar bukit Gunung Api Purba Nglanggeran yang apik, benar-benar membuat betah untuk singgah berlama-lama.

sunset di jogja
Image credit: @atika_muth

Kalau saat langit cerah pemandangannya seindah ini, maka kamu bisa membayangkan jika matahari mulai turun. Langit yang merah merona dan bulatnya matahari bisa kamu saksikan tanpa terhalang oleh perbukitan yang ada. Cantik!

Alamat: Nglanggeran Wetan, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: Antara Bandung Dan Jogja, Kamu Pilih Wisata Ke Mana?

Jika berlibur ke Yogyakarta, kisahmu tidak akan ada habisnya karena lokasi wisata yang melimpah di sini. Jangan lewatkan menikmati sunset di Jogja pada kunjunganmu yang selanjutnya, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru